Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Iklim di Negara Kamboja

Iklim di Negara Kamboja - Kerajaan Kamboja merupakan salah satu negara di Asia Tenggara berbentuk monarki konstitusional. Berdasarkan sejarah, wilayah yang didudukinya saat ini adalah bekas kerajaan Khmer yang pernah berkuasa di seluruh Semenanjung Indochina. Negara Kamboja memiliki total luas sekitar 332.698 km2, berbatasan langsung dengan Laos di sebelah barat laut, China di utara dan Laut China Selatan di sebelah timurnya.

Kondisi iklim negara Kamboja tentu berkaitan letaknya yang berada di Benua Asia, lebih tepatnya di Asia Tenggara. Iklim di negara ini mungkin saja sama dengan negara-negara tetangganya yang sudah disebutkan diatas. Fakta menarik "Nama Kamboja digunakan sebagai salah satu bunga yang biasanya berada di tempat pemakaman umum". Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan iklim Kamboja berikut ini.
Iklim di Negara Kamboja

Iklim di Negara Kamboja

Iklim di negara Kamboja yaitu tropis, rata-rata suhunya berkisar antara 21 hingga 35 °C. Terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Musim hujan terjadi pada bulan Mei sampai Oktober, saat hujan suhu rata-ratanya mencapai sekitar 22 °C. Sementara itu, musim kemarau berlangsung di bulan April November hingga April, suhu rata-ratanya 40 °C.

Saat musim hujan, di negara Kamboja rawan akan bencana banjir. Perlu anda ketahui, bencana banjir besar pernah terjadi pada tahun 2001 dan 2002. Salah satu penyebab dan masih menjadi masalah serius bagi negara ini adalah kasus penebangan hutan liar yang masih terus terjadi hingga sekarang. Hal tersebut tidak terlepas dari wilayah daratan tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan perairannya.


Penebangan hutan ilegal juga dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Kerugian lain seperti punahnya beberapa habitat burung dan reptil yang terdapat di hutan-hutan di Kamboja. Fakta menariknya sungguh mencengangkan, yakni pada tahun 1969 70% wilayah Kamboja adalah hutan dan pada tahun 2007 hanya tersisa 3,1% saja.
Kesimpulan :Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa iklim di negara Kamboja adalah Tropis, sama seperti negara-negara di Asia Tenggara. Terdapat dua musim, hujan terjadi pada bulan Mei-Oktober dan kemarau pada November hingga April.
Artikel Terkait :
Demikian pembahasan singkat mengenai keadaan Iklim di Negara Kamboja. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semuanya. Kurang lebih kami mohon maaf dan jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Sekian, terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : Iklim di Negara Kamboja