Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Benua Amerika : Letak, Karakteristik, Iklim, Penduduk dan Pembagian Wilayahnya

Benua Amerika : Letak, Karakteristik, Iklim, Penduduk dan Pembagian Wilayahnya - Benua Amerika merupakan salah satu benua di dunia. Seperti yang kita ketahui, terdapat 6 benua yaitu Asia, Afrika, Australia, Eropa dan Antartika. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya di mana kita telah mengulas tentang profil Benua Asia dan benua biru Eropa. Jika kalian belum membacanya, silahkan buka link berikut ini.

Baca :
Benua Amerika

Berdasarkan sejarahnya, Benua Amerika ditemukan oleh Christophorus Columbus dari Spanyol pada tahun 1492. Columbus mendarat di Kepulauan Bahama. Nama Amerika diambil dari nama Amerigo Vespucci yang mendarat di Brazil bersama Columbus pada tahun 1500. Nama tersebut dipakai sebagai penghargaan kepada Amerigo Vespucci.

Benua Amerika

Benua Amerika memiliki julukan "Benua Merah". Hal ini karena di benua ini terdapat suku asli yakni suku Indian. Bagi masyarakat Eropa (berkulit putih), suku asli Benua Amerika tersebut dikenal sebagai suku kulit merah padahal kulit mereka tidak berwarna merah. Namun alasannya karena suku Indian sering melakukan kebiasaan melumuri kulitnya dengan cat berwarna merah.

Adapun pembahasan terkait dengan profil Benua Amerika dibawah ini meliputi letak geografis dan astronomis, karakteristik atau keadaan alam, iklim dan musim, dan pembagian wilayah di Benua Amerika beserta negara-negara dan ibukotanya. Langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Letak Astronomis dan Geografis Benua Amerika

Luas Benua Amerika kurang lebih 42.188.568 km2. Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 83°07’ LU – 56° LS dan antara 34°45’ BB – 172°27’BT. Benua Amerika tidak memiliki batas daratan dengan benua-benua lainnya.  Adapun batas geografis Benua Amerika yaitu:
  • Sebelah Barat : Laut Bering dan Samudra Pasifik.
  • Sebelah Selatan : Laut Kutub Selatan
  • Sebelah Timur : Laut Karibia dan Samudra Atlantik
  • Sebelah Utara : Selat Davis dan Laut Es 

Karakteristik Benua Amerika

Karakteristik atau alam Benua Amerika antara lain pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan sungai. Pegunungan Andes dan pegunungan Rocky merupakan pegunungan utama di Benua Amerika. Letak Pegunungan Andes membentang di tepi barat Amerika Selatan, sementara Pegunungan Rocky membujur di sisi barat membentang dari utara hingga selatan.
  
Puncak tertinggi di Benua Amerika adalah Gunung Aconcagua. Gunung ini termasuk rangkaian Pegunungan Andes. Selain pegunungan tersebut, terdapat pegunungan lain di Benua Amerika contohnya seperti Pegunungan Appalaghian. Keberadaan pegunungan ini membentang di sebelah timur Amerika Utara.

Baca Juga : Letak Astronomis dan Geografis Asia Tenggara

Karakteristik alam berupa dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Kolorado,  Tanah Tinggi Guyana, Tanah Tinggi Brazil, dan Dataran Tinggi Patagonia. Adapun kenampakan alam berupa dataran rendah terdapat di Semenanjung Yucatan dan Amerika Selatan. Dataran rendah yang dimaksud meliputi Lembah Paraguay, Lembah Orinoko, dan Lembah Amazon (kawasan hutan tropis terbesar di dunia).

Kemudian dua sungai utama di Benua Amerika yaitu Sungai Missouri dan Sungai Mississippi. Kedua aliran sungai ini membentuk ngarai, disebut dengan Grand Canyon  di  Dataran Tinggi Kolorado.

Iklim Benua Amerika

Benua Amerika mengalami seluruh tipe iklim. Hal tersebut terjadi karena wilayah benua ini membentang dari kutub utara hingga kutub selatan. Iklim yang berlaku di Benua Amerika yaitu:
  1. Amerika Serikat bagian barat (Gurun Mojave) dan Pantai Cile beriklim kering atau gurun,
  2. Amerika Serikat bagian timur hingga perbatasan Kanada beriklim kontinental atau iklim darat,
  3. Dataran Tinggi Brazilia dan Kanda beriklim iklim stepa,
  4. Daerah dekat kutub memiliki iklim dingin,
  5. Kemudian Amerika Selatan bagian utara berlaku iklim tropis.

Penduduk Benua Amerika

Perlu kalian ketahui, penduduk asli di Benua Amerika adalah orang-orang Eskimo dan suku Indian. Dahulu banyak suku bangsa yang mendiami Benua Amerika, seperti suku bangsa Aztek, Maya, Olmet, Toltek , Chavin, Moche, Chimu, dan Inka. Saat ini, sebagian besar penduduk Benua Amerika adalah bangsa pendatang. Mereka datang dari Eropa, Afrika, dan Asia.

Di daerah Amerika Utara, banyak penduduk tinggal di daerah perkotaan. Berbagai kegiatan ekonomi dilakukan penduduk di wilayah ini. Belahan Amerika Utara juga memiliki banyak daerah subur. Lahan pertanian juga banyak di temukan di kawasan Amerika Tengah.

Pertanian menjadi kegiatan ekonomi utama penduduk kawasan ini. Hasil pertaniannya antara lain jagung dan buncis. Daerah Amerika Tengah menghasilkan 5 komoditas ekspor Benua Amerika, yaitu kopi, kapas, gula, pisang, dan daging sapi. Namun demikian, banyak penduduk di kawasan Amerika Tengah yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Di kawasan Amerika Selatan, sebagian besar penduduk bagian utara merupakan keturunan Indian. Kegiatan utama penduduk di daerah ini adalah pertanian. Salah satu komoditas unggulannya adalah kopi. Adapun di daerah selatan, sebagian penduduknya merupakan keturunan bangsa Eropa. Sebagian besar daerah selatan tidak berpenghuni. Kegiatan ekonomi utama penduduk di daerah selatan adalah peternakan.

Pembagian Wilayah Benua Amerika

Peta Benua Amerika
Peta Benua Amerika HD
Benua Amerika dibagi menjadi 3 kawasan, yaitu Amerika Utara, Tengah dan Selatan. Berikut ini ketiga kawasan tersebut beserta negara-negara dan ibukotanya :

1. Amerika Utara
Negara-negara di kawasan Amerika Utara yaitu :
No
Nama Negara
Ibu Kota
1
Meksiko
Meksiko City
2
Amerika Serikat
Washington DC
3
Kanada
Ottawa

2. Amerika Tengah
Selain di bagian tengah, terdapat beberapa negara yang terletak di kepulauan Karibia. Negara-negara di kawasan Amerika Tengah yaitu :
No
Nama Negara
Ibu Kota
1
Jamaika
Kingston
2
Dominika
Roseau
3
Saint Vincent dan Grenadines
Kingstown
4
Barbados
Bridgetown
5
Grenada
St. George’s
6
Kuba
Havana
7
Nikaragua
Managua
8
Honduras
Tegucigalpa
9
Guatemala
Guatemala City
10
Panama
Panama City
11
Kosta Rika
Sanjose
12
Haiti
Port-au-Prince
13
Bermuda
Hamilton
14
Puetro Ricko
San Juan
15
Belize
Belmopan
16
EL Salvador
San Salvacor
17
Republik Dominika
Santo Domingo
18
Kepualauan Bahamas
Nassau
19
Trinidad & Tobago
Port of Spain
20
Antigua & Barbuda
St. John’s

3. Amerika Selatan
Negara-negara di kawasan Amerika Selatan yaitu : 
No
Nama Negara
Ibu Kota
1
Cile
Santiago
2
Bolivia
La Paz, Sucre
3
Peru
Lima
4
Brazil
Brazillia
5
Venezuela
Karakas
6
Ekuador
Quito
7
Uruguay
Montevideo
8
Suriname
Paramaribo
9
Guyana
Georgetown
10
Paraguay
Asuncion
11
Kolombia
Bogota
12
Argentina
Buenos Aires
14
Guiana Prancis
Cayenne

Demikianlah pembahasan mengenai Profil Benua Amerika meliputi letak astronomis dan geografis, keadaan alam atau karakteristik Benua Amerika, Iklim di Benua Amerika, suku bangsa/penduduk dan pembagian wilayah/kawasan Benua Amerika. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua, baca juga artikel informatif dan menarik lainnya. Terimakasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Benua Amerika : Letak, Karakteristik, Iklim, Penduduk dan Pembagian Wilayahnya