Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

15 Tempat Wisata Terkenal di Belgia yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Belgia - Belgia terletak di sebelah barat benua Eropa, salah satu pelopor berdirinya Uni Eropa. Dengan luas -/+ 30.500 kilo meter persegi dan jumlah penduduk mencapai 10,5 juta jiwa, ternyata mempunyai tempat wisata menarik yang menyedot animo cukup banyak wisatawan mancanegara (turis asing). Beberapa obyek liburan di Belgia bahkan terkenal sampai ke penjuru dunia, salah satunya Manneken Pis (patung anak kecil sedang pipis).

Kalau Anda mencari kota paling terkenal di Belgia favorit wisatawan tentu saja Brussel. Terdapat spot liburan menyenangkan di kota ini, mulai dari wisata keluarga, sejarah (bangunan tua), taman indah (ramai), tempat unik tiada duanya dan tempat belanja murah tentunya. Jika Anda mempunyai planning berlibur ke Eropa, maka Belgia bisa menjadi tujuan alternatif Anda selain di Francis dan InggrisBerikut 8 rekomendasi tempat wisata di Belgia yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Terkenal di Belgia

1. Grand Place, Brussel, Belgia

Grand Place, Brussel, Belgia
Grand Place, Brussel, Belgia
Tempat wisata di Belgia pertama yang wajib anda kunjungi adalah Grand Place atau Grote Markt dalam bahasa Belanda, lokasinya  strategis di pusat kota Brussel sehingga mudah di jangkau oleh wisatawan. Grand Place adalah sebuah alun-alun paling terkenal di Eropa, berukuran 68 x 100 meter, dikelilingi oleh beberapa gedung seperti Balai Kota Town Hall, Rumah atau Wisama Raja (King House), dan Guildhalls (gedung perniagaan)

Menurut sejarahnya, Grand Place sudah ada sejak abad ke 13. Saat itu, kondisi alun-alun masih sangat berantakan. Ada pasar kain di sebelah selatan Grand Place, terdapat kebun yang tidak beraturan di sekelilingnya. Pada perkembangan selanjutnya area di sekitar alun-alun mulai dibersihkan. Kemudian dibangun Balai Kota Brussles secara bertahap dari tahun 1401 sampai 1455, lokasinya berada di sebelah selatan Grand Place. Gedung besar lain dibangun di seberang Balai Kota, sebagai simbol kekuatan. Sejarah panjang Grand Place membuat bangunan ini ditetapkan sebagai  situs warisan dunia oleh UNESCO dari tahun 1998, sekaligus tempat wisata di Belgia paling seru untuk dikunjungi.

Grand Place merupakan tujuan utama turis asing saat berlibur ke Belgia, Apa yang menarik dari spot liburan ini? Tempat wisata di Belgia ini rutin menyajikan acara meriah seperti pertunjukan ringan dan konser, baik saat Natal maupun di Musim Panas. Daya tarik paling menarik dari Grand Place adalah setiap 2 tahun sekali di bulan Agustus pengunjung dapat melihat keindahan karpet bunga besar yang di pasang di alun-alun. Flower Carpet (dalam bahasa Inggris) yang digelar di area alun-alun ini memiliki luas 1.800 km persegi. Menurut sejarahnya, karpet bunga pertama kali dibuat pada tahun 1971.

Daya tarik Flower Carpet ternyata membuat wisatawan asing berdatangan ke Belgia, sehingga tradisi ini terus berlanjut sampai sekarang, bahkan terkenal dan populer. Jika anda tertarik maka datanglah pada tanggal 15 Agustus, saat karpet dipasang di area alun-alun. Saking terkenalnya, beberapa film pernah melakukan pengambilan gambar di Grand Place. Diantaranya BBC Scret Army, yang ditayangkan pada tahun 1978 dan 1979.

Jalanan di kota tua Brussles menuju Grand Place tidak terbuat dari aspal, melainkan dari bahan batu granit berbentuk persegi, berukuran 5 sampai 10 cm. Batu tersebut terlihat rapi dan kuat, tentu butuh penataan serta pemasangan khusus. Alun-alun bersejarah Grand Place menjadi simbol kejayaan Belgia pada masa lalu, ditengah perkembangan pesat kota Brussel, bangunan kuno ini tetap dipertahankan oleh pemerintah setempat.

2. Atomium, Brussel, Belgia

Atomium, Brussel, Belgia
Atomium, Brussel, Belgia
Tempat wisata di Belgia terkenal kedua yang banyak dikunjungi turis-turis asing adalah Atomium. Bangunan unik berbentuk menyerupai atom, dibangun pada tahun 1958, awalnya hanya untuk pameran Dunia tetapi tetap dipertahankan sebagai obyek wisata yang menawarkan berbagai kesenangan dan keunikan tersendiri. Atomium merupakan tempat wisata sekaligus salah satu Lendmark Belgia, terletak di dataran tinggi Heysel, arsitek gedung dirancang oleh Jean Polak dan Andre. Bangunan setinggi 102 Meter ini memiliki tabung bulat seperti bola berdiameter 3 M, berjumlah kurang lebuh 8. 

Daya tarik Atomium sebagai tempat wisata di Belgia populer adalah pengunjung dapat naik ke atas gedung melalui lift, eskalator dan tangga. Saat ini, fungsi bangunan digunakan sebagai museum, terdapat ruang pameran dan juga restoran di dalamnya. Atraksi menarik lain yang bisa anda lakukan adalah menikmati wisata kuliner di restoran diatas bangunan unik bersejarah Atomium, sekaligus melihat panorama indah gemerlap cahaya pemandangan kota Brussel dari atas ketinggian. Obyek wisata ini sangat cocok sebagai tempat berlibur saat membawa pasangan.

3. Manneken Pis, Brussel, Belgia

Manneken Pis, Brussel, Belgia
Manneken Pis, Brussel, Belgia
Tempat wisata di Belgia ketiga yang tidak boleh anda lewatkan adalah Manneken Pis, patung bayi tanpa busana sedang buang air kecil (pipis). Manneken Pis bisa dibilang Landmark kota Brussel, bahkan negara Belgia. Liburan ke Belgia tanpa berfoto selfie dengan patung ini rasanya sangat rugi. Beberapa orang beranggapan bahwa Manneken Pis sangat menyeramkan, ada juga yang berpendapat sangat lucu, tergantung perspektif masing-masing.

Menurut sejarahnya, Manneken Pis patung anak kecil berjenis kelamin laki-laki setinggi 61 cm ini dibuat sebelum tahun 1618, dipasang sekitar tahun 1619. Patung yang dipajang sekarang ini merupakan salinan, jadi bukan yang asli. Manneken Pis dirancang oleh arsitek bernama Hieronyamus Duquesnoy. Lokasi Manneken Pis tidak jauh dari tempat orang-orang berjalanan, tepatnya di persimpangan Eikstraat dan Stoofstraat. bisa dikatakan di pinggir jalan. Aksesnya cukup mudah, bila datang dari Grand Place, maka membutuhkan waktu sekitar 5 menit dengan berjalan kaki.

4. Mini Europe, Brussel, Belgia

Mini Eurpe, Brussel, Belgia
Mini Europe, Brussel, Belgia
Mini Europe merupakan salah satu tempat wisata di Belgia yang banyak dikunjungi wisatawan khususnya turis asing yang berasal dari Uni Eropa. Terdapat monumen-monumen bangunan terkenal di Eropa, seperti Menara Pisa, Menara Eiffel, jam Big Ban, dan lain-lain. Ada juga teman indah sebagai tempat bermain untuk wisatawan. Mini Europe dibangun pada tahun 1989, memiliki luas lebih dari 24 ribu meter persegi, biaya pembangunan mencapai 10 juta Euro. Di dalam Mini Eropa terdapat lebih dari 350 bangunan monumen yang berasal di 80 kota. Tempat wisata populer di Belgia ini menerima lebih dari 350 ribu pengunjung tiap tahun, omset yang di dapat sekitar 4 juta Euro.

Lokasi dan Biaya Tiket Masuk

Lokasi Mini Europe berada di Bruprack, dekat dengan bangunan unik Atomium, Brussles, Belgia. Biaya tiket masuk sekitar 15 Euro (2016). 

5. Royal Palace of Brussels

Royal Palace of Brussels
Royal Palace of Brussels
Royal Palace of Brussels merupakan Istana resmi Kerajaan Brussels, terletak di pusat kota, tepatnya di depan Brussels Prak. Istana dengan luas lantai lebih dari 33 ribu meter persegi ini ternyata melebihi luas Istana Buckhingham. Fungsi Royal Palace of Brussels adalah sebagai tempat Raja menjalankan hak progretifnya sebagai kepala Negara. Namun Istana ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena memiliki daya tarik tinggi sehingga menjadi tempat wisata di Belgia yang cukup populer di kalangan masyarakat eropa.

Royal Palace of Brussels dibangun pada abad ke 18, di dalam istana pengunjung dapat melihat koleksi-koleksi bersejarah berupa perabotan dari zaman Napoleon, sampai Leopard II. Ada juga koleksi menarik berupa kristal halus, perak dan porselen di ruang bawah tanah Istana. Terdapat ruangan lain seperti Grand Whithe Drawing Room di dalamnya. Seperti taman lain, di area Royal Palace of Brussels terdapat taman hijau dan sejuk yang bisa menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya.
Destinasi wisata lain yang bisa anda baca :
  1. Tempat Wisata Terindah di Australia
  2. Tempat Wisata Megah di Dubai
  3. 7 Pantai Indah di Penang Malaysia
  4. 7 Tempat Wisata Seru di Hongkong

6. Cinquantenaire, Belgia

Cinquantenaire, Belgia

Jubelpark atau bisa disebut juga Parc Du Cinquantenaire adalah tempat wisata di Belgia yang menyediakan taman seluas 37 hektar, lokasi taman ini strategis yaitu di pusat kota Brussel. Paling menarik disini terdapat bangunan bernama Arc De Triomphe di dekat taman yang mirip gerbang, biasanya digunakan untuk kegiatan pameran. Menurut sejarahnya, taman hijau indah ini dibangun pada tahun 1880 atau bertepatan dengan hari kemerdekaan Belgia yang ke 50. Biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional.

7. Pairi Daiza, Belgia

Pairi Daiza, Belgia

Pairi Daiza adalah tempat wisata di Belgia yang menawarkan taman botanical dan juga kebun Binatang. Lokasi taman ini berada di Brugelette. Apa yang menarik dari Pairi Daiza? Anda bisa melihat taman miniatur Indonesia bernama The Kingdom of Ganesha. Jika anda datang ke Belgia, maka wajib mengunjungi obyek wisata ini.

8. Museum Aan De Stroom, Belgia

Museum Aan De Stroom, Belgia

Tempat wisata di Belgia yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Museum Ann De Stroom, lokasinya berada di pelabuhan tua Het Eilandje. Apa yang menarik dari museum ini dan apa saja koleksi di dalamnya? Yang menarik dari museum ini adalah bentuk bangunannya sangat unik. Berdasarkan informasi, Museum Ann De Stroom mulai dibangun pada tahun 2006, kemudian 4 tahun selanjutnya pada 2010 pembangunannya selesai. Bangunan museum memiliki tinggi 62 meter, koleksi didalamnya cukup bervariasi, mulai dari uang emas tahun 1552, lukisan, mobil klasik tahun 1930 dan lain-lain.

Masih kurang? Berikut tempat wisata seru lain di Belgia, selain yang disebutkan diatas..

9. Gravensteen

Gravensteen
Sumber : Dreamstime
Tempat wisata di Belgia ke 9 adalah Kastil bersejarah berasal dari abad pertengahan, tepatnya di bangun pada tahun 1180, terletak di Gent, Belgium. Dulunya, tempat ini digunakan sebagai kediaman Count Flandria, setelah itu beralih fungsi menjadi tempat pengadilan dan penjara. Bentuknya unik dan klasik membuat bangunan ini cukup populer dikunjungi wisatawan saat datang ke Belgia.

10. St Bavo's Cathedral

St Bavo's Cathedral
Sumber : Travelblog

Katedral Saint Bavo atau dalam bahasa Belanda Sint Baafskathedraal adalah gereja setinggi 89 meter terletak di Gent, Belgia. Dibangun sekitar tahun 942 masehi. Di dalam gereja bersejarah ini anda bisa melihat interior rumit zaman Romawi yang terbuat dari marmer. Selain itu, terdapat karya-karya seniman terkenal seperti lukisan St Macarius of Gent.

11. Royal Museum of Fine Arts of Belgium

Royal Museum of Fine Arts of Belgium
Sumber : Modellist-id
Royal Museum of Fine Arts of Belgium adalah museum seni rupa Kerajaan Belgia yang lokasinya berada di Berussels, tepatnya di pusat kota Coudenberg. Jika anda suka melihat-lihat karya seni indah dan mengagumkan, maka datanglah ke tempat wisata di Belgia berupa museum menarik ini. Anda bisa melihat lebih dari 20 ribu karya berupa lukisan, gambar dan patung dari abad ke 15 sampai sekarang. Salah satu yang populer adalah lukisan Flemish karya Rogier van der Weyden.

12. Menin Gate

Menin Gate
Sumber : Barnesfamilyhistory
Menin Gate merupakan tugu peringatan perang yang mirip sebuah gerbang masuk, terletak di Ypres, Belgia. Dibangun untuk menghormati tentara Inggris yang terbunuh dalam perang dunia I di Ypres, secara resmi dibuka pada tahun 1927. Perlu anda ketahui, Ypres dulunya memiliki posisi strategis pada masa perang dunia pertama. Oleh karena itu, terdapat banyak peninggalan sejarah yang menjadi  daya tarik tersendiri tempat wisata di Belgia.

13. Magritte Museum

Magritte Museum
Sumber : Itinariimgix
The Magritte Museum adalah museum yang dibangun untuk karya seniman  terkenal bernama Rene Magritte, lokasinya tidak jauh dari Royal Museum of Fine Arts of Belgium. Dibuka secara resmi pada tanggal 30 Mei 2009, menampilkan lebih dari 200 karya asli Magritte berupa gambar dan patung.  Karya yang terkenal seperti The Empire od Light dan The Return.

14. Musical Instrument Museum

Musical Instrument Museum
Sumber : Azbigmedia
Satu lagi tempat wisata di Belgia berupa museum yang tidak kalah menarik, yakni Museum Musical Instrumen. Di dalamnya terdapat lebih dari 3177 alat musik asli, dibangun dengan tujuan memperkenalkan instrumen musik kepada siswa. Beberapa instrumen antik dipajang dalam museum, koleksinya mewakili sejarah musik di Belgia dalam pembuatan alat perekam pada abad ke 18. Jika anda berkunjung ke museum musik ini, akan diberikan headphone inframerah untuk mendengarkan beberapa musik. Menarik sekali kan?

15. Groeninge Museum

Groeninge Museum
Sumber : Travel Aassets
Rekomendasi terakhir yaitu Groeninge Museum yang menawarkan sejarah seni visual, seni modern dan maha karya dari Flemish Expressionism pasca perang. Tempat wisata di Belgia ini terletak di distrik Groeninge, tepatnya di bekas situs Eekhout Abbey, dibangun pada tahun 1930 oleh arsitek bernama Joseph Vierin. Dua dari sekian banyak karya yang paling terkenal dibuat oleh tokoh seperti Duviver dan Suvee.
Baca Juga :
  1. Tempat Wisata Populer di London, Inggris
  2. Tempat Wisata Menarik di Munich, Jerman
Share ke teman kamu:

Related : 15 Tempat Wisata Terkenal di Belgia yang Wajib Dikunjungi