Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Tujuan Organisasi Muhammadiyah

Apa sebenarnya tujuan didirikannya organisasi Muhammadiyah? Muhammadiyah adalah salah satu organisasi masyarakat Islam di Indonesia, didirikan pada tanggal 18 November 1912 atau tanggal 8 Dzulhijjah 1330. Tokoh pendiri Muhammadiyah adalah Kyai Haji Ahmad Dahlan. Tujuan Muhammadiyah adalah mengembalikan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam proses dakwah.

Penyimpangan yang dimaksud adalah bercampurnya agama Islam dengan kebiasaan-kebiasaan di daerah tertentu dengan alasan adaptasi. Ciri-ciri gerakan organisasi Muhammadiyah yaitu semangat membangun pendidikan masyarakat dan tata sosial agar lebih terdidik dan maju. Berikut ini penjelasan lengkap tujuan organisasi Muhammadiyah.

Tujuan Muhammadiyah

Tujuan Organisasi Muhammadiyah

Tujuan Muhammadiyah adalah untuk memurnikan ajar agama Islam yang banyak dipengaruhi oleh hal-hal mistik, usaha ini merupakan gagasan dari KH Ahmad Dahlan. Awalnya, kegitan yang dilakukan berupa basis dakwah untuk kaum muda dan wanita melalui pengajian Sidaratul Muntaha. Selain itu, peran untuk mencerdaskan bangsa dilakukan dengan mendirikan sekolah dasar dan lanjutan.

Amal usaha organisasi Muhammadiyah tidak hanya dalam bidang pendidikan saja, namun bergerak dalam layanan kesehatan dan sosial. Berikut ini beberapa fasilitas yang pendidikan, kesehatan dan sosial yang sudah didirikan, antara lain :

Pendidikan :
  1. TK (TPQ) Muhammadiyah berjumlah 4623
  2. SD (MI) Muhammadiyah berjumlah 2604
  3. SMP (MTS) Muhammadiyah berjumlah 1772
  4. SMA/SMK (MA) Muhammadiyah berjumlah 1143
  5. Perguruan Tinggi Muhammadiyah berjumlah 172
Kesehatan :
  1. Rumah Sakit Umum dan Bersalin berjumlah 72
  2. Balai Kesehatan Masyarakat
  3. Balai Pengobatan 
  4. Balai Kesehatan Ibu dan Anak
Sosial :
  1. Panti Catat Netra
  2. Panti Asuhan anak Yatim
  3. Panti Jombo
  4. Santunan Keluarga
  5. Rehabilitas Cacat
  6. Balai Pendidikan dan Keterampilan
  7. Panti Manula Wreda
  8. Balai Kesehatan Sosial
  9. Pondok Pesantren
  10. Sekolah Luar Biasa
Sumber (Wikipedia)

Muhammadiyah juga memiliki beberapa organisasi otonom seperti Perguruan Silat Tapak Suci, Gerakan Pramuka Hizbul Mathan, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Pemuda Muhammadiyah, Wanita Muhammadiyah (Aisyiyah) dan Putri Muhammadiyah Nasyiatul Aisyiyah.

Baca Juga : 
Nah itulah penjelasan singkat mengenai Tujuan Organisasi Muhammadiyah beserta amal usaha dibidang pendidikan, kesehatan dan sosial. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian, terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : Tujuan Organisasi Muhammadiyah