Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Dampak Penjajahan Belanda di Indonesia Berbagai Bidang (Positif dan Negatif)

Dampak Penjajahan Belanda di Indonesia lengkap dalam berbagai bidang, baik positif dan negatif. Penjajahan Belanda berlangsung dari abad ke 17 sampai ke 20, awalnya melalui sebuah kongsi dagang bernama VOC, kemudian penjajahan dilanjutkan saat pemerintah Hindia Belanda dengan beberapa kebijakan seperti Sistem Tanam Paksa (1830-1870), Kebijakan Pintu Terbuka (1870-1900) dan Politik Etis (1901 sampai 1942). Perlu digaris bawahi, Penjajahan Belanda di Indonesia (saat itu) tidak seluruh wilayah di Nusantara berhasil dikuasai, salah satunya daerah Buton di Sulawesi Tenggara. Penjajahan Belanda selama kurang lebih 3 abad, menimbulkan pengaruh yang cukup besar, antara lain di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Sedikit mengulas pada artikel sebelumnya terkait dengan latar belakang dan tujuan kedatangan bangsa Belanda di Indonesia. Masuknya Belanda ke Nusantara pertama kali dimulai pada abad ke 17, saat itu 4 buah kapal Belanda yang dipimpin oleh Cornelis De Houtman berhasil sampai di Banten, melalui rute Pantai Barat Afrika - Tanjung Harapan - Samudra Hindia - Selat Malaka. Tujuan kedatangan Belanda antara lain : untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah baru dan misi 3G (gold, glorym, gospel).

Dampak Penjajahan Belanda di Indonesia Berbagai Bidang (Positif dan Negatif)
Foto by : https://connecticutreview.files.wordpress.com
Berakhirnya penjajahan Belanda di Indonesia terjadi ketika Belanda menyerah tanpa syarat kepada pihak Jepang pada tanggal 9 Maret 1942, melalui perundingan di Kalijati antara pihak Jepang dan Belanda yang diwakili oleh Gubernur Jenderal Jonkeer Tjarda van Starkhenborg dan Letjen Hein ter Poor. Saat itu, Letjen Imamura (Jepang) menyatakan bahwa pihak Belanda harus menyerah tanpa syarat, atau jika tidak seluruh pasukan Belanda dan sekutu-sekutunya akan musnahkan. Kemudian penandatanganan dilakukan pada hari itu juga oleh perwakilan dari Belanda. Maka, berakhirlah kekuasaan Belanda di Indonesia. Lalu, apa saja dampak penjajahan Belanda? simak penjelasan dibawah ini dengan teliti.

A. Dampak Penjajahan Belanda Bidang Politik

Dampak Positif dan Negatif Penjajahan Belanda Bidang Politik

Dampak negatif bidang politik penjajahan Belanda yaitu mempengaruhi jalannya kekuasaan kerajaan atau pemerintahan pribumi, bahkan wilayah kerajaan diambil alih, duduki, dipersempit, dan sebagian hancur karena ulah kolonial Belanda. Sementara itu, dampak positifnya saat pelaksanaan politik etis banyak bermunculan tokoh pelajar berpendidikan yang kemudian pada masa pergerakan nasional memperjuangkan status kemerdekaan Indonesia. Jika tertarik, baca juga artikel menarik ini : Partai Politik Pada Awal Kemerdekaan.

B. Dampak Penjajahan Belanda Bidang Ekonomi

Dampak Positif dan Negatif Penjajahan Belanda Bidang Ekonomi

Dampak negatif bidang ekonomi penjajahan belanda yaitu menjadikan para pengusaha pribumi seperti aparatur pemerintah kolonial, mereka tidak dapat penghasilan sebesar sebelumnya karena harus membayar upeti. Penghasilan mereka diganti dengan gaji menurut ketentuan yang berlaku. Sementara itu, dampak negatif bagi petani adalah mereka dipaksa menanam tanaman yang sudah ditentukan dengan harga sesuai ketentuan, sehingga mengakibatkan penurunan penghasilan, berdampak pada penurunan hasil kerajinan tangan yang sebelumnya ramai diperjualbelikan.

Baca Juga : 
Dampak positif bidang ekonomi khususnya dalam hal pertanian adalah petani lokal (pribumi) mengenal jenis-jenis tanaman rempah-rempah yang laku di pasar internasional, seperti lada, merica, kopi dan lain-lain. Pengaruh positifnya tentu sangat sedikit bila dibandingkan kerugian ekonomi yang diterima masyarakat saat itu.

C. Dampak Penjajahan Belanda Bidang Sosial

Dampak Positif Negatif Penjajahan Belanda Bidang Sosial

Dampak negatif bidang sosial masa penjajahan Belanda sangat buruk bagi kaum penguasa pribumi yang semula memiliki kedudukan tinggi kemudian berganti menjadi aparatur pegawai pemerintah Belanda dengan gaji kecil. Drajat mereka pun turun dihadapan masyarakat pribumi, kedudukanya pun tidak di hormati oleh pemerintah kolonial, hanya dianggap sebagai pembantu dalam melaksanakan tugas yang sudah ditentukan. Kehidupan bermasyarakat dibagi menjadi stratifikasi sosial, sebagai berikut :
  • Kelas 1 (atas) : Bangsa barat (Belanda dan Eropa lainnya).
  • Kelas 2 (menengah) : Orang Timur Asing seperti India, Cina dan Arab.
  • Kelas 3 (rendah) : Masyarakat Pribumi, pegawai tinggi pemerintah, pedagang kecil, petani dan pegawai rendahan.

D. Dampak Penjajahan Belanda Bidang Budaya

Dampak Positif dan Negatif Penjajahan Belanda Bidang Budaya

Datangnya bangsa Belanda membuat budaya barat sangat berkembang dikalangan masyarakat saat itu, beberapa perubahan seperti tata cara kehidupan, bahasa, cara bergaul dan cara berpakaian. Perubahan ini terus berkembang di kalangan keraton dan masyarakat, mengakibatkan tradisi di dalam keraton semakin terkikis. Selain perubahan tersebut, meluasnya pengaruh agama kristen juga semakin terasa di kerajaan maupun masyarakat biasa. Nilai positif yang dapat diambil adalah memperkaya kebudayaan Indonesia dan memahami nilai-nilai budaya asing. Intinya dapat memilah-milah mana yang baik dan buruk.

E. Dampak Penjajahan Belanda Bidang Pendidikan

Dampak Bidang Pendidikan Penjajahan Belanda

Dampak Negatif Penjajahan Bidang Pendidikan

Dampak negatifnya, tidak semua rakyat pribumi mendapatkan jatah pendidikan, hanya masyarakat tertentu (memiliki jabatan) yang dapat merasakan pendidikan, meliputi keturunan bangsawan, keturunan raja dan pengusaha kaya. Pemerintah Kolonial menyusun kurikulum pendidikannya sendiri, tidak menyesuaikan dengan keadaan. Salah satu mata pelajaran yang diutamakan adalah bahasa Belanda, dengan tujuan dan kepentingan menghasilkan pegawai-pegawai pemerintah terampil, terdiri, seta upah murah.

Dampak positif Penjajahan Belanda Bidang Pendidikan 

  1. Bangsa dan masyarakat Indonesia menjadi tahu akan perkembangan yang berlangsung di dunia luar.
  2. Muncul golongan-golongan terdidik atau terpelajar Indonesia
  3. Sebagian kecil masyarakat bisa membaca dan menulis
Rekomendasi Artikel, Baca Juga :
Demikian pembahasan Dampak Penjajahan Belanda di Indonesia Berbagai Bidang (Positif dan Negatif), meliputi bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan. Jika masih kurang dan ada hal yang perlu ditanyakan, silahkan komentar dibawah ini. Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa like dan share, terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Dampak Penjajahan Belanda di Indonesia Berbagai Bidang (Positif dan Negatif)