Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Ibukota Brunei Darussalam dan Fotonya

Nama ibukota Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan, terletak di sebelah utara muara Sungai Brunei, berlokasi di titik 4°53.417′LU 114°56.533′BT. Memiliki luas 100.36 km2, dihuni oleh lebih dari 140.000 orang pada tahun 2010 (wikipedia). Ibukota negara Brunei Darussalam ini merupakan tempat dijadikannya upacara kerajaan dan terdapat bangunan sebagai tanda kebesaran kerajaan serta pusat sejarah Brunei.
Ibukota Brunei Darussalam
Foto Kota Bandar Seri Begawan
Jika berkunjung ke Bandar Seri Begawan, Anda dapat menjumpai industri tekstil, produsen mebel, kayu dan kerajinan tangan. Berdasarkan asal-usul namanya, kata "Bandar" dalam bahasa Persia memiliki arti "tempat tinggal" atau "pelabuhan". Uniknya, di kota ini terdapat perkampungan di dekat air, disebut Kampung Anyer. Maka dari itu terdapat rumah-rumah yang berdiri di atas air (terapung) membentang sejauh 500 meter di pesisir laut.
Bandar Seri Begawan memiliki tingkat kelembaban udara yang tinggi sepanjang tahun, beriklim tropis dengan musim kemarau yang tak pasti. Rata-rata curah hujan tiap tahun mencapai 120mm. Di bulan Oktober hingga Desember terjadi curah hujan tinggi, rata-rata suhunya mencapai 32 c sementara suhu terendah mencapai 23 c.

Sebagai ibukota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan tentu memiliki sebuah ikon. Contohnya Jakarta (ibukota Indonesia) yang memiliki Monas (Monumen Nasional). Ikon kota Bandar Seri Begawan adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin yang terletak di tepi sungai Brunei, dibangun diatas kolam buatan.
Ikon Brunei Darussalam
Ikon Bandar Seri Begawan
Seperti yang kita ketahui negara atau Kesultanan Brunei merupakan sebuah kerajaan Islam. Mayoritas penduduknya juga penganut agama Islam, maka tak heran jika nuansa Islam sangat terasa apabila anda mengunjungi kota ini. Masjid besar dengan pemandangan indah ini adalah ikon Brunei Brunei Darussalam sekaligus ibukotanya Bandar Seri Begawan.

Masjid Omar Ali Saifuddien III dibangun untuk memperingati 1.400 Nuzul Al-Quran (wikipedia), selesai pembangunannya dan digunakan oleh jamaah pada tahun 1967. Masjid dengan warna dominan putih dan kubahnya dilapisi emas ini merupakan lambang kemegahan dan kejayaan islam di Brunei darussalam.

Adanya masjid megah ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan mancanegara untuk berdatangan ke Brunei Darussalam, khususnya wisatawan Indonesia. Terdapat juga obyek wisata menarik di Bandar Seri Begawan yang banyak dikunjungi turis asing. Contohnya seperti Damuan Recreational Park, Taman Haji Sir Muda Omar Ali Sarifuddin, Tasek Lama Recreational Park dan Royal Museum.

Baca Juga :
Itulah sedikit informasi Ibukota Brunei Darussalam beserta profil dan ikon terkenal disertai dengan foto. Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Ibukota Brunei Darussalam dan Fotonya