Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Letak Kerajaan Mataram Kuno (Hindu Buddha)

Letak Kerajaan Mataram Kuno - Kerajaan Medang atau disebut sebagai Mataram Kuno adalah salah satu kerajaan yang berdiri di Nusantara pada abad ke-8 Masehi. Sumber sejarah kerajaan Mataram Kuno berupa peninggalan yang berhasil ditemukan keberadaannya sangat banyak, baik itu berupa prasasti, candi bercorak Hindu maupun Budha, tersebar di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Ada 3 dinasti yang pernah berkuasa di Kerajaan Mataram Kuno, pertama Wangsa Sanjaya dengan menganut agama Hindu aliran Siwa. Kedua, Wangsa Sailendra yang beragama Buddha Mahayana. Kedua wangsa ini berkuasa saat Medang berada di Jawa Tengah. Kemudian ada satu lagi yaitu Wangsa Isyana, didirikan oleh Mpu Sindok. Dinasti ketiga ini dibentuk saat periode Kerajaan Mataram Kuno berada di Jawa Timur.
Rekomendasi Artikel : Rangkuman Sejarah Kerajaan Mataram Kuno
Kerajaan Mataram Kuno tentu saja berbeda dengan Kerajaan Mataram Islam yang berdiri pada abad ke 16. Dikutip dari Wikipedia, Mataram Kuno merupakan kerajaan bercorak Hindu Budha yang berdiri pada tahun 752 hingga 1045 Masehi. Dari penjelasan diatas, dapat kita analisis bahwa letak kerajaan Mataram Kuno berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berikut ini penjelasannya.

Letak Kerajaan Mataram Kuno


Dari gambar diatas, kita dapat mengetahui keberadaan letak kerajaan Mataram Kuno. Lokasi kerajaan ini dibagi menjadi dua periode, saat di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Periode pertama di Jawa Tengah berlangsung pada abad ke 8 hingga 10 M, saat Dinasti Sanjaya dan Syailendra berkuasa. Sementara di Jawa Timur saat Dinasti Isyana berkuasa. Tanda merah merupakan pusat kekuasaan atau ibu kota, titik hitam keberadaan situs penting, oranye tua ranah inti kerajaan dan oranye muda wilayah kekuasaan kerajaan Mataram Kuno.

Pusat Kerajaan Mataram Kuno Saat di Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan lokasi berdirinya Kerajaan Mataram Kuno, saat itu pusatnya diperkirakan berada di "Bhumi Mataram" atau lebih kita kenal dengan nama Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dalam prasasti Anjuk Landang dan Minto yang isinya memuat nama Bhumi Mataram.

Nama "Mataram" sebenarnya adalah salah satu dari pusat kerajaan Medang. Namun kerajaan ini lebih lazim disebut sebagai kerajaan Mataram (Hindu Buddha). Beberapa daerah yang pernah dijadikan sebagai pusat ibu kota kerajaan Mataram Kuno antara lain :
  1. Bhumi Matara (pada masa raja Sanjaya)
  2. Mamrati (saat dipimpin oleh Rakai Pikatan)
  3. Poh Pitu (pada masa Dyah Balitung)
  4. Bhumi Mataram (Dyah Wawa)
  5. Watugalih dan Tamwlang (masa Mpu Sindok)
  6. Wwatan (pada masa Dharmawangsa Teguh)
Baca Juga :

Alasan Perpindahan Kerajaan Mataram Kuno

Kenapa kerajaan Mataram Kuno berpindah dari wilayah Jawa Tengah pada periode pertama menuju ke Jawa Timur? Berdasarkan Teori Van Bammelen, alasan perpindahan kerajaan karena terjadi letusan Gunung Merapi yang sangat dahsyat. Letusan besar disertai gempa bumi dan hujan batu dan abu material vulkanik.

Dampak letusan mengakibatkan puncak Merapi hancur, lapisan tanah bergeser membentuk lipatan dan lempengan pegunungan Gendol serta Menoreh. Kerajaan Mataram Kuno kemudian berpindah ke wilayah Jawa Timur, dibawah Mpu Sindok ia mendirikan istana baru di wilayah Tamwlang.

Baca Juga :
Demikian pembahasan mengenai Letak Kerajaan Mataram Kuno (Hindu Buddha), semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebihnya penulis mohon maaf. Sekian, terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : Letak Kerajaan Mataram Kuno (Hindu Buddha)