Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Tujuan ASEAN : Fungsi Dibentuk dan Didirikannya ASEAN

Tujuan ASEAN -  Didirikannya organisasi negara-negara di Asia Tenggara bernama ASEAN tentu memiliki fungsi dan kegunaannya. Lalu apa tujuan dibentuknya ASEAN (Association of Southheast Asia Nation?  Deklarasi Bangkok yang menandai terbentuknya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967 antara lain menyatakan keinginan negara-negara pendirinya untuk meletakkan landasan yang kokoh guna memajukan kerjasama regional di Asia Tenggara yang akan memberikan sumbangan bagi perdamaian, kemajuan dan kesejahteraan rakyat di kawasan ini. Dalam pelaksanaannya, kerjasama politik dan ekonomi menjadi dominan. Walaupun kerjasama tersebut sudah berlangsung hampir setengah abad, namun masih menghadapi berbagai hambatan.

Sebelumnya tujuan Asean dalam kerjasama politik tidak tercantum secara eksplisit dalam Deklarasi ASEAN, namun akibat perkembangan situasi regional maupun internasional, maka kerjasama politik menjadi prioritas utama. Berkat kerjasama politik tersebut tercipta lah stabilitas keamanan di Asia Tenggara, namun tidak berarti kerjasama politik tanpa hambatan. Adapun hambatan kerjasama politik disebabkan oleh sisa-sisa permasalahan akibat kolonialisme, terutama yang menyangkut perbatasan antar negara yang tidak jelas. Di samping itu, pandangan politik luar negeri yang berbeda-beda juga menjadi hambatan kerjasama regional tersebut.
Seperti halnya kerjasama politik, ternyata kerjasama ekonomi juga berhasil menciptakan stabilitas ekonomi anggotanya, bahkan dapat membuat ASEAN sebagai negara-negara yang ekonominya tumbuh dengan cepat, namun juga tidak berarti bahwa kerjasama tersebut tanpa hambatan. Hambatan kerjasama ekonomi, terutama disebabkan oleh perbedaan latar belakang sejarah, tingkat perkembangan ekonomi, struktur perekonomian, dan letak geografis yang sama. Akibat perbedaan-perbedaan tersebut, proses kerjasama ekonomi antar bangsa di Asia Tenggara belum seperti yang digariskan dalam tujuan ASEAN dirikan.

Secara singkat, tujuan dibentuknya ASEAN meliputi :
  • Meningkatkan kualitas Ilmu Pengertahuan diantara negara anggota.
  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial
  • Meningkatkan Stabilitas Regional dan Perdamaian dengan saling Menghormati tata tertib hukum di dalam hubungan antar negara di Asia Tenggara
  • Menjalin dan membina hubungan kerjasama yang efektif untuk meningkatkan hasil industri, pertanian, perbaikan sarana prasarana komunikasi dan pengangkutan, perluasan perdagangan, dan meningkatkan taraf hidup rakyat.
  • Tetap memelihara kerjasama antar organisasi-organisasi regional dan internasional, tapi dengan tujuan sama.
  • Kerjasama untuk kepentingan penelitian dalam bidang pendidikan, teknik, administrasi dan profesional.
Sejarah Singkat Berdirinya ASEAN

Perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara atau ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Muangthai (Thailand). Sedangkan negara-negara lain seperti Vietnam, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos dan Kamboja baru bergabung di kemudian hari.

Latar belakang lahirnya ASEAN terutama didorong oleh keadaan hubungan antarnegara dan kondisi politik Asia Tenggara saat itu. Karena itu keberadaan ASEAN diharapkan dapat mendamaikan antar negara di Asia Tenggara, seperti pertikaian teritorial dan batas negara, konflik etnis dan permusuhan yang memunculkan gerakan separatis, pemberontakan komunis, prasangka agama dan ketakutan negara kecil terhadap negara yang lebih besar.

Sebelum didirikannya ASEAN, di Asia Tenggara sudah ada organisasi-organisasi regional. Pada tahun 1954 telah muncul organisasi Pakta Asia Tenggara (SEATO), namun negara-negara yang terlibat baru Thailand dan Filipina. Pada tanggal 31 Juli 1961 lahir Asosiasi Asia Tenggara  (ASA) yang melibatkan Malaya, Muangthai, dan Filipina dalam rangka mendorong kerjasama ekonomi dan budaya.

Baca Juga : 


Demikian pembahasan mengenai Tujuan ASEAN : Fungsi Dibentuk dan Didirikannya ASEAN, semoga bermanfaat bagi kalian, terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Tujuan ASEAN : Fungsi Dibentuk dan Didirikannya ASEAN