Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Jelaskan Letak Astronomis ASEAN (Asia Tenggara)

Letak Astronomis ASEAN - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau lebih lazim disebut dengan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi antar negara di kawasan ini. Menurut sejarahnya, organisasi ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di kota Bangkok, Thailand. Pada awalnya, anggota-anggota yang bergabung meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina , Singapura dan Thailand.

Asia Tenggara merupakan sebuah kawasan regional di Benua Asia, luas wilayahnya mencapai 4.479.200,5 km2. Saat ini, anggota Asean berjumlah 11. Negara tambahan yang ikut bergabung seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Timor Leste dan Vietnam. Total jumlah populasi penduduk negara-negara di kawasan ASEAN yaitu sebanyak 656.773.258 jiwa (per 30 Agustus 2018).

Letak Astronomis Asean

Letak Astronomis Asean (Asia Tenggara)
Secara geografis, bagian barat wilayah Asia Tenggara berbatasan dengan India dan Banglades, bagian timur Papua Nugini dan Samudra Pasifik, bagian utara dengan negara China (Tiongkok) dan bagian selatan dengan Australia. Dilihat dari posisinya, kawasan Asia Tenggara sangat strategis dibandingkan kawasan lain di Benua Asia, seperti Asia Timur, Selatan, Barat dan Timur Tengah.

Kemudian letak astronomis ASEAN berada di titik koordinat 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, beberapa negara di kawasan Asia Tenggara masuk dalam jalur katulistiwa. Mayoritas iklimnya tropis, termasuk Indonesia.

Keterangan :
  • LU : Lintang Utara
  • BT : Bujur Timur

Beberapa latar belakang dibentuknya kerjasama regional di kawasan Asia Tenggara bernama ASEAN yaitu karena kesamaan sejarah, ras, keadaan alam, kondisi ekonomi, dan geografis. Selain itu, salah satu masalah yang timbul sehingga perlu diadakannya kerjasama yakni mengenai batas-batas wilayah yang masih menjadi perdebatan antar negara di Asia Tenggara.

Dengan diadakannya kerjasama, diharapkan negara-negara di kawasan ini dapat berkembang dan maju secara bersama-sama baik dibidang ekonomi, infrastruktur maupun sosial budayanya. Setiap negara saling membantu satu sama lain di segala bidang.

Seperti yang kita ketahui, mayoritas negara di kawasan Asia Tenggara merupakan negara berkembang. Hanya terdapat dua negara saja yang dikategorikan sebagai negara maju, yakni Singapura dan Brunei Darussalam. Jumlah penduduk terbanyak berasal dari Indonesia (lebih dari 200 juta) dan paling sedikit Brunei Darusalam (kurang dari 1 juta).

Pada perkembangan saat ini, perluasan keanggotaan ASEAN terus diupayakan. Beberapa tahun belakangan, ASEAN telah menjajaki perluasan anggota kepada negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara. Contohnya terhadap Bangladesh, Papua Nugini, Taiwan dan Palau.

Baca Juga :
Demikian penjelasan singkat berkaitan dengan penjelasan Letak Astronomis ASEAN (Asia Tenggara). Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar negara-negara di Asean. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Jelaskan Letak Astronomis ASEAN (Asia Tenggara)