Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Latar Belakang Sistem Tanam Paksa di Indonesia

Latar Belakang Sistem Tanam Paksa di Indonesia - Pada pembahasan kali ini kita akan kupas tuntas tentang sebab atau latar belakang yang menimbulkan munculnya sistem tanam paksa di Nusantara atau Indonesia saat itu. Beberapa pertanyaan mengenai apa latar belakang sistem tanam paksa di Indonesia sering kita dengar di sekolahan, seperti : Apa alasan Belanda melakukan sistem tanam paksa di Indonesia? Mengapa pemerintah Hindia Belanda menerapkan sistem tanam paksa? 

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk menjawab segala pertanyaan mengenai latar belakang sistem tanam paksa di Indonesia. Sebab munculnya sistem tanam paksa ada 2 kategori, yaitu sebab dari luar dan sebab dari dalam. Latar belakang sistem tanam paksa dari luar artinya segala peristiwa yang terjadi diluar Indonesia atau Nusantara yang mempengaruhi munculnya sistem tanam paksa.
Latar Belakang Sistem Tanam Paksa di Indonesia
Latar Belakang Sistem Tanam Paksa
Latar belakang sistem tanam paksa dari dalam artinya segala sesuatu dari dalam yang mempengaruhi munculnya sistem tanam paksa di Indonesia. Oke langsung saja kita simak mengenai latar belakang sistem tanam paksa di Indonesia.

Baca Juga : 7 Tokoh Penentang Sistem Tanam Paksa

Latar Belakang Sistem Tanam Paksa

Latar belakang sistem tanam paksa dari dalam :

  1. Pemasukan khas negara dalam bentuk uang di Hindia Belanda kurang apabila hanya mengandalkan tanaman kopi.
  2. Akibat Perang Padri dan Perang Diponegoro yang menyebabkan pemerintah Belanda rugi puluhan juta gulden. Perang Padri terjadi di Sumatera Barat, salah satu tokoh terkenal bernama Imam Bojol. Sementara itu, Perang Diponegoro merupakan perang yang terjadi di Jawa, tokoh pelopornya yaitu Pangeran Diponegoro. Kedua perang ini benar-benar menyusahkan Belanda karena sulit untuk ditaklukkan dan sangat merugikan bagi pemerintah Belanda.
  3. Gagalnya Belanda dalam menerapkan pemikiran liberal di daerah jajahannya.
Baca Juga :

Dari tiga sebab tersebut dapat kita analisis bahwa permasalahan pertama yang menjadi latar belakang sistem tanam paksa di Indonesia adalah kekosongan kas Hindia Belanda karena mengandalkan 1 komoditas yaitu kopi, padahal komoditas lain masih banyak seperti lada, cengkeh dan lainnya.

Kekosongan kas Hindia Belanda juga disebabkan oleh faktor lain yang menjadi latar belakang sistem tanam paksa yakni Perang Diponegoro dan Perang Padri. Bagi yang belum membaca lebih detail tentang perjuangan-perjuangan kedua perang tersebut, bisa baca juga, linknya ada diatas.

Kesalahan Belanda sebagai negara penjajah adalah gagal dalam menerapkan pemikiran liberal pada masyarakat Indonesia saat itu. Kegagalan ini kemudian memunculkan inisiatif untuk melakukan kebijakan yang sangat merugikan petani, yakni sistem tanam paksa.

Latar belakang sistem tanam paksa dari luar :

  1. Akibat peperangan yang terjadi di Eropa pada masa kejayaan Napoleon, dari perang tersebut Belanda menelan banyak sekali kekalahan dan kerugian.
  2. Adanya peperangan di internal Belanda, yakni Belgia berusaha keluar dari Belanda dan memerdekakan diri. Usaha itu ternyata berhasil, akhirnya Belgia pisah dengan Belanda. Hal ini tentu sangat merugikan bagi Belanda.
  3. Khas negara Belanda kosong, selain itu banyak sekali hutang yang harus segera dilunasi.
Dapat kita analisis bahwa terjadinya tanam paksa ternyata di latar belakangi oleh beberapa sebab-sebab yang datangnya dari luar, tetapi ada kaitannya dengan pemerintah Belanda. Pertama, akibat kekalahan Belanda saat Napoleon dari Perancis sedang dalam masa kejayaan. Kekalahan perang tentu sangat merugikan Belanda.

Kemudian adanya usaha Belgia yang saat itu notabene merupakan bagian dari Negara Belanda ingin keluar dan memerdekakan diri lepas dari Belanda. Lepasnya Belgia dari Belanda tentu menambah kerugian lagi sehingga menimbulkan kekosongan khas dari Belanda. Kosongnya khas Belanda (bukan Hindia Belanda) ternyata membuat pemerintah Belanda membuat kebijakan yang sangat kontroversi yakni sistem tanam paksa.
Itulah beberapa Latar Belakang Sistem Tanam Paksa di Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa like dan share agar teman-teman kita dapat membacanya juga. Baca juga artikel terkait tanam paksa berikut ini.

Baca juga artikel tentang Sistem Tanam Paksa Lainnya :
Share ke teman kamu:

Related : Latar Belakang Sistem Tanam Paksa di Indonesia