Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

6 Tokoh Penting dalam Peristiwa Bandung Lautan Api

Siapa saja tokoh penting yang terlibat dalam peristiwa Bandung Lautan Api? Perang dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, tapi menyeluruh di beberapa kota yang dianggap penting dan strategis oleh bangsa penjajah. Salah satu peristiwa bersejarah dan besar yang tidak boleh kita lupakan sebagai generasi penerus bangsa adalah Peristiwa Bandung Lautan Api

Dikutip dari wikipedia, Bandung Lautan Api merupakan peristiwa pembakaran kota Bandung oleh sekitar 200.000 penduduk selama 7 jam. Peristiwa ini berlangsung pada tanggal 23 Maret 1946. Apa alasan penduduk setempat membakar kota? Singkatnya karena Bandung memiliki letak yang sangat strategis, upaya masyarakat dilakukan untuk mencegah pihak NICA Belanda dan Sekutu menguasai kota Bandung untuk dijadikan markas saat perang kemerdekaan di Indonesia.
Tokoh Peristiwa Bandung Lautan Api
Jenderal Abdul Haris Nasution
Sebelum pembakaran, sempat terjadi bentrokan senjata antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan pasukan sekutu. Bentrokan disebabkan karena pihak Inggris mengeluarkan ultimatum agar seluruh senjata yang dimiliki penduduk harus diserahkan kepada mereka. Ultimatum kedua dikeluarkan, bunyinya terkait dengan perintah agar kota Bandung Utara segera dikosongkan oleh seluruh masyarakat dan pasukan bersenjata. Akibatnya peristiwa Bandung Lautan Api atau pembakaran kota Bandung adalah solusi yang dirasa tepat.

Lalu, siapa saja tokoh penting peristiwa Bandung Lautan Api? Berikut penjelasannya..

Tokoh Peristiwa Bandung Lautan Api

Berdasarkan sumber informasi yang kami peroleh, terdapat 6 tokoh penting peristiwa Bandung Lautan Api. Siapa tokoh-tokoh tersebut, dan apa perannya? Berikut ini ulasannya..

1. Kolonel Abdul Haris Nasution (Komandan Divisi III)

Perlu Anda ketahui, keputusan pembakaran/bumihangus kota Bandung dilakukan melalui musyawarah yang dilakukan pada tanggal 23 Maret 1946. Selaku komandan Divisi III, Kolonel Abdul Haris Nasution menyampaikan hasil musyawarah dan memerintahkan agar masyarakat di kota Bandung harus segera dievakuasi.

2. Muhammad Toha (anggota BRI)

Tokoh penting peristiwa Bandung Lautan Api kedua adalah Muhammad Toha. Ia merupakan salah satu anggota militer Indonesia yang ditugaskan dalam misi menghancurkan gudang senjata/amunisi milik tentara sekutu. Muhammad Toha berhasil meledakkan gudang amunisi menggunakan dinamit, setelah terbakar otomatis amunisi pasukan sekutu berkurang, hal ini penting dilakukan agar dapat mengalahkan di perang-perang berikutnya.

3. Rukana (Komandan Polisi Militer Bandung)
4. Atje Bastaman (Tokoh yang membuat/menamakan dengan istilah Bandung Lautan Api)
5. Sutan Syahrir (Bersama Kolonel Abdul Haris Nasution, ia memutuskan strategi perang)
6. Ismail Marzuki (Tokoh pencipta lagu Halo-halo Bandung).

Baca Juga :
Itulah informasi terkait dengan 6 Tokoh Penting dalam Peristiwa Bandung Lautan Api, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif seputar perang-perang kemerdekaan yang terjadi di Indonesia. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : 6 Tokoh Penting dalam Peristiwa Bandung Lautan Api