Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Batas-Batas Wilayah Negara Jepang

Batas Wilayah Jepang - Mata hari terbit dan negeri sakura merupakan julukan negara Jepang. Secara geografis, letak Jepang berada di Benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Timur sebelah barat Samudera Pasifik. Kemudian secara astronomis berada di titik koordinat  30º LU-47º LU dan 128º BT-146º BT. Dilihat dari lokasinya, Jepang berdekatan dengan negara Asia Timur lainnya seperti Korea Selatan, Korea Utara, dan China (Tiongkok).

Jepang memiliki luas wilayah 377.944 km2, sementara populasi penduduknya mencapai lebih dari 127 juta jiwa. Ibu kotanya berada di Tokyo, bentuk pemerintahannya monarki konstitusional. Sama seperti Indonesia, Jepang merupakan salah satu negara kepulauan. Lalu, dimana batas-batas wilayah negara Jepang? Berikut ini penjelasannya.

Batas Wilayah Negara Jepang

Batas-Batas Wilayah Negara Jepang
Batas wilayah Jepang dibagi menjadi 8 zona, antara lain :
  • Sebelah Barat : Negara Korea Selatan dan Korea Utara, dipisahkan oleh Laut Jepang.
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Sebelah Utara : Negara Rusia dipisahkan oleh Laut Jepang
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Sebelah Barat Laut : Negara Rusia, dipisahkan oleh Laut Jepang
  • Sebelah Barat Daya : Negara China (Tiongkok), dipisahkan oleh Laut China Timur.
  • Sebelah Timur Laut : Samudera Pasifik
  • Sebelah Tenggara : Samudera Pasifik
Dari keterangan diatas, dapat kita ketahui bahwa negara Jepang berbatasan dengan negara lain di Asia Timur, namun dipisahkan oleh Laut Jepang dan Laut China Timur. Sementara di sebelah timur, timur laut dan tenggara berbatasan dengan Samudera Pasifik. 

Laut Jepang merupakan laut tepi yang terletak di sebelah barat Samudra Pasifik, sering disebut dengan nama Laut Timur. Laut ini mempunyai ombak yang sedikit dan tidak terlalu tinggi, hal ini karena dikelilingi oleh daratan. Dari kejauhan, laut ini seperti danau yang besar, yang dikelilingi oleh negara-negara di Asia Timur seperti Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, China dan Rusia.

Dibalik kemajuan ekonomi dan wisata di negara Jepang, tidak terlepas dari negara-negara besar dan maju disekitarnya. Namun perlu Anda ketahui, Jepang merupakan negara rawan akan bencana alam. Hal ini karena terdapat lempeng-lempeng bumi di sekelilingnya. Maka tidak heran jika sering terjadi gempa bumi besar yang kemudian mengakibatkan tsunami.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat terkait dengan Batas-Batas Wilayah Negara Jepang, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif seputar negara Jepang. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Batas-Batas Wilayah Negara Jepang