Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Biaya Hidup di Vietnam Lebih Murah Dibandingkan Indonesia

Biaya Hidup di VietnamQuốc gia Việt Nam atau lebih kita kenal dengan Vietnam merupakan salah satu negara berkembang di Asia Tenggara sama halnya seperti Indonesia. Negara ini berhasil memperoleh kemerdekaan pada tanggal 2 September 1945 setelah dari abad ke 19 dijajah oleh Perancis. Salah satu tokoh pejuang kemerdekaan di Vietnam yang sangat terkenal bernama Ho Chi Min. Nama tersebut mungkin tidak terdengar asing bagi anda, karena merupakan nama salah satu kota di Vietnam yakni kota Ho Chi Min City yang letaknya berada di dekat Sungai Mekong.
Berapa biaya hidup di Vietnam, apakah lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia? Pertanyaan tersebut akan kita bahas pada artikel  kali ini. Simak selengkapnya.

Biaya Hidup di Vietnam
Tempat wisata favorit di vietnam : Ha Long Bay
Apa yang menarik dari Vietnam? Bagi para calon sarjana muda, memperoleh ilmu dengan kuliah ke luar negeri merupakan mimpi yang mungkin sulit dicapai apabila tidak ada usaha yang dilakukan. Salah satu rekomendasi perguruan tinggi terbaik di Vietnam adalah Universitas Nasional Honoi. Untuk kuliah di Universitas tersebut tentu kita harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya biaya hidup di Vietnam.

Selain kuliah, biaya hidup di Vietnam juga harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum berlibur di negara ini. Perlu anda ketahui, banyak orang Indonesia yang berlibur di Vietnam sebagai alternatif liburan selain di Singapura dan Malaysia. Ada beberapa tempat wisata menarik di Vietnam yang banyak dikunjungi oleh turis Indonesia, salah satunya adalah Ha Long Bay. Tempat wisata ini menawarkan keindahan pulau-pulau berbatu kapur yang menjulang tinggi berjejeran di atas laut.

Biaya Hidup di Vietnam

Apakah biaya hidup di Vietnam lebih mahal dengan di Indonesia? Jawabannya tidak, standar biaya hidup di Vietnam ternyata sama dengan di Indonesia, bahkan kalau dibandingkan dengan yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya malah lebih murah di Vietnam. Kok bisa?

Untuk mengetahui biaya hidup di Vietnam, kalian harus mengetahui dulu perbandingan antara mata uang Indonesia (Rupiah) dengan mata uang Vietnam (Dong). Berdasarkan kurs rupiah terhadap mata uang dong Vietnam per tanggal 6 Februari 2018 yaitu dapat disimpulkan pada gambar dibawah ini.


Dari gambar tersebut dapat kita analisis bahwa nilai mata uang rupiah ternyata lebih tinggi dari mata uang Vietnam, selisihnya sekitar 671. Sebagai contoh, kalau kita mempunyai uang sebanyak Rp.100.000 maka nilai dalam mata uang Vietnam sebanyak D.167.000. Lebih banyak bukan? jadi lebih bernilai.

Baca Juga : Jumlah Penduduk Vietnam

Berikut ini rincian biaya hidup di Vietnam yang harus kalian ketahui sebelum pergi ke negara tersebut.

Biaya Makan

Standar biaya makan di restoran yaitu antara 25.000 sampai 70.000 dong, bila dikonversikan dalam rupiah berarti sekitar 14.950 sampai 41.872 rupiah. Murah bukan? bahkan lebih murah dibandingkan di beberapa kota di Indonesia. Harga tersebut tentunya sangat cocok bagi kalian yang akan kuliah atau pun liburan di Vietnam.

Biaya Penginapan

Biaya penginapan di Vietnam pun bisa dikatakan sangat lebih mudah di bandingkan dengan di Indonesia. Kalian biasa menemukan penginapan sederhana berupa asrama dengan biaya per malamnya 70.000-100.000 rupiah. Lokasinya terpencil? tentu saja tidak, kalian bisa menemukan penginapan dengan harga tersebut di pusat kota.

Biaya Transportasi

Apakah biaya transportasi di Vietnam lebih mahal dibandingkan di Indonesia? Saat akan keliling kota di Vietnam, anda bisa menggunakan alat transportasi berupa bus dan taksi. Biaya bus untuk sekali jalan sekitar 3000 ribu hingga 5000 rupiah sekali jalan. Sementara itu, untuk taksi lebih baik anda gunakan saat baru dari Bandara dan akan menuju ke pusat kota. Biaya taksi dari Bandara menuju pusat kota sekitar 170.000 dong atau sekitar 100 ribu rupiah.

Selain bus dan taksi, anda bisa mengunakan transportasi online saat di Vietnam berupa taksi dan ojek online. Tentu lebih murah, mudah dan cepat. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa biaya hidup di Vietnam ternyata lebih murah dibandingkan biaya hidup di Indonesia.
Baca Juga :
Demikian informasi mengenai biaya hidup di Vietnam, semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi yang akan kuliah, menetap, atau mau liburan di Vietnam. Terimakasih
Share ke teman kamu:

Related : Biaya Hidup di Vietnam Lebih Murah Dibandingkan Indonesia