Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Menhir dan Fungsinya

Apa sebenarnya pengertian Menhir? dan apa fungsi Menhir? Secara singkat, pengertian Menhir adalah sebuah batu tunggal berbentuk tugu berukuran besar, biasanya ditaruh diatas tanah dengan berdiri tegak. Sementara itu, asal kata "Menhir" berasal dari bahasa Keltik (rumpun Indo-Eropa) terdiri dari dua suku kata Men berarti batu dan Hir artinya Panjang, bisa disimpulkan bahwa Menhir merupakan batu panjang.

Pengertian Menhir

Menhir merupakan peninggalan kebudayaan zaman Neolitikum (6000 tahun SM), uniknya ada beberapa Menhir yang terdapat pola-pola hiasan (dipahat), jenis ini masuk dalam kategori Statue Menhir (Menhir Arca). Selain berdiri tunggal, ada Menhir yang berdiri secara berkelompok dan juga diletakkan secara terlentang tergantung dari tradisi masyarakatnya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Manusia Purba di Indonesia

Fungsi Menhir

Peninggalan sejarah berupa Menhir banyak ditemukan di Eropa, Afrika Barat, Timur Tengah, Korea, India dan Nusantara (Indonesia). Lalu apa fungsi menhir? Menhir berfungsi sebagai simbol sarana penyembahan arwah (roh) nenek moyang manusia zaman prasejarah (sebelum mengenal tulisan), jadi dapat kita simpulkan bahwa Menhir berfungsi sebagai monumen untuk keperluan religius (keagamaan) manusia jaman dahulu.

Contoh Menhir yang ditemukan di Indonesia

1. Menhir Berdiri Tegak
Pengertian Menhir dan Contohnya
Menhir Tegak Berjejer. Foto http://www.iqbalkautsar.com
Menhir berdiri tegak, berjejer secara berkelompok seperti pada gambar diatas dapat kalian lihat saat berkunjung ke Bori Kalimbung, Toraja Utara. Menhir tersebut dibuat dengan batu yang kemudian dipahat, fungsinya untuk menghormati pemuka adat dan keluarga bangsawan yang telah meninggal.

2. Menhir Terlentang
Menhir Terlentang di Gunung Kidul
Contoh Menhir Terlentang, Foto : https://situsbudaya.id
Menhir terlentang seperti gambar diatas berhasil ditemukan secara tidak sengaja di sekitar pemakaman Dusun Sokolima II, Gunung Kidul. Memiliki panjang 4 meter, berdiameter 1 m, ditemukan dalam kondisi terpendam.
Rekomendasi artikel untuk Anda, baca juga :
Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Menhir dan Fungsinya