Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Profil Negara Singapura Secara Singkat

Profil Negara Singapura Secara Singkat - Singapore adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang dikategorikan sebagai negara maju. Nama asli Singapura adalah Sing Kung Won Kok, Ibu kotanya Singapura, bentuk negara Republik (sama dengan Indonesia), kepala negara di pegang oleh Ratu Inggris, sementara kepala pemerintahannya dipimpin oleh Perdana Menteri.

Singapura City. Pic By : https://www.internationaltraveller.com
Fakta yang perlu kalian ketahui, Singapura merupakan negara terkecil di Asia Tenggara, namun paling maju. Berdasarkan sejarahnya, Sir Thomas Stamford Raffles adalah tokoh yang membangun Singapura pada tahun 1819. Awalnya, tujuan pembangunan digunakan untuk pelabuhan militer kerajaan Inggris sekaligus benteng pertahanan.

Namun pada perkembangan selanjutnya, setelah memisahkan diri dari negara Malaysia pada tahun 1965, Singapura menjadi negara maju dengan perkembangan yang begitu pesat. Pada zaman sekarang, Singapura merupakan pusat perdagangan dan pelabuhan besar di dunia serta tujuan utama wisatawan internasional. Hal mengagumkan lainnya, mata uang yang digunakan yakni Dolar Singapura merupakan mata uang terkuat ke 5 di dunia.

Letak dan Luas Wilayah Negara Singapura

Singapura terletak di ujung selatan Semenanjung Malaka. Secara astronomis, Singapura terletak pada 2o LU – 6o LU dan 95o LU – 98o BT. Singapura memiliki batas wilayah sebagai berikut:
  • Sebelah utara: Selat Johor.
  • Sebelah timur: Selat Karimata.
  • Sebelah selatan: Selat Singapura.
  • Sebelah barat: Selat Malaka.
Luas wilayah Singapura sekitar 660 km2. Terdiri dari pulau utama dan 60 pulau kecil lainnya di sekitarnya.

Kenampakan Alam di Singapura

Sebelum dibangun Raffles, Singapura merupakan hutan dan rawa. Hampir seluruh wilayah Singapura merupakan dataran rendah yang rata. Sebagian kecil lainnya merupakan bukit kecil. Beberapa sungai kecil juga mengalir di Pulau Singapura. Sungai-sungai tersebut antara lain Sungai Sembawang, Sungai Pong Siang, Sungai Mandai, dan Sungai Kallang. Daerah berbukit terdapat di bagian utara. Bukit di daerah tersebut adalah Bukit Timah dan Bukit Panjing. Bukit Timah merupakan bukit tertinggi, ketinggiannya mencapai 581 Meter.

Keadaan Penduduk Singapura

Jumlah penduduk Singapura sekitar 3.567.000 jiwa. Sebagian besar merupakan keturunan Cina. Sisanya adalah keturunan Melayu, India, Pakistan, Bangladesh, dan Eropa. Penduduk Singapura menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Namun banyak juga masyarakat yang menggunakan bahasa lain seperti Mandarin, Melayu dan Tamil. Beberapa agama juga berkembang di Singapura, seperti Kong Hu Chu, Tau, dan Buddha dianut keturunan Cina. Agama lain adalah Islam, Nasrani, dan Hindu.

Kegiatan ekonomi utama penduduk Singapura adalah perdagangan. Hal tersebut karena letak wilayah Singapura yang strategis. Singapura terletak pada jalur silang lalu lintas pelayaran negara-negara Asia Timur, Asia Barat, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia. Singapura juga berkembang sebagai negara industri. Industri Singapura menghasilkan alat listrik, elektronik, penyulingan minyak, dan bahan kimia. Kawasan industri terletak di Jurog, Loyang, dan Kranji.

Baca Juga Profil Negara di Asia Tenggara Lainnya berikut ini :
  1. Profil Negara Indonesia
  2. Profil Negara Malaysia
  3. Profil Negara Thailand
  4. Profil Negara Filipina
  5. Profil Negara Brunei Darussalam
  6. Profil Negara Vietnam
  7. Profil Negara Laos
  8. Profil Negara Kamboja
  9. Profil Negara Myanmar
  10. Profil Negara Timor Leste
  11. Profil Negara Papua Nugini
Sumber Referensi : 
  • Ilmu Pengetahuan Sosial : untuk SD / MI Kelas VI / penyusun, Sajimin Sarwanti Wulandari, Duwi Rahmadi ; editor, Wuryanto. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Share ke teman kamu:

Related : Profil Negara Singapura Secara Singkat