Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Tujuan dan Hasil Konferensi Asia Afrika

Jelaskan apa tujuan dan hasil diselenggarakannya konferensi asia afrika merupakan topik pembahasan yang akan kita kupas pada artikel kali ini, setelah sebelumnya kita bahas mengenai latar belakangnya. Artikel ini merupakan lanjutan dari materi mengenai Latar Belakang Konferensi Asia Afrika (KAA), disitu dijelaskan bahwa penyebab pertemuan antara negara-negara di kawasan Asia dan Afrika adalah karena adanya 2 kekuatan besar yang mendominasi dunia pasca Perang Dunia II. Jika anda belum menyimak-nya, silahkan baca artikel tersebut terlebih dahulu sebelum lanjut baca isi artikel ini.

Tujuan dan Hasil Konferensi Asia Afrika

Konferensi tingkat tinggi Asia-Afrika atau lazim disebut dengan Konferensi Bandung dan KTT Asia Afrika pertama kali dilaksanakan di Bandung, tepatnya di Gedung Merdeka pada tanggal 18 April hingga tanggal 24 April 1955. Konferensi ini tentu memiliki tujuan bagi negara-negara yang ikut serta, khususnya Indonesia dan negara Asia-Afrika lainnya.

Tujuan Konferensi Asia Afrika

Tujuan konferensi asia afrika di bandung tahun 1955 adalah untuk menguatkan kerjasama disegala bidang dan persahabatan antara negara di benua Asia dan Afrika. Informasi lebih lanjut, berikut ini 4 tujuan KAA, antara lain :
  1. Menjalin hubungan persahabatan untuk kepentingan bersama negara-negara di Asia dan Afrika.
  2. Kerjasama yang dimaksud mencakup 3 bidang, ekonomi, sosial dan budaya.
  3. Memikirkan dan memecahkan permasalahan antara bangsa di Asia dan Afrika terkait masalah seperti diskriminasi ras, kedaulatan dan penjajajahan, karena negara di kedua benua ini pernah sama-sama dijajah.
  4. Negara di Asia Afrika berusaha ikut serta dalam perdamaian dunia, atau memperbesar perannya di dunia.
Tujuan konferensi Asia Afrika tersebut tidak terlepas dari masalah-masalah yang sedang bermunculan dan sedang hangat di dunia internasional. Diselenggarakannya KAA memberi arti penting bagi negara-negara yang ikut serta untuk mewujudkan rasa solidaritas antar bangsa.
Baca Juga :

Hasil Konferensi Asia Afrika

Hasil KAA (Konferensi Asia Afrika) di Bandung pada tahun 1955 yang berlangsung selama 6 hari menghasilkan 10 poin penting. Seperti : tidak melakukan intervensi persoalan dalam negeri negara lain, menghormati hak setiap bangsa, mengakui persamaan suku bangsa dan sama-sama pernah dijajah, memajukan kepentingan bersama, menghormati hukum internasional dan lain-lain.

10 hasil konferensi Asia Afrika dikenal dengan nama "Dasasila", berasal dari kata sedasa (sepuluh) dan sila (asas/prinsip) dalam bahasa jawa kerama. Jika beberapa hasil yang telah disebutkan kurang detail, kalian bisa baca lebih lengkap disini : 10 Isi Dasasila Bandung

Konferensi Asia afrika tentu memiliki manfaat bagi Indonesia, contoh manfaatnya seperti :
  1. Mendukung kegiatan diplomasi Indonesia di PPB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), khususnya masalah Irian Barat.
  2. Membantu Republik Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia.
  3. Manfaat kerjasama dalam segala bidang dengan negara-negara lain di Asia dan Afrika khususnya.
Konferensi ini kemudian dilakukan kembali pada tahun 2005 dan 2015 dengan tujuan dan hasil yang hampir sama, yakni menjalin hubungan kerjasama persahabatan antara negara-negara di kawasan Asia dan Afrika.

Rekomendasi artikel untuk Anda, baca :
Nah itu saja pembahasan pada kali ini, semoga artikel terkait dengan Tujuan dan Hasil Konferensi Asia Afrika bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel menarik lainnya, terimakasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Tujuan dan Hasil Konferensi Asia Afrika