Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Iklim di Negara Brunei Darussalam

Iklim Brunei Darussalam - Negara dengan luas yang tidak terlalu besar atau bisa dibilang kecil ini berbatasan langsung dengan Laut China Selatan dan Malaysia. Perbatasan antara Brunei dan Malaysia sepanjang 266 km. Ibukota Brunei Darussalam yaitu Bandar Seri Begawan, sementara itu bahasa resmi yang digunakan adalah Melayu. Fakta menarik yang perlu anda ketahui : "Brunei Darussalam merupakan negara dengan luas daratan terkecil kedua di Asia Tenggara setelah Singapura".

Lalu bagaimana keadaan iklim di negara Brunei Darussalam? Secara umum, iklim di Brunei Darussalam sama dengan iklim di Malaysia maupun di Indonesia (terutama di Kalimantan), karena negara ini juga berlokasi di Pulau dengan julukan Borneo. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas secara detail keadaan alam dan iklim di Brunei Darussalam. Berikut ini penjelasannya..

Iklim di Negara Brunei Darussalam

Iklim Brunei Darussalam

Ada dua iklim di Brunei Darussalam yaitu Tropis Khatulistiwa dan Subtropis Basah. Terdapat dua musim yakni musim kemarau dan hujan. Saat sedang terjadi musim kemarau, suhu disana sangat panas, bisa mencapai 24 hingga 36 °C. Kemudian saat subtropis basah atau musim hujan suhu disana sangat hangat, mencapai sekitar 20 hingga 28 °C.

Baca Juga :
1. Keadaan Alam Brunei Darussalam
2. Suku Bangsa di Brunei Darussalam

Iklim di negara Brunei Darussalam tersebut tidak terlepas dari letak dan keadaan alamnya. Sebagian besar daerahnya merupakan dataran pantai dan pegunungan (disebelah timur). Sementara itu, disebelah barat terdapat perbukitan dataran rendah. Tercatat titik terendah negara Brunei Darussalam adalah di permukaan laut, kemudian titik tertinggi berada di bukit Pagon dengan tinggi mencapai 1.850 mdpl.

Iklim Brunei Darussalam

Untuk lebih jelasnya, berikut ini detail iklim di distrik yang ada di Brunei Darussalam. Semak selengkapnya :

1. Distrik Temburong 
Daerah ini beriklim Subtropis Basah, suhu di bagian selatan lebih tinggi, kemudian bagian utara tropis lembab karena wilayah ini berada di pesisir dan dataran rendah.

2. Distrik Bandar Seri Begawan dan Brunei Muara
Daerah ini juga memiliki iklim Subtropis Basah di Pusat Kota, sementara tropis basah di dataran rendah dan pesisir bagian utara. Suhunya mencapai sekitar 20 hingga 36 °C.

3. Distrik Belait
Daerah ini beriklim tropis, dibagian selatan suhunya sedikit hangat dibandingkan sebelah utara yang panas. Suhu di wilayah ini mencapai sekitar 25 hingga 37 °C.

4. Distrik Tutong
Wilayah ini juga memiliki iklim tropis, sebelah utara panas dan selatan lebih hangat. Suhunya mencapai 22 hingga 32 °C.

Artikel Terkait :
1. Jumlah Penduduk Brunei Darussalam
2. Mata Pencaharian Penduduk Brunei
3. Agama Resmi di Brunei Darussalam

Itulah informasi mengenai Iklim di Negara Brunei Darussalam, semoga bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Jangan lupa baca artikel menarik mengenai negara Brunei. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : Iklim di Negara Brunei Darussalam