Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Batas Negara Thailand Sebelah Barat, Timur, Utara dan Selatan

Batas Negara Thailand Lengkap - Thailand adalah salah satu negara berkembang di Asia Tenggara, memiliki julukan sebagai negeri Gajah Putih, banyak tempat menarik yang dapat anda kunjungi sebagai destinasi liburan di luar negeri bersama teman, keluarga maupun pasangan. Batas wilayah negara Thailand dibagi menjadi 4 yaitu sebelah barat, timur, utara dan selatan.

Berbeda dengan Indonesia yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh laut, Thailand sama sekali tidak berbatasan langsung dengan laut. Batas negara Thailand dikelilingi oleh negara-negara di Asean dan di sebelah selatan kota Bangkok terdapat teluk yang cukup luas. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya..

Batas Negara Thailand

Batas Negara Thailand

Luas negara Thailand yaitu sekitar 513.115 km2, kemudian seperti yang sudah disebutkan diatas, batas wilayah negara Thailand dibagi menjadi 4. Masing-masing batas akan disebutkan mana saja negara yang berbatasan langsung. Berikut ini keempat batas negara Thailand, meliputi :

1. Batas Negara Thailand Sebelah Barat
Batas negara Thailand di sebelah barat yaitu berbatasan langsung dengan negara Myanmar dan Samudra Hindia. Kemudian ada 3 Taman Nasional yang terletak tidak jauh dari negara Myanmar di sebelah barat, meliputi Khao Leam Natonal Park, Sai Yok National Park, dan Khlong Wang Chao National Park. Sementara itu, terdapat kota Mergui di Myanmar yang berbatasan langsung dengan Thailand sebelah barat.
2. Batas Negara Thailand Sebelah Timur
Kemudian batas negara Thailand di sebelah barat langsung berbatasan dengan 2 negara Asean yaitu Kamboja dan Laos. Provinsi di Thailand yang berbatasan langsung dengan wilayah negara Kamboja adalah Provinsi Sa Kaeo, Buriram, Sisaket dan Trat. Sementara itu, wilayah Thailand di sebelah timur yang berbatasan langsung dengan laos seperti Provinsi Loei, Sakon Nakhon dan Mukdahan.

3. Batas Negara Thailand Sebelah Utara
Selanjutnya batas negara Thailand di sebelah utara yaitu berbatasan dengan negara Laos dan Myanmar. Wilayah Laos yang langsung berbatasan dengan negara Thailand di sebelah utara yaitu Huay Xai, Xayaboury, Muang Ngeun dan Pak Beng. Sementara itu, wilayah Myanmar yang berbatasan langsung dengan batas negara Thailand sebelah utara adalah Mongton, Fachileik, Mong Hsat, dan Mongpan.

4. Batas Negara Thailand Sebelah Selatan
Terakhir, batas wilayah negara Thailand di sebelah selatan langsung berbatasan dengan negara Malaysia dan selat besar bernama Selat Siam atau Teluk Thailand. Wilayah Malaysia yang berbatasan langsung dengan Thailand bagian selatan yaitu Kuala Perlis, Bukit Kayu Hitam, Kelantan, Pangkalan Hulu dan Kedah.

Luas teluk Thailand sekitar 320.000 km2, kedalamannya rata-rata 45 meter, paling dalam sekitar 80 meter. Teluk ini dikelilingi oleh negara Thailand, Malaysia, Vietnam dan Kamboja. Lokasi teluk ini tidak jauh dari kota Bangkok, lebih tepatnya disebelah selatannya kota tersebut.
Artikel Terkait Negara Thailand :
Demikian pembahasan mengenai Batas Negara Thailand Sebelah Barat, Timur, Utara dan Selatan, semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Sekian, terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : Batas Negara Thailand Sebelah Barat, Timur, Utara dan Selatan