Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Asal Usul dan Sejarah Nasi Goreng di Indonesia

Sejarah Nasi Goreng - Nasi goreng merupakan makanan yang terbuat dari nasi dan tentunya nasi tersebut di goreng. Makanan yang satu ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan nasi goreng juga tidak hanya di Indonesia, tetapi juga terdapat beberapa negara di dunia, tentu dengan nama dan rasa yang bervariasi dan berbeda. Lantas bagaimana sejarah Nasi Goreng? apakah nasi Nasi Goreng merupakan makanan asli Indonesia? atau makanan ini merupakan hasil percampuran kebudayaan pada jaman dahulu?

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas asal usul Nasi Goreng yang ada di Indonesia. Makanan yang satu ini sering kita makan setiap hari, baik untuk sarapan, makan siang atau pun makan malam. Tetapi penulis lebih sering makan masakan yang satu ini pada malam hari. Untuk dapat makan masakan yang satu ini, kita dapat memasak sendiri maupun membelinya di sekitar tempat rumah kita berada. Tentu dengan cita rasa berbeda antara masakan sendiri dan beli dari pedagang. Baik langsung saja kita bahas mengenai Sejarah Nasi Goreng di Indonesia.

Asal Usul dan Sejarah Nasi Goreng di Indonesia
Sejarah Nasi Goreng di Indonesia

Sejarah Nasi Goreng di Indonesia

Berdasarkan beberapa sumber yang diperoleh penulis, Nasi Goreng sudah ada dari tahun 4000 sebelum masehi. Masakan ini merupakan sebuah masakan yang sering dimakan oleh orang-orang Tionghoa dan merupakan masakan tradisionalnya. Kenapa kok bisa sampai ke Indonesia? karena banyak perantau atau pedagang dari China / Tionghoa yang pergi ke Asia Tenggara dan sampai ke Nusantara.

Setelah para perantau tersebut datang di wilayah Nusantara baik tujuannya untuk berdagang atau yang lainnya, mereka membawa kebudayaan masakan nasi goreng ke daerah ini. Kemudian muncul lah nasi gorang baru dengan cita rasa yang berbeda dari aslinya. Hal tersebut terjadi karena perbedaan bumbu-bumbu yang digunakan. Sejarah Nasi Goreng sendiri muncul dari sifat kebudayaan orang-orang China/Tionghoa, yaitu tidak suka dengan masakan dingin dan tidak suka membuang makanan yang tersisa. Selanjutnya nasi dingin yang tersisa di goreng untuk membuatnya hangat dan bisa dimakan lagi.

Indonesia sendiri memiliki banyak variasi rasa nasi goreng, tergantung bumbu dan campurannya. Berikut ini beberapa nasi goreng yang cukup terkenal dan tentunya memiliki rasa yang sangat enak.
  • Nasi Goreng Babat Semarang : nasi goreng ini memiliki warna coklat, bisa dicampur telur, ayam, ati, pete, dll tergantung selera kita.
  • Nasi Goreng Jawa : nasi goreng ini merupakan nasi goreng dengan bumbu sambal ulek.
  • Nasi Goreng Surabaya : nasi goreng ini memiliki warna merah agak coklat, bisa juga dicampur ayam atau pun telur.
  • Nasi Goreng Kambing : dari namanya sudah jelas bahwa nasi goreng ini memiliki campuran daging kambing, hal tersebut membuat baunya yang khas.
Demikian pembahasan mengenai Sejarah Nasi Goreng di Indonesia dan beberapa jenis-jenis nasi goreng yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita akan sejarah, karena sejarah sangat luas, tidak hanya mencakup sebuah peristiwa dan peperangan saja. Sekian terimakasih
Share ke teman kamu:

Related : Asal Usul dan Sejarah Nasi Goreng di Indonesia