Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Peta Sumatera Selatan Lengkap Beserta Keterangan dan Gambarnya

Peta Sumatera Selatan Lengkap : 13 Kabupaten dan 4 Kota beserta Gambarnya - Sumsel adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera sebelah selatan, memiliki total luas wilayah 91.592 km2 dengan populasi lebih dari 8 juta jiwa. Berbatasan dengan provinsi Lampung di sebelah selatan, Jambi di utara, Kepulauan Bangka Belitung di timur dan Bengkulu di sebelah barat. Dengan melihat peta provinsi Sumatera Selatan berikut ini, Anda dapat mengetahui lokasi-lokasi terpencil hingga jalan-jalan yang ada di perkotaan.

Peta Provinsi Sumatera Selatan berikut ini meliputi peta buta, peta jalan, peta google map dan peta langsung dari satelit. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Sumatera Selatan merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam. Terdapat banyak tambang minyak bumi, gas alam dan batu bara. Langsung saja berikut ini gambar peta Sumatera Selatan :

Peta Buta Sumatera Selatan
Dari gambar peta provinsi Sumatera Selatan diatas, kita dapat mengetahui letak sekaligus batas-batas wilayah Sumsel dengan garis berwarna merah. 

Peta Provinsi Sumatera Selatan

Jika bingung dan masih belum hafal lokasi-lokasi daerah di Sumatera Selatan, berikut ini kami tampilkan peta Jalan di Sumsel secara langsung melalui google map, antara lain :

Anda bisa mencari petunjuk jalan secara langsung, melalui kolom pencarian yang sudah tertera di dalam peta diatas. Peta Sumatera Selatan tersebut diambil melalui satelit, jika koneksi internet Anda lancar, maka dapat dengan mudah pergi ke suatu tempat menggunakan peta tersebut.

Dibawah ini peta Kabupaten dan Kota yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan :
Peta Provinsi Sumatera Selatan
Jika gambar peta Sumatera Selatan diatas kurang jelas, Anda bisa mendownloadnya dalam ukuran yang lebih besar. Sehingga dapat mengetahui kabupaten-kabupaten dan kota beserta perbatasannya.

Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan

Dari gambar peta diatas, dapat kita ketahui bahwa terdapat 13 Kabupaten dan 4 Kota di Provinsi Sumatera Selatan, meliputi :

Kabupaten :
  1. Kabupaten Banyuasin
  2. Kabupaten Empat Lawang
  3. Kabupaten Lahat
  4. Kabupaten Musi Banyuasin
  5. Kabupaten Musi Rawas
  6. Kabupaten Musi Rawas Utara
  7. Kabupaten Ogan Ilir
  8. Kabupaten Ogan Komering Ilir
  9. Kabupaten Ogran Komering Ulu
  10. Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
  11. Kabupaten Penukal Abab Lemating Ilir
Kota di Provinsi Sumatera Selatan :
  1. Kota Lubuklinggau
  2. Kota Pagar Alam
  3. Kota Palembang
  4. Kota Prabu Mulih

Sejarah Provinsi Sumatera Selatan

Dikutip dari wikipedia, wilayah yang sekarang menjadi Provinsi Sumatera Selatan pada zaman dahulu sering disebut dengan nama Bumi Sriwijaya. Menurut catatan sejarah, pada abad ke 7 hingga 12 Masehi wilayah ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya (salah satu kerajaan maritim terbesar di Nusantara).

Bukti nyata yang dapat dijadikan referensi sumber sejarah Provinsi Selatan adalah prasasti Kedudukan Bukit yang berhasil ditemukan pada tahun 1926. Isinya menjelaskan tentang pemukiman bernama Sriwijaya telah didirikan pada tanggal 12 Juni tahun 683 Masehi. Uniknya, tanggal tersebut juga dijadikan sebagai hari jadi Kota Palembang yang diperingati setiap tahun.

Pada perkembangan selanjutnya, setelah Kerajaan Sriwijaya runtuh, wilayah ini kemudian berhasil dikuasai oleh Kerajaan Majapahit. Tepatnya sejak abad ke 13, hingga abad ke 14. Kemudian pada abad ke 15 wilayah berdirilah Kesultanan Palembang yang berkuasa hingga datangnya bangsa Barat.

Baca Juga :
Demikian pembahasan terkait dengan Peta Sumatera Selatan Lengkap : 13 Kabupaten dan 4 Kota + Gambarnya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Peta Sumatera Selatan Lengkap Beserta Keterangan dan Gambarnya