Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

14 Manfaat Internet dalam Berbagai Bidang

Apa sebenarnya manfaat internet? interconnection networking atau singkatan dari internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan TCP IP, protokol pertukaran paket yang dihubungkan (internetworking), berfungsi untuk melayani jutaan bahkan miliaran penggunanya di dunia. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat internet secara umum, bagi pelajar (siswa), masyarakat dan berbagai bidang lainnya seperti pendidikan, ekonomi, pemerintahan, perbankan, bisnis, kesehatan, pariwisata, pertanian dan perdagangan.

Manfaat Internet
Fungsi dan manfaat penggunaan jaringan internet tentu sangat banyak bagi berbagai bidang kehidupan masyarakat, sehingga penggunanya dari tahun ke tahun semakin bertambah. Khususnya di Indonesia, manfaat internet tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat kelas atas dan kelas menengah, kelas bawah juga dapat memanfaatkannya, karena jaringan internet sendiri sudah tersebar menyeluruh sampai pelosok negeri.

Penggunanya pun tidak dibatasi umur dan status sosial, asalkan mempunyai akses internet maka semua orang bisa menjelajahi dunia maya dengan internet. Banyaknya smartphone canggih yang beredar di masyarakat menyebabkan pengguna internet melalui HP android semakin membludak, mengalahkan jumlah pengguna internet yang berasal PC (komputer). Manfaat internet tentu tidak hanya sekedar digunakan untuk mengakses berbagai media sosial yang perkembangannya tidak kalah pesat dari jumlah penggunanya.

Dikutip dari www.internetworldstats.com, pengguna internet di Indonesia ternyata berada di peringkat ke 5, setelah China, India, United States dan Brazil. Jumlah penggunanya kurang lebih sekitar 132 juta pada tahun 2017, dari total penduduk Indonesia mencapai 263,5 juta. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia juga sangat fantastis, dari tahun 2000 hingga 2017 meningkat sebesar 6.535%. Oke, langsung saja kita bahas fokus utama pada artikel kali ini. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat internet di berbagai bidang, khususnya di Indonesia.

Manfaat Internet Secara Umum

Berdasarkan informasi yang penulis dapat,  kurang lebihnya ada 4 manfaat internet secara umum bagi penggunanya. Manfaat yang dimaksud meliputi sebagai media komunikasi, hiburan, sumber informasi, menambah wawasan. Berikut penjelasannya.

1. Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi

Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi
Sebelum tahun 2000-an internet belum berkembang pesat di Indoneisa, media komunikasi yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk menghubungi teman, keluarga, sanak saudara yang jaraknya jauh adalah menggunakan surat, telepon dan sms biasa. Adanya telpon pun masih sangat sederhana, telepon genggam belum dilengkapi akses internet canggih seperti sekarang ini.

Namun setelah adanya internet, komunikasi menjadi semakin mudah. Masyarakat bisa memanfaatkan media sosial untuk sarana berkomunikasi. Banyak sekali medsos yang digunakan oleh pengguna internet hingga tahun 2018 saat ini, tidak bisa disebutkan satu persatu karena jumlahnya sangat banyak. Media sosial yang pertama muncul dan berhasil mendominasi pengguna internet tentu saja Facabook.

Kemudian ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk berkomunikasi seperti BBM, WA, Yahoo, Gmail dan lain sebagainya. Manfaat internet membuat komunikasi menjadi semakin mudah, cepat dan simpel. Tidak hanya komunikasi lewat text, dan suara, di zaman sekarang bisa memanfaatkan internet untuk video call. Sehingga bisa melihat wajah orang yang sedang kita hubungi walau berada di jarak jauh, baik itu antar kota, provinsi, pulau bahkan antar negara sekalipun.

2. Manfaat Internet Sebagai Media Hiburan

Manfaat Internet Sebagai Media Hiburan
Manfaat internet secara umum kedua adalah sebagai tempat untuk mencari hiburan yang menyenangkan, sehingga stres dan lelah setelah menjalankan aktivitas baik pekerjaan atau yang lainnya bisa hilang. Di internet kita bisa mencari berbagai macam hiburan, seperti menonton film dan video tanpa harus pergi ke bioskop, bermain game online tanpa harus pergi ke rentalan game, menonton tv tanpa harus punya tv, mendengarkan atau mendownload lagu-lagu kesukaan tanpa harus beli kaset dan menonton konser secara langsung.

Banyak sekali manfaatnya, pilihlah hiburan yang positif, karena di internet juga terdapat banyak sekali hiburan negatif yang beredar bebas bisa diakses. Jika mempunyai anak, awasilah anak-anak kalian, jangan sampai mereka mengakses hiburan negatif yang dapat merusak masa depan mereka.

3. Manfaat Internet Sebagai Sumber Informasi

Manfaat Internet Sebagai Sumber Informasi
Manfaat internet sebagai sumber informasi artinya internet digunakan oleh penggunanya untuk mencari informasi yang sedang dibutuhkan, dicari atau diperlukan. Di zaman sekarang, sumber informasi tidak hanya bisa kita peroleh dari tv, radio, koran dan media cetak lainnya. Informasi update (terbaru) dari internet bisanya muncul lebih cepat dari pada informasi yang disediakan di media yang sudah disebutkan tersebut.

Kemudian untuk mencari informasi lama (jaman dahulu), tentu sangat sulit dicari di media-media tersebut. Anda bisa menemukan informasi jadul salah satunya di Internet, karena informasi yang sudah disebarluaskan tidak akan hangus atau hilang begitu saja tanpa ada sebab dan akibatnya. Beberapa media informasi online besar di Indonesia sebut saja seperti Tribunews, Detik, IDN Times, Kompas, Liputan6, dan Okezone.

4. Manfaat Internet Untuk Menambah Wawasan

Manfaat Internet Untuk Menambah Wawasan
Manfaat internet secara umum keempat adalah sebagai sarana untuk menambah wawasan atau ilmu pengetahuan. Internet menyediakan berbagai macam ilmu pengetahuan, bisa anda temukan di mesin pencarian online atau situs-situs penyedia lain seperti perpustakaan online, penyedia bacaan buku online (e-book), berbagai jurnal online secara resmi luar maupun dalam negeri, artikel dari dosen-dosen maupun para ahli di bidangnya yang di upload di internet dan lain sebagainya.

Manfaat penggunaan jaringan internet untuk menambah ilmu pengetahuan, bisa dibilang sangat mudah, praktis dan cepat. Kita tidak perlu pergi kemana-mana, cukup duduk dirumah sambil minum segelas kopi hangat kemudian mencari-cari informasi yang kita perlukan. Kembali lagi pada kita, apakah ingin mencari informasi yang gratis atau berbayar, karena semuanya tersedia di internet. 

Manfaat Internet Bagi Pelajar

Manfaat Internet Bagi Pelajar
Manfaat internet bagi pelajar atau siswa tentu sangat banyak, khususnya saat mereka berada di lingkup sekolah. Adanya kurikulum baru K2013 membuat peran internet menjadi semakin penting di dunia pendidikan, khususnya bagi siswa. Berikut ini beberapa manfaat internet bagi pelajar atau siswa, antara lain :
  1. Tempat untuk mencari jawaban atas tugas mata pelajaran di sekolah yang diberikan oleh guru. Terkadang memang ada sebagian guru yang menyuruh siswanya untuk mencari jawaban di internet, baik saat mengerjakan PR atau saat tugas di dalam kelas.
  2. Sebagai perantara tempat untuk mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Pasti kalian pernah mengalami ini, guru memberikan tugas lalu meminta kita untuk mengumpulkannya lewat Facebook, Email atau yang lainnya.
  3. Sebagai sumber tambahan pelajaran jika dirasa sumber utama dari buku kurang, intinya sebagai sumber belajar. Berdasarkan pengalaman pribadi di SMA, pada awal pembelajaran guru sering menyuruh kita untuk mencari jawaban atas soal yang diberikan melalui internet, karena dirasa sumber dari buku kurang. Selain itu, di internet juga terdapat sumber belajar yang lebih bervariasi seperti video dan gambar.
  4. Sarana tempat untuk mencari beasiswa, khususnya bagi calon mahasiswa atau SMA kelas 3 yang akan melanjutkan kuliah. Internet juga dimanfaatkan sebagai media pendaftaran masuk bagi siswa, mulai dari jenjang pendidikan SMP, SMA, dan Kuliah.
  5. Manfaat internet untuk pelajar kelima yaitu memudahkan komunikasi antar siswa maupun guru saat di sekolahan.

Manfaat Internet Bagi Masyarakat

Manfaat Internet Bagi Masyarakat
Manfaat penggunaan internet bagi masyarakat yaitu dapat mengubah cara hidup menjadi lebih baik, praktis dan cepat. Sebagian besar manfaat internet bagi masyarakat sudah disebutkan diatas, terkait manfaat secara umum. Berikut ini rangkuman singkatnya, meliputi :
  • Sebagai media untuk mengeluarkan pendapat.
  • Sebagai media untuk menulis.
  • Sarana untuk bersosialisasi dengan orang lain.
  • Sarana untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
  • Tempat untuk mencari informasi terbaru atau jadul.
  • Sarana mencari hiburan disaat stres dan lelah melanda.
  • Sarana berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh.
Manfaat internet bagi masyarakat juga dirasakan dalam berbagai bidang kehidupan seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan, pemerintahan, perdagangan, bisnis, pariwisata, pertanian, dan perbankan. Semua informasi tersebut akan kita kupas tuntas pada sub tema berikut ini.

Manfaat Internet di Berbagai Bidang

Lelah membacanya? diseruput dulu kopinya. hehe, berikut ini beberapa manfaat internet dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat yang telah penulis rangkum. Simak selengkapnya.

1. Manfaat Internet Dibidang Pendidikan

Manfaat Internet dibidang Pendidikan
Manfaat internet dibidang pendidikan mencakup banyak aspek sebenarnya, meliputi pemerintah (yang mengeluarkan kebijakan pendidikan), sekolah, guru dan siswa. Jika manfaat internet bagi siswa diatas kurang, berikut ini juga ada beberapa manfaat bagi siswa. Langsung saja, berikut ini rangkuman manfaat internet bagi bidang pendidikan, antara lain :
  • Sarana untuk Mensosialisasikan Kurikulum Baru : Manfaat internet dibidang pendidikan pertama adalah ikut mensosialisasikan kurikulum baru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga mempermudah guru pada khususnya untuk mempelajari dan merealisasikan kurikulum baru yang berlaku.
  • Menyediakan berbagai Fasilitas Multimedia : Di Internet terdapat banyak sekali gambar dan video yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, khususnya sangat bermanfaat bagi guru dan siswa.
  • Sumber Belajar Tambahan : Dengan adanya berbagai macam ilmu pengetahuan yang tersedia di Internet, tentu sangat bermanfaat apabila guru memanfaatkannya untuk tambahan sebagai materi ajar, jika dirasa sumber utama buku dirasa kurang lengkap.
  • Mempermudah Penguasaan Bahasa Asing, khususnya bagi siswa dan guru.
  • Menyediakan berbagai metode pengajaran yang dapat dipraktekkan di kelas oleh guru.
  • Mempermudah Pencarian Referensi.
  • Menyediakan berbagai Sumber Informasi Gratis.
  • Mendorong kreativitas dan Kemandirian.
Manfaat internet diharapkan dapat memajukan bidang pendidikan, dari yang semula dirasa agak terbelakang, menjadi lebih modern. Contohnya sudah banyak tersedia fasilitas internet yang disediakan di sekolah yang dapat digunakan baik untuk guru maupun siswa. Sehingga pembelajaran lebih mudah dijalani, siswa pun mudah untuk mengikuti alur pendidikan di zaman modern ini.

Yang tidak diharapkan adalah adanya internet malahan mengakibatkan pendidikan kita tergantung kepada internet, seolah-olah tanpa internet pendidikan tidak bisa berjalan. Dampak buruknya terhadap siswa, yakni pelajar menjadi ketergantungan terhadap internet, sampai-sampai saat ujian berlangsung mereka memanfaatkan internet dengan jalan pintas untuk mencari jawaban soal yang dirasa sulit untuk dikerjakan.

2. Manfaat Internet di Bidang Ekonomi

Manfaat Internet di Bidang Ekonomi
Manfaat internet dalam bidang ekonomi memiliki pengaruh terhadap perkembangan bisnis usaha dan perdagangan di Indonesia. Kombinasi antara internet dan ekonomi kemudian memunculkan beberapa toko online, jual beli online, dll. Aktivitas yang dilakukan produsen untuk menawarkan barang dan konsumen membeli barang serta tawar menawar dan transaksi dilakukan dengan memanfaatkan internet. Berikut ini manfaat internet di bidang ekonomi secara singkat, meliputi :
  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia, pada umumnya.
  • Mempermudah transaksi jual beli bagi produsen dan konsumen, pada khususnya.
  • Jangkauan kegiatan ekonomi semakin luas.
  • Ide-ide dan peluang usaha kreatif inovatif bisa dibuat dengan mencari inspirasi di internet.
  • Memudahkan pebisnis muda untuk mempelajari pengetahuan ekonomi.
  • Dapat mengembangkan bisnis UKM dan UMKM.
Jika kurang lengkap, pada sub pembahasan berikut ini dibahas juga terkait dengan manfaat internet dibidang bisnis dan perdagangan.

3. Manfaat Internet di Bidang Pemerintahan

Manfaat Internet di Bidang Pemerintahan
Manfaat internet tidak hanya dapat dirasakan oleh masyarakat, individu, kelompok, organisasi dan perusahaan. Penggunaan jaringan internet juga bermanfaat bagi jalannya tugas-tugas dalam pemerintahan, baik itu dari tingkat bawah sampai ke pusat. Berikut ini 10 manfaat internet di bidang pemerintahan, meliputi :
  1. Mempermudah sistem administrasi pemerintahan
  2. Sebagai media informasi resmi
  3. Digunakan sebagai tempat penyampaian aspirasi rakyat
  4. Dapat menjadi media sosialisasi bagi pemerintah
  5. Mendukung keterbukaan informasi
  6. Menjadi media promosi bagi pemerintah
  7. Koordinasi kegiatan dalam pemerintah menjadi lebih mudah
  8. Media untuk mengundang partisipasi masyarakat
  9. Menghemat biaya operasional
  10. Mempermudah pelayanan publik
Dari sepuluh manfaat internet di bidang pemerintahan tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya internet tentu membantu mempermudah jalanya pemerintahan, masyarakat menjadi lebih mudah untuk mengakses pelayanan yang disediakan dan tentu lebih mempercepat dan meringankan biaya yang dikeluarkan.

4. Manfaat Internet di Bidang Perbankan

Manfaat Internet di Bidang Perbankan
Manfaat internet di bidang perbankan yaitu memunculkan ide pelayanan bank dengan cara tradisional tatap muka menjadi melalui sebuah website, lazim disebut dengan "Internet Banking". Beberapa bank besar di Indonesia tentu sudah menerapkan teknologi internet ini dalam menjalankan kegiatan transaksinya. Berikut ini 5 manfaat internet banking :
  1. Kenyamanan Nasabah untuk melakukan transaksi 24 jam, melalui komputer dengan akses internet.
  2. Keamanan Nasabah, Internet Banking menyediakan beberapa jenis keamanan rekening nasabah, contohnya seperti mencegah akses ke akun setelah gagal dalam login.
  3. Nasabah dapat dengan mudah mengecek uang mereka setiap hari, setiap saat.
  4. Pengguna Internet Bangking juga bisa menghubungkan rekening mereka ke rekening diluar seperti tabungan pensiun dan pasar uang.
  5. Nasabah/pelanggan dapat melakukan transaksi real on 24 jam melalui kartu debit yang terhubung ke rekening bank.

5. Manfaat Internet di Bidang Bisnis dan Perdagangan

Manfaat Internet di Bidang Bisnis dan Perdagangan
Tanpa basa basi dan panjang lebar, berikut ini manfaat internet di bidang bisnis secara singkat, yaitu :
  1. Analisis produk dan pasar, internet bisa dijadikan sebagai tempat riset pemasaran.
  2. Tepat riset atau mencari peluang usaha baru yang kreatif dan inovatif
  3. Dapat berkomunikasi secara cepat dengan rekan bisnis atau klien.
  4. Sarana pengiriman dokumen untuk keperluan bisnis dengan biaya gratis.
  5. Sebagai tempat untuk mengakses dan menyebarkan informasi.
  6. Tempat mencari inspirasi, nasehat dan bantuan kepada pakar bisnis.
  7. Manfaat internet untuk mendapatkan pelanggan atau klien.
Manfaat internet dibidang perdagangan :
  1. Memperluas jangkauan pasar, sifatnya tidak terbatas.
  2. Sebagai media tempat untuk melakukan promosi.
  3. Mempermudah transakasi antara produsen dan konsumen.
  4. Menghewat waktu, dan dapat dilakukan kapan saja.
  5. Tempat sarana untuk memasang iklan.
  6. Menciptakan Peluang Bisnis Internasional.
  7. Manfaat internet dapat mengurangi biaya pengeluaran kantor.
  8. Adanya internet membuat seorang pengusaha tidak perlu membutuhkan bayak kantor sebagai tempat distribusi.

6. Manfaat Internet di Bidang Kesehatan

Manfaat Internet di Bidang Kesehatan
Ada beberapa manfaat internet bagi dunia kesehatan yang perlu kalian ketahui. Berikut ini rangkuman analisis manfaat internet dibidang kesehatan atau kedokteran, meliputi :
  • Mempermudah masyarakat dalam mengetahui informasi tentang berbagai macam penyakit.
  • Kemudian mencari informasi obat yang dibutuhkan.
  • Memudahkan masyarakat dalam mengetahui cara mencegah penyakit.
  • Tempat mencari informasi cara hidup sehat.
  • Sebagai pusat informasi kesehatan secara online.
  • Salah satu cara untuk pendaftaran pasien dengan online.
Selain manfaat penggunaan internet dibidang kesehatan diatas, ada beberapa kegunaan lain seperti penggunaan teknologi informasi komputer yang dapat membantu dunia kesehatan, baik itu untuk administrasi atau penelitian obat-obatan.

7. Manfaat Internet di Bidang Pariwisata

Manfaat Internet di Bidang Pariwisata
Penggunaan jaringan internet ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis pariwisata, khususnya di Indonesia. Salah satu manfaat internet di bidang pariwisata adalah mudahnya masyarakat Indonesia dan luar negeri mengenal berbagai tempat wisata di seluruh pelosok negeri. Mereka mengenal berkat adanya berbagai macam promosi wisata, sehingga kesempatan Indonesia memperoleh devisa dari turis asing semakin besar. Berikut ini manfaat internet dalam bidang pariwisata lainnya, meliputi :
  • Mempermudah pencarian lokasi wisata di Indonesia.
  • Mempermudah wisawatan mencari dan memesan hotel.
  • Internet menyediakan ruang iklan murah.
  • Mengenalkan berbagai tempat wisata di Indoensia.
  • Sebagai tempat promosi wisata yang mudah.
  • Menyediakan fasilitas penerjemah online untuk keperluan wisata.
  • Meningkatkan popularitas sebuah tempat wisata, khususnya melalui medsos.

8. Manfaat Internet di Bidang Pertanian

Manfaat Internet di Bidang Pertanian
Ada 3 manfaat internet di bidang pertanian yang wajib kalian ketahui. Pertama, manfaat internet sebagai saran untuk mencari informasi terkait pengetahuan pertanian dan komunikasi dengan petani lain. Dengan menggunakan internet, petani dapat mencari informasi jenis-jenis tanaman, kemudian mencari informasi tanaman apa yang laku di pasaran, tips-tips menanam tanaman tertentu dan tidak luput berkomunikasi dengan petani lain, yang lebih berpengalaman tentunya.

Manfaat kedua yaitu membeli bahan pertanian, seperti bibit, pupuk dan peralatan bertani. Di zaman sekarang, tentu banyak penjual yang menyediakan kebutuhan bertani tersebut di internet. Baik itu di situs jual beli besar seperti bukalapak, tokopedia, atau di media sosial seperti facebook dan instagram. Dengan mencari di internet, petani dapat memilih berbagai pilihan dengan variasi harga lebih murah tentunya.

Manfaat internet di bidang pertanian ketiga yaitu sebagai tempat untuk menjual hasil pertanian. Tidak hanya menjual hasil pertanian secara langsung di pasar, petani bisa menjual hasil pertanian mereka melalui internet. Jangkauan pasar tentu lebih luas, pemasarannya ada yang gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, tinggal bagaimana cara anda akan memasarkannya.

Baca Juga :
1. Manfaat Internet di Bidang Peternakan
2. Manfaat Internet di Bidang Pemerintahan
Terima kasih telah membaca artikel berjudul Manfaat Internet Secara Umum Bagi Pelajar, Pendidikan dan Berbagai Bidang, semoga bermanfaat bagi anda. Jika menarik, silahkan di share dan jangan lupa baca artikel lainnya.
Share ke teman kamu:

Related : 14 Manfaat Internet dalam Berbagai Bidang