Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Sebab Khusus Perang Dunia 1 Secara Singkat

Sebab Khusus Perang Dunia 1 - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas secara lengkap dan detail berkaitan dengan sebab umum Perang Dunia I. Nah pada pembahasan kali ini merupakan lanjutan materi tersebut, yakni menjawab pertanyaan seputar sebab khusus terjadinya Perang Dunia 1. Sebab khusus bisa diartikan sebagai penyebab utama pemicu pecahnya pertempuran dahsyat yang pernah terjadi pada tahun 1914 hingga 1918.

Sedikit pendahuluan, sebab khusus perang dunia 1 terjadi karena sebuah peristiwa pembunuhan yang kemudian berkembang menjadi perselisihan antar negara-negara dengan kontak fisik bersenjata. Perang sekala besar tidak dapat dihindarkan. Dahsyatnya perang mengakibatkan kerugian ekonomi dan infrastruktur yang begitu banyak, baik ikut negara yang terlibat maupun tidak.

Sebelum kita ulas secara rinci dan lengkap terkait sebab khusus perang dunia 1, jika anda tertarik silahkan baca juga artikel menarik berikut ini :

Sebab Khusus Perang Dunia 1

Penyebab utama pecahnya perang dunia 1 adalah ketika terbunuhnya Adipati Agung Farnz Ferdinand (pewaris tahta Austria-Hungaria) . Franz Ferdinand dibunuh pada tanggal 28 Juni 1914 di Sarajevo, Bosnia Herzegovina, oleh seorang nasionalis berkebangsaan Yugoslavia. Tokoh nasionalis yang dimaksud bernama Gavrilo Princip (pelajar Serbia Bosnia). Pembunuhan ini merupakan sebab khusus perang dunia 1 yang kemudian berkembang semakin luas. 

Sebab Khusus Perang Dunia 1
Penangkapan pembunuh Farnz Ferdinand
Setelah peristiwa pembunuhan, muncul ultimatum Habsburg terhadap kerajaan Serbia. Ultimatum ini kemudian mengguncang aliansi yang telah terbentuk selama dasawarsa silam. Dalam hitungan minggu, kekuatan besar yang telah berkoloni ikut terlibat dalam perang sengit tersebut. Konflik ini selanjutnya menyebar ke seluruh dunia.

Pertempuran diawali dengan invasi yang dilakukan oleh Austria-Hungaria ke Serbia pada tanggal 28 Juli. Disusul invasi oleh Jerman terhadap Luksemburg, Belgia dan Perancis. Rusia tidak diam begitu saja, negara ini kemudian melakukan serangan terhadap Jerman. Rusia berhasil mengalahkan pasukan Utsmaniyah, tapi dalam pertempuran selanjutnya dipaksa mundur oleh Angkatan Darat Jerman. 

Setelah revolusi pada bulan Oktober, pihak Rusia menarik diri dalam pertempuran. Hal ini disebabkan karena kekaisaran Rusia runtuh pada bulan Maret tahun 1917. Peperangan berlanjut antara pihak Sekutu dan Jerman. Pasukan Jerman terus menggempur di front barat pada tahun 1918. Namun Jerman berhasil dipaksa mundur oleh pihak Sekutu setelah sukses melakukan serangan balasan.

Pertempuran masih terus berlanjut, seperti di fornt Britania dan front depan. Pada akhir perang dunia 1, empat kekuatan imperial besar berhasil dibubarkan, seperti Kekaisaran Austria-Hungaria, Kekaisaran Jerman, Utsmaniyah dan Rusia. Peristiwa pembunuhan putra mahkota Austria yang sudah disebutkan diatas merupakan latar belakang utama dibalik pecahnya PD I.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa sebab khusus terjadinya Perang Dunia 1 adalah terbunuhnya Pewaris tahta Austria-Hungaria bernama Adipati Agung Franz Ferdinand oleh seorang nasionalis Yugoslavia pada tanggal 28 Juni 1914. Jika anda belum mengetahui sebab umumnya, baca artikel ini : 4 Sebab Umum Perang Dunia 1.

Rekomendasi Artikel :
Sumber Referensi : Wikipedia

Demikian pembahasan mengenai Sebab Khusus Perang Dunia 1. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebih kami mohon maaf. Sekian, terima kasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Sebab Khusus Perang Dunia 1 Secara Singkat