Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Latar Belakang Terbentuknya PKI (Partai Komunis Indonesia) Secara Singkat

Latar Belakang Terbentuknya PKI - Berdirinya Partai Komunis Indonesia atau sering kita sebut "PKI" tentu memiliki sebab atau sesuatu hal yang membuat partai ini terbentuk. PKI merupakan sebuah partai politik yang terbentuk dan berkembang pada masa pergerakan nasional di Indonesia. Kapan partai komunis Indonesia didirikan? apa latar belakang terbentuknya partai komunis Indonesia? Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan fokus masalah dari artikel ini.

Berbicara mengenai berdirinya PKI (Partai Komunis Indonesia) pasti akan dihubungkan dengan kekejaman yang dilakukan oleh partai ini, yakni terkait dengan peristiwa PKI Madiun dan G30S/PKI. Alangkah baiknya saat kita berbicara mengenai sejarah yang sifatnya kontroversi, salah satunya "PKI", kita harus berbicara pada sudut pandang yang "netral". Berikut ini penjelasan terkait dengan latar belakang terbentuknya PKI (Partai Komunis Indonesia).

Latar Belakang Terbentuknya PKI
Latar Belakang Terbentuknya PKI

Latar Belakang Terbentuknya PKI

Secara singkat, latar belakang terbentuknya PKI yaitu untuk melawan ideologi kapitalisme yang berkembang pesat di Indonesia. Para tokoh PKI berpendapat bahwa untuk melawan kapitalis yaitu dengan ideologi komunis. PKI didirikan pada tahun 1924 dengan tujuan untuk menghimpun dan menyatukan tokoh-tokoh nasionalis, serta memperjuangkan nasib kaum buruh dan rakyat jelata.

Siapa yang membawa paham komunis ke Indonesia? Pembawa ideologi atau paham komunis ke Indonesia yaitu orang-orang Belanda penganut "Marxis" yang berada di Indonesia. Para orang-orang Belanda tersebut kemudian mendirikan "ISDV" atau singkatan dari Indische Sosial Democratische Vereenigining / perhimpunan sosial. Organisasi inilah yang kemudian berubah nama menjadi PKI.

Tokoh pendiri ISDV yaitu Bradsteder H.J.V.M. Sneevliet dan Semaun (orang Indonesia). Setelah ISDV terbentuk, langkah selanjutnya yaitu menghimpun atau mengumpulkan anggota. Caranya bagaimana? Organisasi ini berusaha menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh dan juga partai besar yang telah diterbentuk, salah satunya SI (Sarekat Islam). Langkah yang dilakukan tersebut membuat para tokoh dari SI khawatir.

Baca Juga :

Perkembangan komunis di Indonesia semakin cepat, hal tersebut disebabkan karena ekonomi Indonesia semakin buruk. Dalam perkembanganya, ISDV tumbuh menjadi organisasi yang keras dan radikal sehingga pendirinya diusir oleh pemerintah Belanda. ISDV kemudian dipimpin oleh orang Indonesia dan pada tahun 1924 namanya diganti dengan Partai Komunis Indonesia. Itulah latar belakang berdirinya PKI (Partai Komunis Indonesia).

Partai Komunis Indonesia pernah berusaha melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Hindia Belanda yakni pada tahun 1926, tetapi berhasil digagalkan. Peristiwa bersejarah lainnya yaitu PKI diduga menjadi dalang dari pemberontakan PKI Madiun dan dituduh membunuh 6 Jenderal TNI AD pada tanggal 30 September 1965. Namun kebenaran mengenai peristiwa tersebut masih menjadi tanda tanya karena sifatnya peristiwa "Kontroversi".

Demikian "Latar Belakang Terbentuknya PKI "Partai Komunis Indonesia". Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian, terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : Latar Belakang Terbentuknya PKI (Partai Komunis Indonesia) Secara Singkat