Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Ibu Kota Negara Rusia dan Ikon Terkenalnya

Ibukota Rusia - Mungkin kalian sedang bertanya-tanya terkait dengan nama ibu kota negara Rusia beserta ikon dan tempat wisata terkenal yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara. Rusia merupakan negara besar, baik wilayahnya, ekonomi, infrastruktur dan penduduknya. Letaknya berada di sebelah barat benua Eropa dan sebelah utara Asia. Memiliki total luas wilayah daratan terluas di dunia, yakni mencapai 17.098.242 km2. Sementara jumlah penduduknya lebih dari 143 juta jiwa pada tahun 2018.

Nama Ibu Kota Rusia adalah Moskow, letaknya berada di hulu sungai Volga. Kota ini dihuni lebih dari 11.5 juta jiwa maka tak heran menjadi pusat budaya, ekonomi, politik dan sains di Rusia. Memiliki luas 1081 km2 sementara kepadatan penduduknya mencapai 10.651 jiwa/km2 menjadikannya kota terpadat di Rusia dan benua Eropa.
Ibukota Rusia Adalah Moskow
Nama Ibu Kota Rusia yaitu Moskow
Moskow city memiliki infrastruktur yang modern, dilengkapi dengan sarana transportasi yang lengkap. Terdapat 4 bandara udara internasional, 9 stasiun kereta api besar dan sistem kereta api bawah tanah. Adanya alat transportasi tersebut ditujukan untuk kelancaran lalu lintas bagi masyarakat umum dan wisatawan yang datang untuk berlibur.

Menurut sejarahnya, nama Moskow diambil dari nama sungai yang membelah kota ini. Kemudian dalam catatan sejarah, pertama kali nama kota Moskow disebut pada tahun 1147 oleh pangeran Yuri Dolgorukiy. Sembilan tahun kemudian daerah ini semakin berkembang setelah pangeran membangun beberapa bangunan, salah satunya tembok yang mengelilingi Moskow.

Di bidang ekonomi, kota Moskow menyumbang sekitar 22% bagi PDB negara Rusia. Terdapat bank-bank besar dan perusahaan kelas dunia yang berada di Moskow, contohnya seperti perusahaan gas alam Gazprom. Kemudian di bidang industri, terdapat industri makanan, tekstil kimia, metalurgi, mesin, perangkat lunak dan furnitur. 

Jika mempunyai rencana liburan ke luar negeri, ibu kota negara Rusia ini bisa menjadi tujuan Anda bersama keluarga, teman maupun pasangan. Beberapa tempat wisata di Moskow tidak kalah menarik  dan seru bila dibandingkan dengan kota-kota di Eropa seperti London dan Paris.

Pertama, Kermlin. Pusat kenegaraan sekaligus bangunan kuno yang mencerminkan negara Rusia. Di dalamnya terdapat berbagai ruangan yang bisa Anda singgahi, seperti museum, gudang senjata, koleksi arkeologi, gereja, dan ruang dewan majelis. Kedua, Red Square. Bangunan unik dan klasik yang disusun menggunakan batu beton berwarna merah. Bangunan ini dijadikan sebagai pusat politik, agama, sejarah dan ekonomi di Rusia.

Ketiga yaitu Gereja St. Basil. Kedua bangunan yang sudah disebutkan diatas beserta bangunan gereja ini merupakan warisan budaya dunia yang telah diakui oleh UNESCO, maka tak heran jika banyak pengunjung berdatangan saat liburan berlangsung.

Keempat yakni Metro Moskow atau salah satu stasiun bawah tanah terdalam di dunia. Kedalaman stasiun ini mencapai sekitar 84 meter. Uniknya, stasiun ini memiliki arsitektur yang mencolok, tak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai istana bawah tanah Moskow. Di dalamnya terdapat hiasan, lukisan, patung dan monumen.

Baca Juga :
Itulah penjelasan singkat mengenai Ibu Kota Negara Rusia dan Ikon Terkenalnya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : Ibu Kota Negara Rusia dan Ikon Terkenalnya