Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

13 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Favorit Wisatawan

Cari tempat wisata di Kuala Lumpur favorit wisatawan? Sedang merencanakan liburan ke luar negeri untuk pertama kali bersama keluarga, teman atau pasangan? Kuala Lumpur "ibu kota Malaysia" bisa menjadi pilihan pertama anda. Selain jaraknya tidak jauh, hanya sekitar 1621 km dari Jakarta, bahasa yang mudah dipahami juga salah satu alasan kenapa harus mengunjungi kota ini. Destinasi tempat wisata di Kuala Lumpur menarik dan populer yang banyak dikunjungi turis asing luar negeri adalah menara Petronas, gedung kembar sekaligus ikon Malaysia.

Baca Juga :

Tempat wisata di Kuala Lumpur sangat bervariasi, mulai dari wisata belanja, sejarah, romantis, alam, kuliner, hiburan seru dan religi bisa anda temukan. Bingung masalah budget atau biaya? Hmm.. liburan pasti harus mengeluarkan uang lebih, apalagi mengunjungi obyek di luar negeri. Jalan-jalan ke Kuala Lumpur budget murah hanyalah mimpi. Tapi jangan khawatir, anda bisa mencoba alternatif wisata hemat di Kuala Lumpur, yaitu sekedar berfoto selfie dengan background menara Petronas..hehe
Tempat Wisata di Kuala Lumpur

Kalian tidak akan bisa menemukan pantai di Kuala Lumpur, karena lokasi kota ini berada di tengah-tengah pulau. Jika ingin menikmati suasana seru di pantai maka cari daerah lain, misalnya Pulau Penang. 
Baca Juga : 7 Pantai Indah di Penang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kuala Lumpur

Daya tarik tempat wisata di  Kuala Lumpur bagi turis asing internasional khususnya orang Indonesia adalah banyak terdapat tempat belanja murah di Kuala Lumpur yang dilengkapi fasilitas hiburan seru dan menyenangkan. Langsung saja, berikut ini rekomendasi 13 tempat wisata di Kuala Lumpur favorit wisatawan di tahun 2018.

1. Petronas Twin Towers (Menara Kembar Petronas)

Petronas Twin TowersPetronas Twin Towers atau sering disebut menara kembar Petronas adalah tempat wisata di Kuala Lumpur paling populer, lokasinya strategis yakni berada di pusat kota. Karena sangat terkenal, tak heran jika menjadi ikon Kuala Lumpur dan Malaysia. Menara Petronas memiliki tinggi 452 meter, terdapat 88 lantai menjulang ke atas, menjadikannya salah satu gedung tertinggi di dunia. Sama halnya Burj Khalifa di Dubai yang menawarkan keindahan kota dari atas ketinggian, tempat wisata favorit di Kuala Lumpur ini juga memanjakan pengunjung dengan panorama gemerlap cahaya kota di malam hari.

Agar bisa melihat pemandangan indah kota Kuala Lumpur dari atas ketinggian, anda harus membeli tiket naik. Berapa harga tiketnya? Wisatawan asing akan dikenakan tarif RM80 atau sekitar Rp.240.00, sementara warga lokal cukup membayar RM25 saja. Kapan waktu yang tepat naik ke atas menara Petronas? Di sore hari anda bisa melihat pemandangan indah matahari terbenam, kemudian di malam hari juga bisa melihat aktivitas kota dengan cahayanya begitu terang. Pilih mana? Terserah anda. Tapi harus diingat, tiket naik ke menara jumlahnya terbatas setiap jamnya, hanya sekitar 1.200 tiket yang dijual.

2. Batu Caves

Batu Caves
Batu Cavas merupakan salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang dapat menghemat budget anda, karena pengunjung yang datang tidak dikenakan tarif masuk alias gratis. Batu Cavas adalah sebuah gua yang berada di bukit kapur. Di kawasan ini juga terdapat kuil dan patung besar berwarna emas. Tempat wisata hemat di Kuala Lumpur ini sangat cocok bagi anda yang fisiknya kuat dan sering melakukan olah raga teratur. Kenapa? karena untuk mencapai Batu Cavas anda harus menaiki tangga dengan jumlah cukup banyak, tentu sangat melelahkan. Tetapi saat sampai kedalam gua, anda akan melihat pemandangan yang mengagumkan. 

3. Kuala Lumpur Tower

Kuala Lumpur TowerTak kalah tinggi dengan menara Petronas, Kuala Lumpur Tower menjadi salah satu obyek bercuti yang banyak diminati wisatawan. Tingginya mencapai 421 meter, fungsi utamanya sebagai menara telekomunikasi. Tepi, disisi lain menara ini juga dimanfaatkan sebagai obyek menarik tempat wisata di Kuala Lumpur, daya tariknya sama yakni menikmati pemandangan indah kota tetapi tentu dengan suasana yang berbeda. Ada 3 tujuan utama saat anda datang kesini, pertama melihat pemandangan indah kota KL dari sebuah ruangan diatas gedung yang berbentuk kubus atau bisa disebut Sky Box. Kedua, KL Tower Observation Deck atau melihat pemandangan kota dengan teropong tapi masih dalam ruangan tertutup. Ketiga, Sky Deck KL Tower atau melihat pemandangan indah kota Kuala Lumpur dari ketinggian menggunakan teropong diatas ruangan terbuka. Biaya yang harus anda keluarkan untuk menikmati tempat wisata terbaik di Kuala Lumpur ini sebesar 52 ringgit atau sekitar Rp.168.000 ribu rupiah.

4. Aquaria KLCC

Aquaria KLCCAquaria KLCC adalah tempat wisata di Kuala Lumpur yang menyajikan aquarium raksasa, cocok dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Lokasinya strategis berada di tengah kota Kuala Lumpur. Cukup berjalan kaki selama 10 menit dari menara Petronas. Di aquarium raksasa ini anda bisa melihat koleksi lebih dari 5000 flora dan fauna. Panjang terowongan di dalam aquarium mencapai 90 meter. Beberapa koleksi ikan yang cukup terkenal di dalamnya seperti ikan pari dan hiu. Aquaria KLCC dibuka jam 10 pagi sampai dengan jam 10 malam. Harga tiket masuk ke obyek wisata seru ini sekitar 200 ribu (dewasa) dan 170 (anak-anak).

5. National Mosque (Masjid Negara)

National MosqueMasjid Nasional Malaysia merupakan salah satu masjid di Kuala Lumpur yang memiliki kapasitas besar, yaitu muat untuk 15 ribu orang jamaah. Masjid yang berdiri di tanah seluas 13 hektar ini dibangun pada tahun 1965. Yang menarik dari masjid ini adalah adanya menara setinggi 73 meter dan juga atap beton dengan tali 16 titik. Masjid besar dan megah ini biasanya dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang menikmati liburan di Kuala Lumpur, khususnya umat beragama Islam untuk beribadah.

6. Lake Gardens (Taman Tasik Perdana)

Lake Gardens
Tempat wisata di Kuala Lumpur keenam yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Lake Gardens atau nama resminya Perdana Botanical Gardens merupakan taman seluas 91 hektar. Taman cantik dan indah ini dibangun pada tahun 1888, saat Malaysia masih dijajah oleh pemerintah Inggris. Lake Gardens terletak di jantung kota Kuala Lumpur sehingga banyak wisatawan lokal maupun asing yang berdatangan untuk menikmati keindahan taman dengan udara yang segar dan suasana sunyi. Menurut sejarahnya taman ini sering berganti-ganti nama.

Pada awal pembuatan, nama yang dipakai adalah Public Gardens namun nama tersebut kemudian diganti dengan Lake Gardens. Nama taman ini diganti lagi pada tahun 1975 menjadi Taman Danau Perdana atau Taman Tasik Perdana. Pergantian ini merupakan perintah dari Tuan Abdul Razak. Pada tahun 2011, nama taman ini berganti lagi dengan nama yang sampai sekarang masih di Pakai yaitu Perdana Botanical Gardens. Untuk mengunjungi taman ini anda tidak perlu membayar tiket masuk, jadi bisa menjadi alternatif tempat wisata hemat di Kuala Lumpur.

7. Kuala Lumpur Butterfly Park

Kuala Lumpur Butterfly ParkTempat wisata favorit di Kuala Lumpur selanjutnya adalah taman kupu-kupu atau nama resminya Kuala Lumpur Butterfly Park yang berlokasi di sebelah Danau Gardens dan KL Bird Park. Taman kupu-kupu ini memiliki luas 80 ribu kaki persegi. Di dalamnya terdapat koleksi kupu-kupu sebanyak 5000.
Selain kupu-kupu, di taman ini juga terdapat tanaman yang unik, langka dan menarik. Selai itu, ada juga hewan lain yang merupakan sahabat dekat kuku-kupu, yakni kumbang. Pengunjung yang datang ke taman Butterfly Park akan masuk ke dalam sebuah jaring besar dan melihat berbagai kupu-kupu dengan keindahan warna-warninya. Jam buka Butterfly Park dimulai pada pukul 9 pagi hingga jam 5 sore. Sementara itu, untuk biaya masuknya pengunjung dikenakan tarif sebesar RM 5 Malaysia.

8. Kuala Lumpur Bird Park

Kuala Lumpur Bird ParkTaman Burung ini merupakan Tempat wisata di Kuala Lumpur yang cocok untuk anak-anak saat liburan. Di dalam taman burung ini, terdapat kurang lebihnya 3000 burung. Jenis burung yang terdapat disini 90% berasal dari burung asli Malaysia, sementara 10% lainnya berasal dari luar negeri.Taman burung Kuala Lumpur dibangun pada tahun 1888 dengan luasnya mencapai 60 hektar. 
Di area taman juga terdapat beberapa fasilitas menarik yang wajib dikunjungi, diantaranya yaitu danau buatan, Monumen Nasional, wisata sejarah bekas gedung parlemen Malaysia, dll. Kuala Lumpur Brid Park merupakan taman burung yang mendapat reputasi sebagai taman burung paling mirip dengan habitat aslinya. Pasti sangat seru apabila anda berlibur ke taman burung ini.

Berikut ini daftar tempat wisata belanja murah di Kuala Lumpur yang tidak boleh anda lewatkan :

9. Jalan Petaling

Jalan Petaling
Jalan Petaling atau terkenal juga dengan nama Chinatown adalah tempat Belanja di Kuala Lumpur dengan harga murah. Pusat belanja disini tidak kalah menarik dengan tempat belanja mudah di Penang. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin membeli sesuatu dengan harga murah. Oleh karena itu, pilihlah waktu yang tepat untuk datang berbelanja. Waktu yang tepat yaitu pada siang hari, suasananya agak sepir dan tidak berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

Apa yang bisa anda beli di tempat belanja murah ini? Barang-barang yang tersedia terdiri dari baju, sepatu, tas, dompet, wisata kuliner, makanan khas, sampai mainan anak-anak ada di sini. Jika anda membeli barang di tempat ini, maka harus berani menawar. Biasanya penjual akan melepas barang jualannya walaupun pembeli menawar hingga 50% dari harga awal.

10. Jalan Alor

Jalan AlorSalah satu tempat belanja di Kuala Lumpur yang ramai juga dikunjungi oleh para wisatawan adalah Jalan Alor. Tempat ini menyajikan berbagai makanan dan minuman khas lokal, makanan cina, hidangan laut, hingga makanan dari negara India bisa anda cicipi disini. Tempat ini sangat ramai apabila malam hari, mereka duduk berjejer di kursi depan para pedagang kaki lima. Tempat ini wajib dikunjungi bagi anda pecinta wisata kuliner khas daerah tujuan wisata. Silahkan dicoba saja, barangkali ketagihan. Jangan khawatir masalah harga, tempat wisata kuliner disini menyajikan menu makanan dengan harga yang terjangkau alias tidak terlalu mahal.

11. Sungai Wang

Sungai Wang

Sungai Wang merupakan salah satu Mall di Kuala Lumpur yang menyediakan berbagai dagangan mulai dari gadget, fashion, perhiasan hingga oleh-oleh dengan harga yang murah. Tempat belanja ini lokasinya dekat dengan kawasan Bukit Bintang.

12. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah sebuah kawasan di Kuala Lumpur yang sering disebut oleh para wisatawan sebagai surganya tempat belanja di KL. Selain terkenal sebagai pusat perbelanjaan, di kawasan ini juga terdapat beberapa kafe, hotel berbintang dan tempat-tempat hiburan menarik yang wajib dikunjungi.

13. Berjaya Times Square Theme Park

Berjaya Times Square Theme ParkBerjaya Times Square Theme Park adalah sebuah pusat perbelanjaan sekaligus tempat hiburan yang cocok apabila anda membawa anak-anak. Taman hiburan yang ada di sini merupakan taman hiburan Indoor terbesar di Malaysia. Tempat wisata di Kuala Lumpur untuk anak-anak ini memiliki beberapa wahana seru yang terbagi menjadi 2 kawasan antara lain wahana Galaxy Station dan Fantasy Garden. Tempat ini tentu akan membuat anak anda merasa senang dan pasti akan ketagihan untuk mengunjunginya lagi.
Share ke teman kamu:

Related : 13 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Favorit Wisatawan