Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

17 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Pulau Bali atau Pulau Dewata merupakan tujuan utama turis asing yang datang untuk berlibur. Tempat wisata di Bali sudah terkenal di seluruh dunia, saking terkenalnya Bali memiliki beberapa julukan. Pertama, The Island of Gods karena kekentalannya dengan Budaya Hindu. Kedua, The Island of Paradise karena memiliki keindahan alam yang tak bisa dijumpai ditempat lain. Ketiga, The Island of Thousand Temples yaitu Pulau  dengan seribu pura.

Pulau Bali mempunyai banyak tempat wisata menarik, yang paling terkenal adalah pantainya. Selain pantai, terdapat juga wisata sejarah dan wisata alam berupa air terjun. Bali sebagai tempat tujuan wisata utama di Indonesia memiliki obyek wisata unggulan. Berikut ini 17 tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi?

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta Bali
Tempat Wisata di Bali : Pantai Kuta
Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan menjadi tujuan utama wisatawan lokal maupun luar negeri saat berlibur di Pulau Dewata karena lokasinya mudah diakses yaitu dekat dengan Bandara, memiliki pemandangan yang indah, biaya yang murah alias terjangkau bagi kalangan kelas menengah ke bawah, dan ketinggian ombaknya sangat cokok bagi peselancar pemula maupun profesional.  Selain untuk berselancar, Pantai Kuta juga terkenal akan keindahan pemandangan sunsetnya yang begitu memanjakan mata.

Sebelum Pantai Kuta menjadi tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi seperti saat ini, Pantai Kuta dulunya merupakan perkampungan nelayan tradisional sekaligus pelabuhan dagang bagi para pedagang yang berasal dari luar Bali. Kemudian sejak tahun 70an pantai ini mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Perlu kalian ketahui pantai dengan pasir putih dan lautnya yang berwarna biru ini dulunya merupakan habitat dari penyu hijau, tetapi sekarang ini habitatnya punah. Yang lebih menarik lagi dari Pantai Kuta adalah biaya masuknya gratis, wisatawan yang berlibur disini tidak dikenakan tarif masuk. Akan tetapi, bagi kalian yang membawa kendaraan siap-siap menyediakan uang sekitar Rp.5000 sampai Rp.10.000 untuk biaya parkir.

2. Danau Beratan Bedugul

Tempat Wisata di Bali : Danau Beratan Bedugul
Tempat Wisata di Bali : Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan Bedugul adalah tempat wisata di bali selain pantai yang terkenal akan keindahannya yaitu berupa danau yang dikelilingi oleh pegunungan dengan daya tarik yang mempesona. Lokasi Danau Berantan Bedugul terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Bagturiti, Kabupaten Tabanan, Bali atau berjarak sekitar 1 Jam 15 menit dari Bandara Ngurah Rai. Apa yang menarik dari tempat wisata di Bali ini?

Pertama, lokasinya sejuk dan asri karena danau ini berada di ketinggian 1.240 Mdpl. Kedua, terdapat sebuah Pura bernama Pura Ulun Danu di area pinggir danau yang menambah daya tarik wisatawan berkunjung di Danau Beratan Bedugul. Ketiga, di dalam area kawasan danau pengunjung bisa melihat keindahan beragam warna warni bunga. Berapa harga tiket masuk ke tempat wisata Danau Beratan Bedugul? Tiket masuk ke obyek wisata danau ini yaitu 10 ribu (dewasa) dan 7 ribu (anak-anak), bagi wisatawan lokal. Sementara itu, tiket masuk untuk turis asing sebesar 30 ribu (dewasa) dan 15 ribu (anak-anak).

3. Pura Tanah Lot

Foto Tanah Lot Bali
Tempat Wisata di Bali : Tanah Lot
Pura Luhur Tanah Lot atau populer dengan nama Pura Tanah Lot adalah sebuah tempat suci agama Hindu sekaligus salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahan pemandangan sunsetnya yang begitu mengagumkan. Lokasi Pura Tanah Lot berada di Kota Tabanan, tepatnya daerah Bebaran, Kediri. Apa yang unik dari Pura Tanah Lot? Keunikan pura ini adalah letaknya yang berada di atas batu karang besar. Jika berkunjung pada saat air laut sedang pasang, maka anda tidak bisa mendekat ke Pura karena disekitar pura digenangi air laut. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pura Tanah Lot adalah ketika air laut sedang surut. Pengunjung yang masuk ke tempat wisata Pura Tanah lot dikenakan biaya masuk sebesar 20 ribu per orang + biaya parkir 5 ribu.

4. Pura Uluwatu

Foto Pura Uluwatu Bali
Tempat Wisata di Bali : Pura Uluwatu
Berbeda dengan Pura Tanah Lot yang lokasinya berada di atas batu karang, Pura Uluwatu merupakan tempat wisata di Bali berupa pura yang berlokasi di atas tebing menjorok ke laut. Wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pura Uluwatu akan disuguhkan pemandangan indah matahari terbenam dengan suasana religius. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati atraksi tarian terkenal di Bali yaitu tari Kecak.

Lokasi Pura Uluwatu berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali. Jika mengunjungi tempat wisata di Bali yang satu ini, anda akan menjumpai kera-kera yang dipercaya sebagai penjaga kesucian Pura Uluwatu. Berikut ini harga tiket masuk Pura Uluwatu. Wisatawan Lokal : Dewasa : 20 ribu, Anak-anak : 10 ribu (anak), Pertunjukan Tari Kecak : 100 ribu, Parkir : 5 ribu. Wisatawan Asing : Dewasa : 30 ribu, Anak-anak : 20 ribu, Pertunjukan Tari Kecak : 100 ribu, Parkir : 5 ribu

5. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang
Pantai Padang Padang
Pantai Padang Padang bisa menjadi salah satu alternatif lain wisata pantai di Bali selain Pantai Kuta, karena pantai ini memiliki keunikan dan keindahan yang tidak kalah menarik dengan pantai lain di Pulau Dewata. Pantai Padang Padang merupakan pantai kecil yang lokasinya berada dibalik sebuah tebing dekat dengan Pura Uluwatu, Pecatu.  Bagi anda yang berminat untuk berlibur di Pantai Padang Padang, untuk sampai ke lokasi pantai ini kalian harus melewati tangga yang membelah sebuah tebing. Pantai Padang Padang biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan asing, namun jarang dijumpai wisatawan lokal karena kurang terkenal atau pun lokasinya yang tersembunyi.

6. Pantai Lovina

Pantai Lovina Bali
Pantai Lovina Bali
Salah satu tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Lovina. Pantai ini lokasinya berada di dekat kota Singaraja, Bali Utara. Apa yang menarik dari Pantai Lovina? Daya tarik Pantai Lovina bukan dari keindahan pasir dan ombaknya, tetapi wisatawan yang berlibur disini dapat menikmati pertunjukan lumba-lumba liar di tengah laut. Berapa biaya untuk melihat lumba-lumba ditengah laut? Bagi yang tertarik untuk melihatnya, anda harus membayar biaya sewa kapal sebesar 150 ribu. Harga tersebut sudah termasuk biaya pengemudi perahu, sewa jaket pelampung, dan sarapan pagi. Murah kan? jika tanpa sarapan pagi, harganya pun dikurangi menjadi 120 ribu.

7. Pura Besakih

Pura Besakih
Foto Pura Besakih
Pura Besakih atau sering disebut Pura Agung Besakih adalah Pura terbesar di Bali yang fungsinya sebagai tempat persembahyangan umat agama Hindu di Bali. Lokasi Pura Besakih berada kaki Gunung Agung, tepatnya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kab. Karangasem, Bali. Pura Besakih dibangun dengan konsep Tri Hita Karna atau bisa diartikan sebagai konsep keseimbangan Tuhan, manusia dan alam. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berdatangan mengunjungi Pura Besakih karena pura ini memang besar dan merupakan ibunya dari Pura-pura yang ada di Bali. Pura ini bisa menjadi alternatif tempat wisata di Bali selain pantai.

8. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran
Tempat Wisata Populer di Bali : Pantai Jimbaran
Pantai Jimbaran atau Jimbaran Beach adalah salah satu tempat wisata favorit di Bali yang wajib dikunjungi saat anda berada di Kabupaten Badung, Bali. Lokasi Pantai Jimbaran sangat strategis, yaitu berjarak 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai apabila menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan lainnya saat jalanan tidak macet. Apa yang menarik dari Pantai Jimbaran? Pertama, pantai dengan pasir putih halus dan bersih. Kedua, anda bisa menikmati pemandangan Sunset atau matahari terbenam yang begitu indah. Ketiga, anda bisa menikmati wisata kuliner Bali di pinggir pantai. Pantai Jimbaran terkenal dengan wisata kuliner di pinggir pantainya, yang ditawarkan berupa aneka hidangan laut seperti ikan bakar, lobster, udang, kerang bakar, cumi, dll.

9. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa
Tempat Wisata Water Sport di Bali : Tanjung Benoa
Tanjung Benoa adalah tempat wisata bahari di Bali yang terkenal sebagai pusat dari segala aktivitas olahraga air atau water sport. Jenis olahraga atau permainan air yang tersedia disini yaitu banana boat, snorkel, jetski, waterski, sea walker, bonut boat, scuba diving, parasaling, fl;aying fish, dll. Selain terkenal dengan permainan airnya, Tanjung Benoa juga menawarkan berbagai pilihan tempat wisata yang wajib dikunjungi saat anda berlibur di Bali. Obyek wisata tersebut meliputi : Penangkaran Penyu di Pulau Penyu, Pantai Tanjung Benoa, Pura Dalem Ning Lan Taman Beji, Hutan Bakau, Kuil Caow Eng Bio. 

10. Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani
Tempat Wiata Alam di Bali : Danau Batur Kitamani
Danau Batur Kitamani merupakan salah satu dari empat danau di Bali yang memiliki pemandangan mempesona dan eksotis. Lokasi danau ini berada di Lereng Gunung Batur dengan luas 16 km persegi dan tinggi 1.050 meter diatas permukaan laut. Dari ketinggian tersebut membuat danau ini memiliki udara yang sejuk, sehingga wisatawan yang datang pasti akan betah. Terbukti tempat wisata di Bali ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun internasional.

11. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana (GWK)
Garuda Wisnu Kencana (GWK)
GWK atau singkatan dari Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu tempat wisata terkenal di Bali yang lokasinya berada di Jl Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Apa yang menarik dari GWK? Jika ada niat untuk berlibur ke tempat wisata di Bali ini, anda bisa melihat Patung Garuda Wisnu yang dibangun oleh seniman bernama I Nyoman Nuarta. Yang unik dari patung ini adalah tingginya. Rencana awal patung ini dibuat dengan tinggi 126 meter dan lebarnya 60 meter, tetapi untuk saat ini pembangunan belum selesai, patung GWK masih setinggi 20 meter saja. Yang tidak kalah menarik dari GWK adalah adanya pertunjukan teater seni setiap hari di area patung. Pertunjukan seni yang ditampilkan berupa berbagai jenis tarian dan kesenian khas Bali.

12. Secret Beach Nusa Ceningan

Secret Beach Nusa Ceningan
Pantai di Nusa Ceningan : Secret Beach
Secret Beach merupakan pantai yang lokasinya di pulau kecil bernama Nusa Ceningan, tiga gugusan kepulauan Nusa Penida. Jika berlibur ke tempat wisata di Bali ini, anda akan melihat keindahan birunya air laut dan juga karang besar di pinggir pantai. Keindahan pantai dapat menyejukkan mata dan menenangkan hati anda.

13. Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak Uluwatu
Tempat Wisata Menarik di Bali : Tari Kecek diatas Uluwatu
Tari Kecak mungkin tidak terlihat asing bagi kita karena memang sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan sampai ke penjuru dunia. Tari Kecak merupakan tarian khas yang biasa dilakukan oleh masyarakat Bali. Saat melihatnya, tarian ini memang sangat mengagumkan, unik dan menarik. Dari banyak tempat di Bali yang mempertontonkan pertunjukan Tari Kecak, mungkin yang paling berkesan dan tak akan kita lupakan adalah Tari Kecak yang dipertontonkan di Pura Uluwatu. Kok bisa? Saat melihat Tari Kecak di Pura Uluwatu, kita akan memperoleh suasana yang tidak ada duanya yaitu melihat tarian khas Bali dengan background atau latar belakang matahari terbenam / Sunset.

14. Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Arung Jeram Sungai Telaga Waja
Wisata Menantang di Bali : Arung Jeram Sungai Telaga Waja
Arung Jeram Sungai Telaga Waja adalah tempat wisata di Bali yang cocok untuk kalian yang suka melewati adrenalin / suka tantangan. Obyek wisata Arung Jeram ini banyak dikunjungi oleh turis-turis asing dan wisatawan lokal. Apa yang menarik dari Arung Jeram Sungai Telaga Waja? Arung jerang di sungai ini memiliki jalur trek sepanjang 16 km atau bisa dikatakan terpanjang di Bali. Butuh waktu kira-kira 2 jam setengah untuk menyusuri jalur arung jeram ini. Biaya yang obyek wisata ini sekitar 250 ribu sampai 350 ribu per orang, tergantung operator yang dipilih.

15. Arung Jeram Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung
Wisata Menantang di Bali : Arung Jeram Sungai Ayung
Arung Jeram Sungai Ayung merupakan obyek wisata yang menawarkan aktivitas arung jeram yang cocok bagi pemula atau baru pertama kali mencobanya. Tingkat kesulitan arung jeram ini lebih mudah daripada arung jeram di Sungai Telaga Waja, kelasnya yaitu kelas II-III. Rute arung jeram Sungai Ayung yaitu sepanjang 10 km dengan waktu tempuh kira-kira selama 2 jam.

16. Monkey Forest

Monkey Forest
Wisata Unik di Bali : Monkey Forest
Jika anda sedang berada di Ubud, maka jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Bali bernama Monkey Forest. Dari namanya saja sudah jelas bahwa tempat wisata ini berkaitan dengan hewan bernama Monyet. Benar sekali, Monkey Forest adalah sebuah hutan yang dihuni oleh banyak sekali kera liar yang jumlahnya diperkirakan ratusan. Jika anda mengujungi Monkey Forest, maka berhati-hatilah karena kera disini sangat menyukai makanan. Kera disini juga sangat sensitif dengan hal-hal yang berkilau atau mencolok.

17. Air Terjun Banyumala, Buleleng

Air Terjun Banyumala, Buleleng
Wisata Alam Air Terjun di Bali : Curug Banyumala, Buleleng
Curug Banyumala atau Air Terjun Banyumala merupakan air terjun di Kabupaten Buleleng yang terkenal dengan kolam renang alaminya. Perlu anda ketahui, Buleleng merupakan Kabupaten yang terkenal dengan obyek wisata air terjunnya. 90 % tempat wisata disini berupa air terjun dan salah satu air terjun yang wajib anda kunjungi adalah Air Terjun Banyumala. Keunikan air terjun ini yaitu airnya jernih dan menyejukan serta terdapat tiga aliran air yang masing-masing memiliki ketinggian berbeda-beda. Bagi yang berminat berlibur ke tempat wisata di Bali ini, anda bisa berenang di kolam alami yang berada di bawah air terjun.

Baca Juga :
1. Keindahan Pantai Pasir Putih di Cilacap
2. Daftar Tempat Wisata di Banyumas
3. Tempat Wisata Terkenal di Brunei Darussalam
Share ke teman kamu:

Related : 17 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi