Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

3 Pantai Pasir Putih di Cilacap yang Wajib Dikunjungi

Pantai Pasir Putih di Cilacap - Sedang merencanakan liburan ke Cilacap? bingung mencari tempat wisata yang menarik dan indah untuk dikunjungi? Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Maka dari itu, banyak  sekali tempat wisata berupa pantai.

Menikmati liburan di akhir pekan di sebuah pantai merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang, baik dilakukan bersama keluarga, teman atau pasangan masing-masing.  Jika kalian dari Cilacap, atau daerah lain yang berdekatan dengan kabupaten ini seperti Banyumas, Kebumen, Purbalingga, mengunjungi pantai di Cilacap merupakan kegiatan wajib yang dilakukan saat liburan tiba.

Lantas pantai mana yang wajib dikunjungi di Cilacap? Berikut ini 3 rekomendasi pantai pasir putih yang ada di Cilacap yang wajib anda coba.

Pantai Pasir Putih di Cilacap

Pantai Kalipat

Pantai Kalipat Pasir Putih di Cilacap
Pemandangan Indah Pantai Kalipat. Sumber : dutawisata.com
Pantai Pasir Putih di Cilacap pertama yang paling indah dan wajib anda kunjungi adalah pantai Kalipat, terletak di Nusakambangan, Desa Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan. Keberadaan Pantai Kalipat masih tersembunyi, jadi belum banyak orang yang mengetahuinya.

Pantai Kalipat bisa dibilang salah satu pantai pasir putih paling indah di Cilacap, tentu tidak ada duanya. Daya tarik menarik lain dari pantai ini adalah keindahan air laut yang berwarna biru dan ombak yang tidak terlalu besar. Mengunjungi pantai kalipat bersama pasangan anda tentu sangat pas, karena bisa menikmati udara segar dengan angin sepoi-sepoi sehingga suasana romantis akan tercipta.

Bagaimana akses menuju ke Pantai Kalipat?

Secara resmi, pantai ini belum dikelola oleh pemerintah setempat sebagai obyek wista, jadi belum ada petunjuk jalan untuk menuju ke area pantai. Perjalanan menuju pantai Kalipat terbilang cukup sulit dan membingungkan. Tapi jangan khawatir jika anda bingung, tanya saja ke orang-orang sekitar karena memang sangat ramah dan baik hati.

Perjalanan menuju ke Pantai Kalipat akan melewati sebuah pantai yang cukup terkenal bernama pantai Karang Tengah. Jika anda tertarik untuk mengunjungi pantai pasir putih ini, maka bisa menggunakan jasa pemandu agar tidak tersesat. Berikut ini peta Pantai Kalipat :

Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan Pasir Putih di Cilacap
Pantai Pasir Putih Karang Pandan Cilacap. Sumber : lihat.co,id
Pantai pasir putih di Cilacap kedua yang menarik dan indah adalah Pantai Karang Pandan. Sama dengan Pantai Kalipat, pantai ini lokasinya berada di Pulau Nusakambangan. Yang membedakan adalah sudah dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat.

Jika ditanya pantai pasir putih di Nusakambangan paling indah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan maka jawabanya adalah pantai karang pandan. Lokasinya yang berada di Pulau Nusakambangan membuat kita terlebih dahulu harus menyebranginya dari Teluk Penyu menggunakan kapal yang disewakan.

Bagaimana akses menuju ke Pantai Karang Pandan?

Setelah menyebrang dan sampai di Pulau Nusakambangan, ada dua alternatif pilihan agar dapat sampai ke pantai pasir putih ini. Pertama, melakukan perjalanan dengan jalan kaki dengan waktu tempuh mencapai 30 menit. Tentu sangat menyenangkan apabila bersama teman-teman. Setelah bercape-cape ria, kemudian sampai di pantai dan bermain air.

Alternatif kedua yaitu menggunakan alat transportasi berupa odong-odong yang disediakan oleh pihak pengelola wisata ini. Setelah sampai, kalian akan menikmati keindahan luar biasa pantai dengan pasir putih halus dengan suasana tenang dan udara sejuk, pasti dijamin betah.

Apa saja fasilitas yang disediakan di Pantai Karang Pandan?

Beberapa fasilitas pelengkap dan pendukung yang bisa anda jumpai seperti penginapan, mushola, area parkir dan kamar mandi (wc). Jika tertarik berikut ini peta lokasinya :

Pantai Singkil Karang Pakis

Pantai Singkil Karang Pakis Pasir Putih di Cilacap
Keindahan Pantai Singkil. Sumber : teluklove.com
Rekomendasi pantai pasir putih di Cilacap ketiga adalah Pantai Singkil Karang Pakis, terletak di Desa Karangpakis, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap. Daya tarik pantai ini selain memiliki pasir putih adalah anda bisa melihat keindahan sunset (matahari terbenam saat sore hari).

Bisa dibilang pantai eksotis di Cilacap, sangat sayang jika melewatkan liburan di obyek wisata yang satu ini. Suka selancar? ombak yang ada di Pantai Singkil sangat cocok bagi kalian para peselancar-peselancar pemula. Akses menuju pantai ini bisa dibilang mudah, bila datang dari kota Purwokerto atau kota Gombong maka hanya membutuhkan waktu 1-2 jam untuk sampai lokasi pantai.

Selain menikmati keindahan pantai, anda bisa mendapatkan edukasi saat berada di pantai pasir putih ini. Anda bisa melihat proses pembuatan gula kelapa yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Selain itu, dapat melihat penyu hijau yang sedang bertelur dan ikut menangkap ikan bersama nelayan sekitar. Seru sekali kan? Berikut ini peta lokasi pantai Singkil :

Itulah rekomendasi 3 Pantai Pasir Putih di Cilacap yang Wajib Dikunjungi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan liburan anda. Jangan lupa share dan baca artikel menarik lainnya. Selamat berlibur.

Baca Juga : 40 Tempat Wisata di Kabupaten Banyumas
Share ke teman kamu:

Related : 3 Pantai Pasir Putih di Cilacap yang Wajib Dikunjungi