Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Benua di Dunia : Asia, Eropa, Australia, Afrika, Amerika dan Antartika

Benua di Dunia : Asia, Eropa, Australia, Afrika, Amerika dan Antartika - Berdasarkan penelitian, hingga saat ini bumi merupakan satu-satunya planet yang memiliki kehidupan. Bumi terbagi atas benua-benua. Benua adalah daratan yang cukup luas di permukaan bumi. Daratan tersebut mencakup 29% permukaan bumi. Bagaimana proses terbentuknya benua Sekitar 200 juta tahun yang lalu, semua daratan di bumi tergabung dalam sebuah benua raksasa. Benua tersebut dinamakan Pangea. Sekitar 110 juta tahun yang lalu, Pangea terpisah menjadi sejumlah daratan. Pada masa ini terbentuk daratan Afrika dan Amerika Selatan. Adapun saat ini terdapat 6 benua di bumi, yaitu Benua Asia, Benua Amerika, Benua Afrika, Benua Eropa, dan Benua Australia, dan Benua Antartika.

Benua di Dunia (Permukaan Bumi)

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat 2 pendapat mengenai pembagian benua. Pendapat pertama menyatakan bahwa bumi terbagi atas 6 benua. Pendapat yang lain mengatakan bahwa bumi terbagi atas 7 benua. Dalam pembagian ini, Benua Amerika terbagi atas 2 benua, yaitu Benua Amerika Utara dan Benua Amerika Selatan.

7 Benua di Dunia (Permukaan Bumi)
7 Benua di Dunia. Pic By : Worldometers 
Bumi dikelilingi oleh samudra dan laut. Samudra menjadi penghubung antarbenua. Samudra tersebut adalah Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Arktik. Samudra Pasifik menghubungkan antara Benua Asia dan Benua Australia dengan Benua Amerika. Samudra Atlantik menghubungkan antara Benua Amerika dengan Benua Eropa dan Benua Afrika. Samudra Hindia menghubungkan antara Benua Afrika, Benua Asia, dan Benua Australia dengan Kutub Selatan. Samudra Pasifik merupakan samudra terluas di dunia.

Adapun laut yang ada di bumi antara lain Laut Cina Selatan, Laut Karibia, Laut Andaman, dan Laut Tengah. Laut terluas adalah Laut Cina Selatan. Selain samudra dan laut, kenampakan alam yang ada di bumi adalah sungai, danau, pegunungan, dataran rendah, dan dataran tinggi. Sungai terpanjang di bumi adalah Sungai Nil di Afrika. Gunung tertinggi adalah Mount Everest di India. Dataran terendah di Bumi adalah Laut Mati

Bumi juga memiliki suhu udara yang bervariasi. Tempat paling panas adalah Al Aziziyah di Libya. Sedangkan tempat paling dingin adalah Vostok Station di Antartika. Suhu udara di Al Aziziyah mencapai 58 derajat celsius. Sedangkan suhu di Vostok Station hanya -89 derajat celsius. Tempat paling kering di bumi adalah Gurun Atacama, Cili. Sedangkan tempat paling basah adalah Tutunendo, Kolombia.

Banua Asia : Benua Terluas di Dunia

Luas Benua Asia mencapai sepertiga luas daratan bumi, yaitu 44,6 juta km2. Benua Asia dan Benua Eropa terletak pada satu daratan yang hanya dibatasi oleh Pegunungan Ural dan Pegunungan Kaukasus. Asia merupakan benua terbesar di dunia.
Gambar Benua Asia. Pic By : besttemplatess.com

A. Letak Benua Asia

Secara astronomis, Benua Asia terletak antara 11o16’ LU – 77o41’ LU dan antara 26o04’ BT – 169o40’ BT. Adapun batas-batas benua Asia yaitu:
  • Sebelah utara: Samudra Arktik dan Laut Bering.
  • Sebelah selatan: Samudra Hindia.
  • Sebelah timur: Samudra Pasifik.
  • Sebelah barat: Laut Tengah dan Laut Merah.

B. Kenampakan Alam Benua Asia

Kenampakan alam Benua Asia sangat bervariasi. Di Benua ini dapat ditemukan titik tertinggi di dunia dan sekaligus titik terendah di dunia. Titik tertinggi terdapat di Pegunungan Himalaya, tepatnya adalah Mount Everest. Adapun titik terendah adalah Laut Mati di Yordania. Secara geologis, Benua Asia merupakan benua paling aktif di dunia. Banyak gunung api di benua ini, terutama di kawasan Asia Timur. Kawasan ini menghadap ke Samudra Pasifik.

Wilayah Asia Tengah merupakan daerah paling bergunung-gunung di dunia. Kawasan ini juga jauh dari pelabuhan. Semua wilayah Asia Tengah berupa daratan. Kawasan ini jauh dari samudra. Pada umumnya, Asia Tengah merupakan daerah kering. Di kawasan Asia Selatan dapat dijumpai dataran rendah, terutama di India dan Bangladesh. Daerah ini dialiri sungai-sungai besar, seperti Sungai Gangga dan Sungai Indus. Sungai juga dapat ditemui di kawasan Asia Timur, seperti Sungai Kuning (Sungai Huang Ho) dan Sungai Yang Tze.

Kawasan Asia Barat merupakan daratan luas berbatu, gurun pasir, dan pegunungan. Di daerah ini banyak terdapat gurun pasir, seperti Gurun Rub’al Khali dan Gurun An Nafud. Kenampakan alam lain di kawasan Asia Barat adalah sungai, seperti Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. Gurun pasir juga dapat dijumpai di Asia Tengah dan Asia Timur. Gurun pasir terbesar di Asia Timur adalah Gurun Gobi.

C. Iklim di Benua Asia

Benua Asia memiliki iklim yang bervariasi. Ada kawasan yang beriklim mediterania, seperti di Asia Barat. Iklim tropis/subtropis gurun terdapat di kawasan Asia Barat. Iklim subtropis terdapat di kawasan Asia Timur. Gugusan kepulauan banyak ditemui di Asia Tenggara. Kawasan ini beriklim tropis seperti di Asia Tenggara. Di Benua Asia juga memiliki banyak hutan. Sekitar 16% wilayah Asia ditutupi hutan. Kawasan hutan terbesar terdapat di Siberia, Cina, dan Asia Tenggara.

Baca Selengkapnya : Keadaan Penduduk dan Pembagian Kawasan Benua Asia
Berikut ini Artikel Terkait Benua Lainnya di Dunia :
  1. Benua Eropa
  2. Benua Afrika
  3. Benua Australia
  4. Benua Amerika
  5. Benua Antartika
Sumber Referensi :
  • Ilmu Pengetahuan Sosial : untuk SD / MI Kelas VI / penyusun, Sajimin Sarwanti Wulandari, Duwi Rahmadi ; editor, Wuryanto. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Share ke teman kamu:

Related : Benua di Dunia : Asia, Eropa, Australia, Afrika, Amerika dan Antartika