Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Profil Negara Malaysia Lengkap dan Singkat

Profil Negara Malaysia Secara Singkat - Negeri Jiran Malaysia merupakan salah satu dari 11 Negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam organisasi ASEAN. Pada artikel kali ini kita akan membahas profil negara Malaysia secara rinci, singkat dan jelas. Malaysia adalah negara kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja. Raja Malaysia bergelar Yang Dipertoan Agong. Raja dipilih dari salah satu raja-raja negara bagian. Raja Malaysia bertindak sebagai kepala negara. Adapun kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Kota paling terkenal di Malaysia sekaligus tujuan utama turis asing untuk berlibur adalah Kuala Lumpur. Jika anda punya rencana liburan ke luar negeri, berikut ini rekomendasi tempat wisata di kota tersebut.


Peta Negara Malaysia

Letak dan luas wilayah Malaysia
Malaysia terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Malaysia bagian barat dan Malaysia bagian timur. Malaysia bagian barat terletak di Semenanjung Malaka, sedangkan Malaysia bagian timur terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Secara astronomis, Malaysia terletak pada 1o LU – 7o LU dan 100o BT – 119o BT. Adapun batas-batas wilayah Malaysia yaitu:
  • Sebelah utara: Thailand dan Laut Cina Selatan.
  • Sebelah timur: Laut Sulu.
  • Sebelah selatan: Pulau Kalimantan.
  • Sebelah barat: Selat Malaka.
Luas wilayah Malaysia mencapai 329.758 km2. Luas wilayah tersebut terbagi menjadi 13 negara bagian. Di bagian barat terbagi menjadi 11 negara bagian, terdiri dari Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, dan Trengganu. Bagian timur terdiri dari 2 negara bagian, yaitu Sabah dan Serawak.

Keadaan Alam Negara Malaysia
Daerah tengah Malaysia bagian barat berupa pegunungan. Puncak tertinggi dari pegunungan tersebut adalah Gunung Tahan. Di bagian selatan berupa dataran rendah yang kering. Di sebelah timur terdapat kawasan hutan yang tidak terlalu luas. Adapun di sebelah barat berupa lahan yang subur. Kenampakan alam Malaysia bagian timur terdiri atas daerah rawa pesisir pantai, daerah perbukitan, dan lembah berhutan lebat. Daerah pedalaman berupa pegunungan. Puncak tertinggi di daerah ini adalah Gunung Kinabalu.

Malaysia memiliki iklim tropis. Di Malaysia bagian barat, musim penghujan berlangsung dari bulan September sampai Desember. Adapun di bagian timur musim penghujan berlangsung dari bulan Oktober sampai Februari. Akibat dari iklim tropis, Malaysia memiliki keragaman hayati. Terdapat sekitar 8.000 tumbuhan berbunga. Di Malaysia bagian timur menjadi habitat populasi terbesar burung di dunia. Di negara bagian Serawak juga terdapat hutan hujan tropis terbesar dan tertua di dunia.

Kuala Lumpur City
Kuala Lumpur City. Pic By : LonelyPlanet

Profil Negara Malaysia

Keadaan Penduduk Negara Malaysia
Malaysia berpenduduk sekitar 30.949.962 jiwa. Sebagian besar penduduk adalah bangsa Melayu, sisanya adalah keturunan Cina, India, dan Eropa. Penduduk asli Malaysia dapat ditemui di Malaysia bagian timur. Penduduk asli Malaysia terdiri dari suku Iban, Bidayuh, dan Kadaza. Agama yang dianut sebagian besar penduduk Malaysia adalah Islam. Agama tersebut sekaligus menjadi agama resmi. Bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Melayu.

Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah pertanian. Hasil pertaniannya antara lain padi, teh, buah, tebu, kakao, kelapa sawit, dan karet. Karet menjadi komoditas ekspor andalan Malaysia. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Malaysia adalah industri, pertambangan, dan kehutanan. Hasil tambang Malaysia antara lain gas alam, bijih besi, timah, bauksit, tembaga, dan emas. Malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia.

Berikut ini rangkuman profil negara Malaysia secara singkat :
  • Kepala Negara : Yang di Pertuan Agoeng Muhammad V (Tuanku Muhammad Faris Poetra, sejak tanggal 13 Desember 2016.
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Federal
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri (sejak tanggal 3 April 2009 dipmpin oleh PM Moehamed Najib bin Abdul Najib Razak).
  • Ibukota Negara : Kuala Lumpur
  • Luas Wilayah : 329.847 km2
  • Bahasa Resmi : Malaysia
  • Jumlah Penduduk : 30.949.962 jiwa (pertumbuhan pert tahun 1,4%)
  • Agama : Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 ; Islam 61.32%, Budha 19.84%, Kristen 9,24%, Hindu 6,27 %, khonghucu taoisme 1,26% dan tidak beragama 0,71% dan sisanya 1,36%.
  • Hari Nasional (Kemerdekaan) : Tanggal 31 Agustus 1957
  • Mata Uang : RM Ringgit Malaysia
  • Pendapatan Perkapita : -/+ US$ 27.200
  • PDB (Produk Domestik Bruto) : US$ 863,8 miliar
  • Kode Telepon : 60
  • Kode Domain Internet : .my
Baca Juga Profil Negara di Asia Tenggara Lainnya berikut ini :
Sumber Referensi : 
  • Ilmu Pengetahuan Sosial : untuk SD / MI Kelas VI / penyusun, Sajimin Sarwanti Wulandari, Duwi Rahmadi ; editor, Wuryanto. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Share ke teman kamu:

Related : Profil Negara Malaysia Lengkap dan Singkat