Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Bendera dan Lambang Negara Brunei Darussalam beserta Artinya

Bendera dan Lambang Negara Brunei Darussalam beserta Artinya - Setiap negara merdeka tentu mempunyai bendera negara, di dalamnya mengandung sebuah arti yang mungkin belum kita ketahui. Keberadaannya bisa dijadikan sebagai ciri khas untuk mengenali sebuah negara tertentu, contohnya Indonesia dengan warna merah dan putih memiliki makna suci dan berani. Warna dan lambang di dalam bendera negara tidak mudah untuk diganti begitu saja, karena sudah disepakati bersama oleh beberapa pihak yang dianggap penting dalam pembentukan sebuah negara.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Terkenal di Brunei Darussalam

Bendera Brunei Darussalam

Bendera Brunei Darussalam
Gambar Bendera Brunei Darussalam HD
Bendera negara Brunei Darussalam memiliki warna latar belakang kuning, terdapat garis pituh dan hitam di bidangnya. Kemudian di tengah-tengah bendera terdapat lambang negara. Bendera Brunei Darussalam ini diperkenalkan pada tanggal 29 September 1959 atau saat Brunei masih dalam kekuasaan Britania Raya. Baca Juga : Lagu Kebangsaan Brunei Darussalam

Bendera ini kemudian ditetapkan sebagai bendera negara Brunei setelah berhasil memperoleh kemerdekaan pada tanggal 1 Januari 1984. Apa makna bendera dan lambang Brunei Darussalam tersebut? warna kuning pada latar belakang merupakan warna tradisional untuk seorang raja-raja, hal ini dapat dilihat pada kerajaan-kerajaan di Malaysia, Indonesia dan Thailand.

Kemudian lambang negara Brunei Darussalam yang berada di tengah-tengah bendera terdiri dari bulan sabit atau lambang negara Islam. Kemudian terdapat payung obor di atasnya, melambangkan pemerintahannya dikuasai oleh seorang Sultan. Dibawah payung terdapat sayap yang melambangkan keadilan, kedamaian, kemakmuran dan keamanan. Keempat terdapat sepasang tangan disebelah kiri dan kanan bulan sabit.

Selanjutnya terdapat motto dalam huruf Jawi pada bulan sabit, bunyinya "Sentiasa berkhidmat dengan panduan Tuhan". Terakhir terdapat tulisan Negara Brunei Darussalam dalam bahasa Jawi di bagian bawah bulan sabit. Nah, itulah rincian makna dan arti dari warna hingga lambang di dalam bendera Brunei Darussalam.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat terkait dengan Bendera dan Lambang Negara Brunei Darussalam beserta Artinya. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif seputar Brunei Darussalam. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Bendera dan Lambang Negara Brunei Darussalam beserta Artinya