Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Palm Jumeirah : Pulau Buatan di Dubai Terbesar di Dunia

Mau berlibur ke pulau buatan bernama Palm Jumeirah? Dubai merupakan kota di Uni Emirat Arab (UEA) yang tidak pernah berhenti untuk membangun sebuah fasilitas mewah dan megah untuk tujuan wisata. Setelah berhasil membangun gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa, gedung mewah yang berada di pinggir pantai Burj Al Arab, kini kota Dubai tengah menanti selesainya pembangunan Palm Jumeirah.

Megahnya pulau buatan Palm Jumeirah
Palm Jumeirah adalah salah satu dari tiga pulau buatan yang sedang dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab. Pulau Palm Jumeirah dibangun dengan reklamasi tanah oleh salah satu perusahaan milik pemerintah Dubai bernama Nakheel. Pembuatan pulau ini dapat menambah luas pesisir pantai di Dubai hingga 520 km. Sangat luas bukan? Tetapi perlu anda ketahui, ukuran Palm Jumeirah merupakan yang terkecil dibandingkan dua pulau lainnya.

Pulau Buatan di Dubai lainnya adalah Palm Jebel Ali dan Palm Deira. Kedua pulau tersebut ukurannya lebih fantastis lagi, bisa dikatakan sebagai pulau buatan terbesar di Dunia. Palm Jebel luasnya 2 kali lipat Palm Jumeirah, sementara Palm Deira 3 kali lipatnya. Menakjubkan bukan? Tetapi sama seperti di Indonesia, pembangunan pulau buatan di Dubai mengalami sedikit masalah dan hambatan, salah satunya krisis ekonomi tahun 2008.

Proyek Palm Island
Proyek Palm Island, Foto : http://wisatakedubai.com

Deskripsi Palm Jumeirah

The Plam Jumeirah adalah pulau buatan yang berbentuk seperti pohon palem dengan cakupan sebuah batang, terdapat sebuah mahkota dengan garis daun sebanyak 17, kemudian ada sebuah pulau berbentuk bulan sabit sepanjang 11 km yang mengelilinginya. Fungsi pulau berbentuk bulan sabit ini adalah untuk melindungi pulau lainnya dari ancaman gelombang ombak.

Berapa luas Palm Jumeirah? Pulau buatan ini sangat luas, bahkan ada yang mengatakan luasnya sama dengan 800 lapangan sepak bola. Untuk memudahkan akses para pengunjung yang datang dari luar pulau, maka dibangun sebuah jembatan penghubung antara pulau Mahkota dengan kota Dubai. Jembatan ini memiliki panjang 300 meter.

Palm Jumeirah, Foto : http://micasauae.com
Apa yang menarik di Palm Jumeirah? Tentu saja bermacam-macam fasilitas yang megah dan mengagumkan. Di pulau buatan ini terdapat banyak hotel, apartemen, restoran, berbagai jenis villa, kafe, pantai dan ada juga gedung perkantoran. Bisa dibilang lengkap lah, surganya tempat wisata bagi orang-orang kelas atas.

Jadi, mulai lah menabung dari sekarang untuk berlibur ke Palm Jumeirah. Karena untuk mengunjungi pulau ini butuh biaya tidak sedikit alis sangat banyak. Biaya sewa hotel mewah, harga barang yang mahal ada disini sangat cocok bagi anda yang berpenghasilan tinggi.

Sesuatu yang menarik lainnya dari Palm Jumeirah adalah lingkungan laut yang sengaja dibuat dengan sedemikian rupa, contohnya penenggelaman 2 pesawat jet tempur Sabre F100 di dekat Palm Jumeirah untuk mendukung kehidupan bawah laut, sehingga dapat menarik perhatian wisatawan lebih banyak lagi.

Sejarah , Konstruksi dan Kontroversi Pembangunan Palm Jumeirah

Tahap pembuatan Palm Jumeirah, Foto : http://farm8.staticflickr.com
Pulau buatan terbesar di Dunia yang menjadi daya tarik wisatawan ini mulai dibangun pada tahun 2001, kemudian rumah pertama yang diserahkan di pulau ini tepatnya pada tahun 2006. Berapa jumlah pasir yang dibutuhkan untuk membuat Palm Jumeirah? Setidaknya pulau ini dibuat dengan menggunakan lebih dari 94 juta M3 pasir dan tujuh juta ton batu.

Kontroversi pembangunan Palm Jumeirah sangat banyak. Mulai dari penundaan proses pembangunan yang berlarut-larut, penambahan jumlah perumahan yang dibebankan kepada pihak perusahaan yang membangun, kualitas konstruki, hutang dan yang paling menarik untuk diperdebatkan adalah adanya kecemasan dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat pembuatan Palm Jumeirah.

Artikel lain :
Share ke teman kamu:

Related : Palm Jumeirah : Pulau Buatan di Dubai Terbesar di Dunia