Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Iklan Kolom

Artikel ini berisi informasi mengenai Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Iklan Kolom beserta gambarnya. Iklan kolom adalah salah satu jenis iklan berdasarkan ruangnya. Iklan kolom biasanya dimuat di surat kabar, terutama koran. Pengertian dan ciri-ciri iklan kolom tentu saja berbeda dengan Iklan Baris. Pada pembahasan sebelumnya terkait dengan iklan baris, disitu dijelaskan bahwa iklan baris adalah iklan singkat dalam sebuah kolom yang terdiri dari beberapa baris kata, terdapat singkatan kata untuk mempersingkat ruang iklan dalam kolom. Langsung saja tanpa basa basi, berikut penjelasan tentang iklan kolom, simak dengan cermat!

Pengertian Iklan Kolom

Pengertian iklan kolom adalah iklan yang bentuknya berdasarkan kolom, memuat informasi barang atau jasa dilengkapi dengan gambar sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Iklan kolom sering disebut juga dengan iklan display karena terdiri dari kata-kata dan foto (gambar ilustrasi). Selain penawaran barang dan jasa, ada juga iklan kolom yang berisi informasi pernikahan, ucapan terimakasih dan berita duka.

Ukuran iklan kolom lebih besar dari iklan baris, bahkan ada yang berukuran satu halaman koran. Semakin gambar dalam iklan kolom menarik, maka kesempatan dibaca oleh pembaca akan semakin lama dan senang melihatnya. Biaya pasang iklan kolom tergantung dari ukurannya, semakin besar kolom iklan maka akan semakin mahal, berbeda dengan iklan baris yang ditetapkan berdasarkan jumlah kata/baris.

Baca Juga : Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Ciri Ciri Iklan Kolom

Berikut ini 3 ciri-ciri iklan kolom yang perlu anda perhatikan dan pelajari sebelum membuatnya, antara lain :
  1. Berisi informasi berupa kata-kata singkat, beserta gambar ilustrasi.
  2. Ukuran iklan kolom lebih besar dari iklan baris, bahkan ukurannya satu halaman penuh di koran.
  3. Isi iklan kolom biasanya berisi penawaran barang dan jasa serta iklan pribadi, contohnya pernikahan, ucapan terimakasih dan berita duka cita.

Contoh Gambar Iklan Kolom

Contoh Gambar Iklan Kolom

Gambar diatas merupakan contoh iklan kolom berisi informasi penjualan mobil Toyota murah. Dijelaskan bahwa pengiklan menawarkan mobil New Alvanza baru dengan berbagai promo menarik seperti free hadiah tanpa undian. Selain itu, pembeli bisa mencicil pembayaran mobil tersebut dengan DP murah, sehingga angsuran pembayaran ringan. Selain membeli, ada opsi lain yakni penawaran tukar tambah. Informasi kemudian dilengkapi dengan nomer telefon yang dapat dihubungi.

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Iklan Kolom