Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

6 Manfaat Sejarah dalam Kehidupan Masyarakat

Apa saja manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat? Setiap individu, masyarakat dan bangsa di bumi ini memiliki sejarahnya sendiri-sendiri. Dalam prosesnya, sejarah memberikan pelajaran, pengalaman, dan pemantapan kepribadian bagi seseorang individu serta bagi suatu masyarakat dan bangsa.

Sejarah tentu memiliki manfaat bagi kehidupan masyarakat, baik untuk kepentingan individu maupun kepentingan negara, contohnya memperkokoh rasa kebangsaan atau sering disebut nasionalisme. Berikut ini 6 manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat yang harus kita pahami dan renungi.

Manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat

Manfaat Sejarah dalam Kehidupan Masyarakat

1. Memberikan Kesadaran Waktu

Manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat yang pertama adalah memberikan kesadaran waktu. Artinya, kehidupan yang terjadi dengan segala perubahan, perkembangan dan pertumbuhan terus berjalan melewati waktu. Kesadaran waktu juga sering disebut dengan kesadaran akan adanya gerak sejarah.

2. Memberikan Pelajaran yang Baik

Manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat yang kedua adalah memberikan pelajaran yang baik. Artinya, dengan mempelajari sejarah seseorang atau bangsa akan bercermin dan kemudian menilai baik buruknya peristiwa yang merupakan prestasi atau kegagalan dalam kehidupannya. Peristiwa sejarah di masa lalu diambil hikmahnya agar segala keburukan dan kegagalan tidak terulang kembali.

3. Memperkokoh Rasa Kebangsaan (Nasionalisme)

Manfaat ke tiga sejarah dalam kehidupan masyarakat yaitu untuk memperkokoh rasa nasionalisme. Terbentuknya bangsa disebabkan karena adanya kesamaan sejarah di masa lalu. Sehingga memunculkan rasa keinginan untuk membuat sejarah besar bersama-sama dimasa yang akan datang. Sejarah Indonesia atau perjalanan Indonesia sampai mencapai kemerdekaannya tentu menjadi ingatan kolektif yang dapat menimbulkan rasa solidaritas dan mempertebal semangat kebangsaan.

4. Memberikan Ketegasan Identitas Nasional dan Kepribadian Suatu Bangsa

Memberikan ketegasan identitas nasional dan kepribadian suatu bangsa merupakan salah satu  manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat. Dengan mempelajari sejarah, kita akan lebih memperjelas identitas nasional dan kepribadian bangsa, hal ini senada dengan pendapat dari David Gordan. Ia berpendapat bahwa sejarah merupakan pengalaman kolektif suatu bangsa di masa lampau. Segala hal yang dilakukan tokoh-tokoh yang sering disebut dengan pahlawan dapat dijadikan sumber identitas dengan memberikan makna untuk menentukan nasib perjalanan bangsanya.

5. Sebagai Sumber Inspirasi

Manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat selanjutnya adalah dijadikan sebagai sumber inspirasi. Pengetahuan dan cita-cita masa lalu / lampau dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam rangka untuk menumbuhkan cita-cita yang disusun pada masa depan. 

6. Sebagai Sarana Rekreatif

Manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat yang ke enam yaitu sebagai sarana rekreatif. Artinya, sejarah dapat kita manfaatkan untuk kegiatan yang mengasyikan, baik membaca bacaan yang menarik atau pun mengunjungi beberapa tempat-tempat bersejarah. 

Demikianlah 6 Manfaat Sejarah dalam Kehidupan Masyarakat yang harus kita pahami bersama. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca semua, kurang lebihnya penulis mohon maaf. Jangan lupa baca artikel sejarah lainnya, sekian terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : 6 Manfaat Sejarah dalam Kehidupan Masyarakat