Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Mata Pencaharian dan Bahasa Brunei Darussalam

Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai mata pencaharian dan bahasa penduduk Brunei Darussalam secara lengkap. Artikel kali ini merupakan lanjutan materi tentang profil negara Brunei. Sebelumnya kita telah membahas beberapa materi terkait negara tersebut, jika anda belum membacanya silahkan baca artikel serupa di menu pencarian atau di kategori khusus (geser kebawah).

Mata pencaharian penduduk Brunei Darussalam tentu hampir mirip-mirip di Indonesia dan Malaysia, karena kedua negara tersebut saling berdekatan. Iklim, penduduk dan keadaan alam pun hampir mirip. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah mayoritas penduduk Brunei Darussalam berprofesi sebagai apa? Demikian juga dengan bahasa, Indonesia, Malaysia dan Brunei sering disebut sebagai negara serumpun, maka tidak jauh berbeda diantara ketiganya.

Baca Juga : Agama Resmi Negara Brunei Darussalam
Bahasa Penduduk Brunei Darussalam

Bahasa Brunei Darussalam

Berdasarkan informasi yang penulis dapat, mata pencaharian masyarakat di negara Brunei Darussalam adalah sebagai petani (bercocok tanam), nelayan, dan bertambang. Kenapa tambang? karena negara ini memiliki begitu banyak sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas alam. Sebagai negara kecil berdasarkan wilayah dan jumlah manusianya, namun negara ini kaya raya karena penghasilan ekonomi di bidang tersebut.

Baca : Sumber Daya Alam dan Hasil Tambang Brunei Darussalam

Kemudian bahasa Brunei Darussalam, di negara ini bahasa resminya adalah Melayu. Sementara itu, ada beberapa bahasa lain yang digunakan untuk berkomunikasi yakni Tionghoa. Penduduk Brunei juga fasih berbahasa Inggris. Jika anda berniat untuk mempelajari bahasa Melayu, berikut ini akan kami sebutkan beberapa contoh bahasa Melayu, meliputi :
  • Esok : Besok
  • Pukul : Jam
  • Bising : Berisik
  • Bila : Kapan
  • Sejuk : Dingin
Itulah beberapa contoh bahasa Brunei Darussalam. Jika anda berniat mempelajari lebih dalam, manfaatkan saja google translate atau membeli kamus lengkap Bahasa Melayu-Indonesia. Mempelajari bahasa Melayu penting bagi Anda yang akan menetap disana dalam kurun waktu yang cukup lama, baik itu bekerja di sana atau kepentingan study.

Bahasa Melayu Brunei mirip dengan bahasa Melayu Malaysia. Bahasa Melayu juga bisa dibilang agak mirip dengan bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu bangsa. Apabila Anda mempelajari bahasa Melayu, tentu tidak sesulit mempelajari bahasa seperti Inggris dan bahasa asing lainnya.
Kesimpulan :Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa mata pencaharian mayoritas penduduk Brunei Darussalam adalah bekerja dalam bidang pertambangan. Kemudian bahasa resmi yang digunakan adalah Melayu.
Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai Mata Pencaharian dan Bahasa Penduduk Brunei Darussalam, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebih penulis mohon maaf. Sekian, terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : Mata Pencaharian dan Bahasa Brunei Darussalam