Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

11 Negara-Negara di Asia Tenggara beserta Keterangannya

Negara-Negara di Asia Tenggara - Coba kamu amati peta Asia Tenggara! Negara mana saja yang terletak di kawasan tersebut? Indonesia merupakan negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Dengan demikian, negara tetangga Indonesia adalah negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Letak kawasan Asia Tenggara dapat ditinjau dari 2 sisi, yaitu astronomis dan geografis. Apa yang dimaksud dengan letak astronomis dan letak geografis? Letak astronomis adalah letak suatu negara berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak geografis adalah letak suatu negara berdasarkan kenyataan letak di bumi.

Berdasarkan garis lintang dan garis bujur, Asia Tenggara terletak di antara 23o LU – 11o LS dan 92o BT – 141o BT. Secara geografis, Asia Tenggara berada di antara 3 benua dan 2 samudra. Benua yang terletak di sekeliling kawasan Asia Tenggara yaitu Benua Asia, Benua Australia, dan Benua Amerika. Samudra yang terletak di kawasan Asia Tenggara adalah Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Peta Asia Tenggara

Asia Tenggara berbatasan dengan India di sebelah barat dan Cina di sebelah utara. Wilayah ini terdiri dari sebagian kecil daratan utama Benua Asia. Di kawasan Asia Tenggara terdapat lebih dari 20.000 pulau. Pulau-pulau tersebut terbentang sepanjang Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Daratan utama Asia Tenggara berupa pegunungan. Daratan tersebut telah dihuni manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Penduduk Asia Tenggara memiliki beragam bahasa dan budaya.

Baca Juga :

Asia Tenggara memiliki iklim tropis. Di kawasan Asia tenggara berlaku 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Sejak abad ke-16 sampai abad ke-20, hampir semua bangsa di Asia Tenggara dijajah oleh bangsa Eropa, seperti Inggris, Prancis, Portugal, dan Belanda. Ada juga negara yang hancur dilanda perang saudara. Namun saat ini, beberapa negara telah tumbuh menjadi negara maju. Pertumbuhan ekonomi telah membawa kemakmuran di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.

Negara-Negara di Asia Tenggara

Negara mana saja yang terletak di kawasan Asia Tenggara? Coba kamu sebutkan! Negara-negara di kawasan Asia Tenggara terdiri dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Filipina, Timor Leste dan Brunei Darussalam. Negara-negara tersebut merupakan negara-negara tetangga Indonesia. Kesebelas negara tersebut juga tergabung dalam ASEAN (Association of South East Asian Nations) atau organisasi negara-negara di Asia Tenggara. Selain Indonesia, terdapat 2 negara tetangga yang tidak termasuk anggota ASEAN. Negara mana saja itu? Ya benar, ketiga negara tersebut adalah Papua Nugini, dan Australia. Selanjutnya mari kita bahas keadaan alam Indonesia dan negara-negara tetangga.

1. Indonesia

Bendera Indonesia Merah Putih
Indonesia merupakan negara kepulauan. Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan? Sebab negara kita terdiri dari banyak pulau baik besar maupun kecil. Tahukah kamu jumlah pulau di Indonesia? Lebih dari 17.504 pulau, banyak bukan? Pulau-pulau tersebut terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Letak dan luas wilayah
Secara astronomis, kepulauan Indonesia terletak pada 6oLU – 11oLS dan 95oBT – 141oBT. Adapun secara geografis, Kepulauan Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Batas wilayah Indonesia yaitu:
  • Sebelah utara: Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik.
  • Sebelah timur: Papua Nugini.
  • Sebelah selatan: Samudra Hindia.
  • Sebelah barat: Samudra Hindia.
Luas wilayah Indonesia mencapai 5.194.143 km2. Dua pertiga dari luas wilayah Indonesia berupa lautan.

Kenampakan alam
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Maka dari itu, negara kita sangat kaya dengan bentang alam. Sumber daya alam yang ada di Indonesia juga sangat melimpah. Kekayaan alam tersebut menjadi modal dasar dalam pembangunan di Indonesia. Untuk itu, hendaklah kita memanfaatkan kekayaan alam yang ada dengan sebaik-baiknya.

Banyak wilayah daratan Indonesia terbentuk dari aktivitas vulkanis. Hal ini ditandai dengan kenampakan pulau-pulaunya yang berbentuk pegunungan debu, lava, dan lumpur dari letusan gunung berapi yang menyuburkan tanah di sekitarnya. Oleh karena itu, sebagian besar penduduk Indonesia memanfaatkan lahan yang ada untuk pertanian dan perkebunan.

Rangkaian pegunungan di Indonesia membentang dari ujung Pulau Sumatra hingga ke ujung utara Pulau Sulawesi. Salah satu gunung terkenal di Indonesia adalah Gunung Anak Krakatau. Gunung ini terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Letusan maha dahsyat Gunung Krakatau terjadi pada tahun 1883. Letusan tersebut menghancurkan tiga per empat pulau gunung api tersebut dan menimbulkan gelombang tsunami yang menewaskan puluhan ribu orang. Setelah itu, muncul gunung baru yang kemudian disebut Gunung Anak Krakatau.

Indonesia terletak di kawasan khatulistiwa. Akibatnya, Indonesia memiliki iklim tropis. Perbedaan suhu amat kecil di tiap wilayah, kecuali di Puncak Jaya, Provinsi Papua. Puncak gunung tersebut diselimuti salju abadi. Puncak Jaya berada di daerah Pegunungan Sudirman. Curah hujan di berbagai wilayah Indonesia juga bervariasi. Tempat paling basah adalah pegunungan di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Papua. Curah hujan di tempat-tempat tersebut mencapai 3.000 mm per tahun. Adapun di wilayah dataran rendah menerima curah hujan antara 1.0600 – 2.200 mm per tahun.

Curah hujan yang tinggi menyebabkan banyak wilayah subur di Indonesia. Lebih dari 2.000 tahun penduduk kepulauan Indonesia bermata pencaharian di bidang agraris, terutama padi. Indonesia juga kaya akan flora dan fauna. Ribuan jenis tumbuhan dapat ditemukan di wilayah ini. Adapun jenis fauna di Indonesia dapat dibagi dalam 2 kelompok fauna utama dunia, yaitu fauna tipe Asia dan fauna tipe Australia. Fauna tipe Asia hidup di bagian utara dan barat. Contoh fauna tipe Asia adalah harimau dan gajah. Fauna tipe Australia hidup di Indonesia bagian timur, khususnya Papua. Di pulau-pulau terpencil juga ditemukan fauna unik. Contohnya komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Keadaan penduduk
Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2017 sekitar 261.142.385 jiwa. Terdapat lebih dari 300 suku bangsa di Indonesia. Sebagian besar penduduk menganut agama Islam. Agama lain yang berkembang adalah Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu.

Kegiatan ekonomi utama penduduk Indonesia adalah pertanian. Selain padi, pertanian penduduk juga menghasilkan jagung, singkong, kedelai, teh, dan karet. Kegiatan ekonomi lain adalah perikanan, peternakan, pertambangan, dan industri.

Berikut ini profil negara-negara lain di Asia Tenggara dan keterangannya, silahkan di baca juga dengan klik link-link aktif berikut ini :

7. Profil Negara Vietnam
8. Profil Negara Laos
9. Profil Negara Kamboja
10. Profil Negara Myanmar
11. Profil Negara Timor Leste

Sumber Referensi : 
  • Ilmu Pengetahuan Sosial : untuk SD / MI Kelas VI / penyusun, Sajimin Sarwanti Wulandari, Duwi Rahmadi ; editor, Wuryanto. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Share ke teman kamu:

Related : 11 Negara-Negara di Asia Tenggara beserta Keterangannya