Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Agama Resmi Negara Brunei Darussalam

Apa agama resmi di negara Brunei Darussalam? "Senantiasa membuat kebijakan dengan petunjuk Allah" merupakan arti motto yang tercantum dalam lambang negara Brunei. Lambang ini terdapat pada bagian tengah bendera Brunei Darussalam dengan latar belakangnya berwarna kuning. Dari keterangan tersebut, mungkin kalian bisa menebak agama resmi di Brunei Darussalam.

Brunei Darussalam adalah negara berbentuk kesultanan/kerajaan. Kepala negara dan pemerintahan dipegang oleh Sultan. Selain itu, Sultan juga merangkap jabatan sebagai Perdana Menteri (PM) dan menteri pertahanan. Dalam menjalankan tugasnya, Sultan dibantu oleh para menteri dan penasihatnya. 

Secara geografis, Brunei Darussalam terletak di kawasan Asia Tenggara. Tepatnya di bagian utara Pulau Kalimantan (Borneo). Negara ini berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia, yakni dengan Sabah dan Sarawak di sebelah barat, timur dan selatan. Sementara di sebelah utara berbatasan dengan Laut China Selatan.

Selengkapnya : Letak Astronomis dan Geografis Brunei Darussalam

Total luas wilayah Brunei yaitu sekitar 5.765 km2. Ibukota negara sekaligus kota terbesarnya adalah Bandar Seri Begawan. Menurut data yang kami peroleh, jumlah penduduk Brunei Darussalam pada tahun 2018 mencapai kurang dari 500 ribu jiwa. Yang masih menjadi pertanyaan, apa agama resmi di negara Brunei Darussalam?

Agama Resmi Brunei Darussalam
Agama Resmi Negara Brunei Darussalam
source : islamsejai.org
Islam adalah agama resmi di Brunei Darussalam yang diatur dalam konstitusi, namun kebebasan beragama sangat terjamin. Artinya masyarakat diperbolehkan menganut agama lain selain Islam. Fakta menarik yang perlu Anda ketahui yaitu "toleransi mengenai keagamaan di negara ini cukup tinggi". Sehingga patut di contoh oleh negara-negara lain di dunia yang masih terlibat konflik dengan masalah utamanya adalah agama.

Sekitar 67% penduduk Brunei beragama Islam. Maka bisa disimpulkan bahwa Islam merupakan agama mayoritas sekaligus agama resmi. Lalu agama minoritasnya apa saja? Setidaknya ada agama lain juga yang dianut oleh penduduk Brunei. Meliputi Buddha sebanyak 13%, kristen 10% dan sisanya 10% agama lain-lain termasuk agama asli atau kepercayaan asli yang masih dianut penduduk setempat.

Baca Juga : Jumlah Penduduk Brunei Darussalam

Mazhab atau pedoman yang digunakan oleh kebanyakan umat Islam di Brunei Darussalam adalah Mazhab Syafi'i. Dikutip dari wikipedia, Mazhab Syafi'i adalah mazhab fiqih dalam Sunni yang dicetuskan oleh Imam Syafi'i pada awal abad ke 9.

Pedoman atau ajaran ini dianut oleh penduduk di negara-negara seperti Arab Saudi bagian barat, Mesir bawah, Malaysia, Bahrain, Indonesia dan Suriah. Sementara Islam Sunni sendiri merupakan kelompok muslim terbesar sedunia. Baca : Bentuk Pemerintahan Negara Brunei Darussalam

Golongan Islam Sunni atau sering disebut juga dengan Aswaja (Ahlus-Sunnah wal Jama'ah) merupakan golongan yang menjalankan sunnah dengan penekanan pada peneladanan peri kehidupan Rasulullah Muhammad. Sekitar 90% umat Muslim di dunia merupakan kaum Sunni (wikipedia). 

Agama Islam melekat di negara Brunei Darussalam. Hal ini dapat dilihat dari terdapatnya masjid besar dan megah bernama Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin. Banyak orang yang mengatakan bahwa masjid ini paling mengagumkan di Asia.
Agama Brunei Darussalam
Source : flickr
Lokasinya berada di ibukota negara, keberadaannya melambangkan kemegahan dan kejayaan Islam di Brunei Darussalam. Dikatakan mengagumkan karena masjid ini memiliki daya tarik arsitektur yang megah dan unik. Terdapat menara marmer, pintu gerbang berbentuk perahu dan paling wah adalah kubah yang dibuat dengan emas.

Masjid ini merupakan ikon Brunei Darussalam dan ibukotanya Bandar Seri Begawan. Selain datang dengan tujuan beribadah, banyak orang berkunjung kesini untuk berlibur. Fasilitasnya lengkap sebagai tempat wisata, karena terdapat taman indah dengan air mancur, kafe dan restoran. Maka teka heran jika Anda melihat pengunjung non muslim berdatangan di masjid ini dengan tujuan berlibur.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat artikel berjudul Agama Resmi Negara Brunei Darussalam. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar Brunei. Sekian, terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Agama Resmi Negara Brunei Darussalam