Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Masa Kejayaan Kerajaan Aceh dan Buktinya

Masa Kejayaan Kerajaan Aceh - Seperti yang kita ketahui, Kerajaan Aceh merupakan kerajaan Islam besar yang berdiri di Nusantara. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1496 Masehi, lokasinya berada di Aceh (sekarang Provinsi Aceh). Sebagai sebuah kerajaan, Kerajaan Aceh pernah mengalami masa kejayaan dan keruntuhan. Dalam artikel ini, kita sama-sama akan mengulas tentang masa kejayaan Kerajaan Aceh secara lengkap dan singkat.

Kejayaan Kerajaan Aceh terjadi saat kerajaan dipimpin oleh raja yang bernama Sultan Iskandar Muda pada tahun 1607-1636 Masehi. Kejayaan ini ditandai dengan beberapa peningkatan yang meliputi bidang ekonomi, perdagangan, politik, hubungan internasional, militer/armada perang, dan perkembangan agama Islam. Peningkatan dan perkembangan Kerajaan Aceh membuat kekuasaan portugis di Malaka terdesak.

Masa Kejayaan Kerajaan Aceh

Kejayaan Kerajaan Aceh ditandai dengan semakin luas wilayah kekuasaannya, perluasan wilayah tersebut dilakukan untuk meningkatkan ekspor rempah-rempah demi kepentingan kemakmuran rakyat Aceh. Sultan Iskandar Muda berhasil menguasai wilayah seperti Perak, Pahang dan Kedah dalam kurun waktu tahun 1618-1620. Wilayah yang berhasil dikuasai ini adalah daerah pengekspor timah.

Masa Kejayaan Kerajaan Aceh dan Buktinya
Masa Kejayaan Kerajaan Aceh
Kejayaan Kerajaan Aceh di bidang politik ditandai dengan terjadinya hubungan politik dengan kerajaan di luar nusantara, seperti Turki,Prancis, Inggris dan Belanda. Sultan Iskandar Muda pernah mengirim utusan ke luar, tepatnya kerajaan di Turki. Utusan tersebut memberikan sebuah hadiah atau upeti berupa lada berjumlah satu karung. Pemberian hadiah itu kemudian dibalas dengan diberikannya sebuah senjata berupa meriam perang dan tentara, sebagai bantuan apabila terjadi peperangan.

Selanjutnya kejayaan Kerajaan Aceh dalam bidang ekonomi yaitu berlangsungnya hubungan ekonomi khususnya perdagangan dengan Turki, Mesir, Inggris, Arab, Francis, India, Jepang dan Cina. Dari hubungan ini kemudian berkembangnya komoditas impor dan ekspor. Komoditas impor meliputi gula, beras, anggur, besi, timah, guci, katun dan kertas. Sementara Kerajaan Aceh mengekspor getah perca, kayu cendana, resin, obat-obatan dan damar.

Kejayaan pada bidang agama yaitu Kerajaan Aceh berhasil melahirkan beberapa ulama salah satunya Hamzah Fansuri. Kesimpulan dari kejayaan Kerajaan Aceh : Di bawah kekuasaan Sultan Iskandar Muda, kerajaan ini makmur, aman dan tentram. Kesejahteraan masyarakat sangat dirasakan terutama daerah di dekat pelabuhan, hal ini dikarenakan sebagai pusat ekonomi Kerajaan Aceh.

Itulah Masa Kejayaan Kerajaan Aceh, semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu bagi yang membacanya. Terimakasih

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Aceh Secara Lengkap
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Masa Kejayaan Kerajaan Aceh dan Buktinya