Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

4 Manfaat Internet dalam Bidang Peternakan

Manfaat Internet dalam Bidang Peternakan - Di zaman canggih dan modern seperti sekarang ini, penggunaan jaringan internet sudah menyebar ke seluruh masyarakat di dunia. Khusus di Indonesia, manfaat internet betul-betul sangat dirasakan bagi berlangsungnya kehidupan masyarakat sehari-hari. Baik itu untuk keperluan hiburan, komunikasi, mencari informasi maupun berbisnis.
Manfaat Internet dalam Bidang Peternakan
Peternak Sapi Perah di Australia
Tidak hanya dibidang pertanian, perkebunan dan kelautan, ternyata manfaat internet dalam bidang peternakan juga dirasakan oleh masyarakat. Bagi peternak, adanya internet memudahkan mereka menjalankan bisnis usaha yang sedang ditekuni. Perkembangan bisnis ternak di Indonesia seharusnya telah memanfaatkan jaringan internet agar tidak ketinggalan jauh dengan peternak modern di negara-negara maju di dunia.

Contohnya Australia, dengan ternak sapinya yang begitu terkenal menggunakan teknologi modern dikombinasikan dengan pemanfaatan jaringan internet sebagai pendukung. Mereka menanamkan micro chip pada hewan ternak, berfungsi sebagai alat untuk melacak hewan saat berada di padang penggembalaan yang luas. Berikut ini beberapa manfaat internet dalam bidang peternakan yang harus anda ketahui.

Manfaat Internet dalam Bidang Peternakan

1. Sarana Promosi Murah
Ternak merupakan salah satu bisnis menjanjikan dengan prospek bagus, khususnya di Indonesia. Banyak sekali jenis hewan yang dapat di ternak, contohnya untuk keperluan konsumsi masyarakat seperti sapi, kambing, dan ayam. Salah satu manfaat jaringan internet dibidang peternakan adalah sebagai sarana promosi yang murah.

Anda bisa memanfaatkan internet untuk mempromosikan bisnis ternak yang tengah dijalani, bisa untuk mencari pelanggan, atau mencari mitra bisnis bertujuan mengembangkan dan memperbesar usaha ternak yang sedang dijalani. Promosi melalui internet sangat mudah, bisa menggunakan media sosial atau memanfaatkan sebuah website dan blog.

Jika memanfaatkan media sosial, tentu bisa dibilang lebih praktis dan mudah serta tanpa ribet. Bisa menggunakan akun media sosial pribadi anda seperti facebook, twitter, instagram dll. Atau memuat fanspage khusus terkait bisnis ternak yang dijalankan.

Jika menggunakan website tentu anda perlu mengeluarkan biaya, tapi tidak begitu banyak dibandingkan dengan keuntungan yang akan didapat. Jika mau gratis, buat saja blog gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com.

2. Menciptakan Brand atau Image 
Manfaat internet dalam bidang peternakan kedua yaitu dapat menciptakan brand mengenai usaha ternak yang sedang ditekuni. Caranya bagaimana? seperti yang sudah dijelaskan tadi, anda bisa menciptakan brand dengan membuat sebuah website atau blog. Isinya memperkenalkan bisnis anda, deskripsikan usaha ternak anda dan apa yang anda tawar / jual belikan. 

Website tersebut merupakan media perkenalan, sehingga pengunjung dapat mengenali bisnis anda melalui informasi yang tertera di dalamnya. Dengan terciptanya brand maka masyarakat akan semakin percaya, dan semakin tertarik mengetahui bisnis yang anda jalani.

3. Sumber Referensi dan Alat Komunikasi
Adanya internet mempermudah peternak mencari sumber informasi bisnis ternak yang akan atau sedang dijalani. Selain itu, manfaat internet dalam bidang peternakan lain yaitu dapat menjalin komunikasi dengan sesama peternak di seluruh Indonesia. Mereka bisanya saling bertukar informasi tips dan saran. Mencari informasi kepada orang yang lebih berpengalaman merupakan hal wajib yang kita lakukan sebelum menjalani bisnis apapun.

Internet juga mempermudah komunikasi peternak dengan pembeli, baik itu dalam hal transaksi, tawar menawar dalam jual beli. Sebagai sumber informasi pengetahuan, bisnis ternak apa yang sedang laku keras di pasaran dengan modal kecil tapi mudah dijalankan. Bisa juga sebagai tempat untuk mencari hewan yang akan dibeli untuk diternakkan kembali, tentu dengan harga lebih murah namun kualitas terbaik.

4. Melacak Hewan Ternak Melalui GPS
Nah, salah satu manfaat internet dibidang peternakan ini mungkin saja belum dilakukan di Indonesia. Diluar negeri, biasanya peternak memanfaatkan micro chip yang disisipkan kedalam tubuh hewan ternak yang di lepas di padang penggembalaan. Tujuannya untuk melacak keberadaan agar tidak hilang dan untuk mengetahui aktivitas hewan apakah sehat atau tidak, dilihat dari perilakunya. Micro chip tersebut dihubungkan ke GPS melalui jaringan internet, sehingga bisa mendeteksi keberadaan hewan ternak.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, terimakasih telah membaca artikel dengan judul 4 Manfaat Internet dalam Bidang Peternakan. Semoga bermanfaat bagi pembaca, dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.
Share ke teman kamu:

Related : 4 Manfaat Internet dalam Bidang Peternakan