Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Sejarah Candi Bahal Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Candi Bahal merupakan candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang berlokasi di Dusun Bahal, Kelurahan Padang Bolak, Kabupaten Tapanuli Selatan. Sumatera Utara. Candi ini merupakan salah satu kompleks percandian yang ada di Sumatera Utara, kompleks ini memiliki beberapa candi, yakni Candi Bahal 1,2 dan 3. Sebenarnya di kompleks ini masih banyak terdapat beberapa candi yang lainnya, hanya saja berupa reruntuhan-reruntuhan tidak seperti candi Bahal yang sudah selesai masa renovasinya.

Berikut ini penjelasan mengenai Candi Bahal meliputi candi bahal 1, bahal 2 dan bahal 3. Penjelasan berkaitan dengan sejarah, lokasi, penemuan, bentuk dan relief yang merupakan salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya. Simak baik-baik berikut ini !

Candi Bahal 1

Candi bahal peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini lokasinya mudah ditemukan karena candi bahal 1 bisa langsung dilihat dari jalanan saat pengendara lewat. Candi ini berbentuk persegi empat dengan alas bujursangkar seluas 7 m2. Di dalam candi ini, terdapat ruang kosong yang memiliki ukuran 3 m2 dan terdapat dinding yang mengelilinginya setinggi 1 meter. Selain itu, bentuk atap Candi Bahal 1 sangat unik, tidak seperti kumpulan candi yang yang ada di Jawa Timur. Bentuk atap candi ini silinder dengan memiliki tinggi 2,5 meter.

Candi Bahal Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
gambar candi bahal

Candi Bahal 2

Keberadaan Candi Bahal 2 peninggalan kerajaan Sriwijaya tidak jauh dari lokasi candi yang pertama tadi, yakni sekitar 300 meter. Halaman candi ini sama luasnya dengan candi bahal 1. Yang membedakan dari kedua candi tersebut hanyalah ukuran bangunan utamanya. Tatakan candi ini berbentuk bujursangkar dengan luas yang lebih kecil yakni 6 m2 dengan tinggi  meter. Di dalam candi bahal 2 juga terdapat sebuah ruang kosong yang berukuran 3 m2 dan dikelilingi dinding yang memiliki tinggi 1 meter. Lebar pintu masuk ruangan tersebut sekitar 120 x 250 cm.   

Candi Bahal 3

Beda halnya dengan kedua candi yang sudah disebutkan diatas, untuk mencapai lokasi Candi Bahal 3 peninggalan Kerajaan Sriwijaya, pengunjung harus melewati sawah yang luas, rumah penduduk dengan jalur jalan setapak. Candi ini memiliki kemiripan dengan Candi Bahal  dan 2. Memiliki ruang kosong di dalam bangunan tersebut. Pada bingkai batu candi tidak terdapat pahatan, tetapi pada dinding tatakan yang yang luasnya 5 m2 terdapat pahatan berupa motif bunga. Tetapi dalam sisi bangunan candi tersebut sama sekali tidak terdapat pahatan.

Ingin mengetahui beberapa candi populer yang berhasil ditemukan di Indonesia? Baca beberapa candi berikut ini.
1. Candi Dieng 
2. Candi Cetho
3. Candi Ratu Boko
4. Candi Borobudur
5. Candi Prambanan
6. Candi Bahal
7. Candi Muara Takus
8. Candi Bojongmenje
9. Candi Gedong Songo
10. Candi Cangkuang
11. Candi Asu
12. Candi Badut

Demikian rangkuman mengenai Candi Bahal Peninggalan Kerajaan Sriwijaya secara singkat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Terimakasih bagi yang sudah membaca, baca juga artikel lainnya (artikel menarik pastinya). Sekian Terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Sejarah Candi Bahal Peninggalan Kerajaan Sriwijaya