Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Nasionalisme India

Sebutkan apa saja faktor-faktor penyebab munculnya (timbulnya) Nasionalisme India? Setelah berdirinya EIC yang merupakan organisasi dagang milik Inggris, mengakibatkan kekuasaan Inggris di India semakin kuat. Namun perlu kalian ketahui, kedatangan Inggris di India tidak semulus seperti yang kita bayangkan, banyak terjadi perlawanan-perlawanan untuk mengusik kehadiran Inggris, baik dari rakyat maupun inisiatif raja-raja di India.

Beberapa perlawanan berlangsung di kerajaan Singh (Punjab), kerajaan Maratha dan pemberontakan pada tahun 1857 sampai 1859 dikenal dengan nama "Spoy" (The Indian Muntiny). Di antara perlawanan tersebut, yang paling menarik tentu saja pemberontakan Spoy (tentara Inggris berasal dari India). Beberapa penyebab terjadinya pemberontakan Spoy, antara lain :
Faktor Penyebab Munculnya Nasionalisme India

Sebab Umum :
1. Perlakuan tidak adil terhadap prajurit Spoy.
2. Imperialisme Inggris menyebabkan rakyat India menderita.

Sebab Khusus
  • Adanya penghinaan terhadap pasukan Spoy. Wujud penghinaan tersebut yaitu perintah dari panglima tentara Inggris kepada pasukan Spoy untuk menjilat lemak babi dan sapi sebelum menggunakan senjata. 
Itulah sebab umum dan khusus terjadinya pemberontakan Spoy. Lalu apa hubungannya pemberontakan ini dengan nasionalisme di India?

Faktor Penyebab Munculnya Nasionalisme India

Perlu kalian pahami, akibat adanya pemberontakan Spoy mengakibatkan banyak bermunculan gerakan nasional di India. Ditandai dengan berdirinya organisasi kebangsaan bernama All India National Congress pada tahun 1885. Tokoh pelopor berdirinya organisasi ini meliputi : Mahatma Gandhi, All Jinnah, Jawaharlal Nehru, Ali Khan dan lain-lain. 

Sebab-sebab nasionalisme di India, antara lain :
  1. Terdapat diskriminasi dalam pemerintahan.
  2. Penderitaan rakyat akibat Imperialisme Inggris.
  3. Kemudian bermunculan kaum intelektual.
  4. Adanya pertentangan antara India dan Inggris dalam bidang kebudayaan.
  5. Faktor pendorong lahirnya nasionalisme di India lainnya adalah akibat kemenangan Jepang terhadap Rusia.
Itulah faktor penyebab munculnya nasionalisme di India, berikut ini beberapa gerakan nasionalisme India yang perlu Anda ketahui, meliputi :
  • Santini Ketan : Gerakan ini dipelopori oleh Rabindranath Tagore, bertujuan untuk memperbaharui bidang pendidikan.
  • Brahma Samaj : Tokoh penggeraknya bernama Ram Mohan Roy, gerakan ini merupakan pembaharuan dalam bidang agama Hindu, salah satu langkah yang dilakukan adalah menghapus sistem kasta di India.
  • Gerakan Mahatma Gandhi : Ada empat gerakan nasionalisme yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi, pertama Satyagraha (tidak bekerjasama dengan Inggris), kedua Swadesi (tidak memakai barang dari Inggris, mengutamakan produk lokal India), ketiga Hartal (aksi pemogokkan kerja terhadap imperialisme Inggris) dan keempat yaitu Ahimsa (asas anti kekerasan).
Rekomendasi Artikel untuk Anda, Baca Juga :
Nah, demikian penjelasan singkat terkait dengan topik pembahasan Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Nasionalisme di India dan beberapa gerakan yang kemudian bermunculan. 
Share ke teman kamu:

Related : Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Nasionalisme India