Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Letak Kerajaan Demak Secara Geografis

Letak Kerajaan Demak Secara Geografis - Kerajaan Demak awalnya merupakan sebuah kadipaten di Kerajaan Majapahit, namun pada perkembangan selanjutnya wilayah tersebut bebas dari kekuasaan Majapahit dan mendirikan kerajaan baru bercorak Islam. Fakta menariknya, Demak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. 

Berdasarkan catatan sejarah, lokasi atau letak kerajaan Demak yang strategis membuatnya menjadi pelopor penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Berdirinya Demak berlangsung saat Kerajaan Majapahit runtuh, pendirinya bernama Raden Patah. Ia merupakan pendiri kerajaan Demak, sekaligus raja pertama yang menguasai wilayah Kerajaan Demak.

Lalu, dimana letak geografis kerajaan Demak? Berikut ini penjelasan lengkapnya..

Berdasarkan sumber buku berjudul "Sejarah Nasional Indonesia Jilid III" karya Marwati Dojoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, dijelaskan bahwa letak kerajaan Demak berada di tepi laut utara pulau jawa, tepatnya di kampung Bintara (Bintaro). Lokasi kerajaan Demak tersebut saat ini merupakan bagian dari kota Demak di Provinsi Jawa Tengah.

Berikut ini gambar analisis letak geografis kerajaan Demak :

Letak Kerajaan Demak Secara Geografis

Awalnya letak ibukota kerajaan Demak atau pusat pemerintahannya berada di Bintara, namun di pindah pada masa raja selanjutnya yakni saat Sunan Prawoto (raja ke 4) berkuasa. Saat itu lokasi keraton di pindah ke Prawata, pada periode ini Demak dikenal dengan nama Demak Prawata (Prawoto).

Lokasi kerajaan Demak kemudian digeser lagi sepeninggal Sunan Prawoto, yakni terletak di Jipang. Berlangsung saat Arya Penangsang memerintah Kerajaan Demak. Pada saat ia berkuasa, kerajaan Demak telah mengalami kemunduran. Setelah dipindahkan, kerajaan Demak selanjutnya dikenal dengan nama Demak Jipang (dekat dengan Cepu).

Sejarah Singkat Kerajaan Demak

Kerajaan Demak berdiri pada akhir abad ke 15, tepat setelah kekuasaan Majapahit berakhir. Banyak wilayah kekuasaan Majapahit memisahkan diri, sementara Demak berada di utara pantai Jawa muncul sebagai wilayah yang mandiri. Letak geografis kerajaan Demak yang strategis membuatnya berkembang begitu pesat. Tercatat, Demak mengalami masa kejayaan pada abad ke 16. Saat itu, tidak ada satu pun kerajaan di Jawa yang dapat menandingi usaha Demak dalam memperluas wilayah kekuasaannya.

Kerajaan Demak berhasil menguasai beberapa pelabuhan dan pedalaman penting di nusantara saat Patih Unus menjadi raja. Saat mengalami masa keemasan, Demak merupakan kerajaan maritim besar yang dilengkapi armada laut kuat. Bahkan kedudukan Portugus di Malaka sempat diserang oleh armada laut Patih Unus.

Runtuhnya kerajaan Demak

Runtuhnya kerajaan Demak disebabkan oleh pemberontakan yang dilakukan oleh Adipati Pajang bernama Joko Tingkir atau nama resminya Hadiwijoyo. Pemberontakan ini berlangsung pada tahun 1554, mengakibatkan Arya Penangsang tewas oleh anak angkat Joko Tingkir bernama Sutawijaya.

Dengan terbunuhnya raja ke 5 Kerajaan Demak (Arya Penangsang) maka berakhirlah kekuasaan Kerajaan Demak. Joko Tingkir kemudian memindahkan kekuasaan Demak ke wilayah Pajang dan mendirikan kerajaan baru bernama Kerajaan Pajang.

Nah itulah sedikit informasi terkait dengan Letak Kerajaan Demak Secara Geografis . Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda.
Baca Juga :
  1. Rangkuman Sejarah Kerajaan Demak Lengkap
  2. Letak Kerajaan Sriwijaya
  3. Letak Kerajaan Kutai
  4. Letak Kerajaan Kediri
Share ke teman kamu:

Related : Letak Kerajaan Demak Secara Geografis