Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Benua Eropa : Letak, Karakteristik, Penduduk dan Pembagian Wilayahnya

Benua Eropa : Letak, Karakteristik, Penduduk dan Pembagian Wilayahnya - Pernahkah kamu mendengar istilah Jazirah Eurasia?  Jazirah tersebut merupakan letak dari Benua Asia dan Benua Eropa. Pada hakikatnya, kedua benua membentuk satu jazirah yang disebut Eurasia. Benua Eropa merupakan salah satu dari enam benua yang terdapat di bumi. Selain Eropa, benua yang dimaksud meliputi Benua Asia, Afrika, Australia, Amerika dan Antartika.

Baca : Profil Benua Asia Beserta Negara-Negaranya

Benua Eropa memiliki luas wilayah terkecil kedua setelah Australia. Namun bila dihitung populasi jumlah penduduknya, Benua Eropa menempati peringkat ke tiga di bawah Asia dan Afrika. Berdasarkan sumber yang kami peroleh, jumlah penduduk di Benua Eropa mencapai sekitar 742,7 juta jiwa (sumber : worldomaters).
Benua Eropa

Baca : Jumlah Penduduk Eropa dan Pertumbuhannya

Benua Eropa

Benua Eropa atau europe sering dijuluki sebagai benua biru. Hal ini mungkin karena sebagian besar negara di Benua Eropa berbentuk kerajaan atau mungkin karena negara-negaranya maju. Berikut ini informasi tentang profil Benua Eropa meliputi letak astronomis dan geografis, Karakteristik Benua Eropa, suku bangsa, penduduk dan pembagian wilayah Benua Eropa. Langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Letak Astronomis dan Geografis Benua Eropa

Letak Benua Eropa secara astronomis berada pada 71°8’ LU – 36° LU dan antara 66° BT – 9°30’ BB.  Kemudian secara geografis batas-batas wilayah Benua Eropa yaitu:
  1. Sebelah utara: Laut Es Utara.
  2. Sebelah selatan: Laut Tengah.
  3. Sebelah timur: Benua Asia.
  4. Sebelah barat: Samudra Atlantik.

Karakteristik Benua Eropa

Karakteristik atau keadaan alam di Benua Eropa antara lain berupa dataran rendah, tinggi, pegunungan dan sungai. Kawasan hutan juga banyak terdapat di Benua Eropa, terutama di Eropa utara. Kawasan ini juga banyak memiliki dataran tinggi. Daerah ini bergunung-gunung dan sangat curam, sehingga tidak banyak dihuni penduduk.

Dataran tinggi juga dapat ditemui di Eropa Barat. Dataran tinggi ini membentang dari Prancis hingga Samudra Arktik. Selain dataran tinggi, di Eropa Barat terdapat daerah dengan ketinggian di bawah permukaan laut. Di Eropa Tengah terdapat Pegunungan Alpen. Pegunungan Alpen membentang hingga ke semua kawasan benua. Puncak dari rangkaian Pegunungan Alpen adalah Gunung Elbrus.

Tempat Wisata di Eropa :
1. 10 Tempat Wisata Terkenal di Munich, Jerman
2. 12 Tempat Wisata Populer di London, Inggris
3. 8 Tempat Wisata Terkenal di Belgia

Eropa bagian timur terdapat pegunungan Ural yang merupakan batas antara Benua Eropa dan Asia. Sungai paling penting di kawasan ini yaitu Sungai Danube yang mengalir ke Eropa Timur. Kemudian beberapa sungai penting di Eropa lainnya yaitu Sungai Loire, Thames, Meuse dan Rein. Daerah Eropa Selatan dikelilingi oleh laut. Laut Tengah di sebelah timur dan selatan, Samudra Atlantik di sebelah utara dan barat, serta sekitar Laut Tengah terdapat kawasan hutan. 

Di Benua Eropa berlaku beberapa macam iklim. Di Eropa Utara berlaku iklim kutub. Di Eropa Barat berlaku  iklim kontinental. Iklim tundra berlaku di Eropa Tengah. Iklim mediterania berlaku  di Eropa Selatan. Adapun di Eropa Timur berlaku iklim benua.

Keadaan Penduduk Benua Eropa

Terdapat beberapa suku bangsa di Benua Eropa, yaitu:
  • Di Jerman, Belanda, Denmark, Swedia, dan Inggris, terdapat suku bangsa Germania, 
  • Di Rusia, Polandia, Bulgaria, Cekoslowakia, Serbia, dan Kroasia, terdapat suku bangsa Slavia, 
  • Di Italia, Spanyol, dan Portugal, terdapat suku bangsa Mediterania,
  • Suku Alpen, mendiami Prancis dan Swiss.
Kegiatan ekonomi utama penduduk Eropa sangat beragam. Kegiatan ekonomi utama adalah industri. Sektor industri yang dilakukan penduduk Eropa antara lain industri jasa, industri makanan, dan elektronik. Selain industri, sektor pertanian juga banyak dilakukan penduduk terutama di daerah barat. Di kawasan Eropa Tengah kegiatan ekonomi utamanya adalah pengolahan makanan dan hasil pertanian.

Kemudian di daerah selatan, penduduk mengandalkan kegiatan ekonomi dibidang industri pariwisata, karena didukung dengan memiliki alam yang indah. Sementara di kawasan timur, penduduk mengandalkan ekonomi dibidang industri sereal.

Pembagian Wilayah Benua Eropa

Terdapat 5 kawasan di Benua Eropa, yaitu:

1. Eropa Utara
Negara-negara di kawasan Eropa Utara yaitu:

No
Nama Negara
Ibu Kota
1
Swedia
Stockholm
2
Norwegia
Oslo
3
Denmark
Kopenhagen
4
Finlandia
Helsinki
2. Eropa Barat
Negara-negara di kawasan Eropa Barat yaitu:

No
Nama Negara
Ibu Kota
1
London
2
Amsterdam
3
Paris
4
Irlandia
Dublin
5
Belgia
Brussel
6
Luksemburg
Luksemburg
7
Berlin
Baca : 8 Tempat Romantis di London

3. Eropa Tengah 
Negara-negara di kawasan Eropa Tengah yaitu:

No
Nama Negara
Ibu Kota
1
Swiss
Bern
2
Republik Ceko
Praha
3
Polandia
Warsawa
4
Hungaria
Budapest
5
Austria
Wina
6
Slowakia
Bratislava
4. Eropa Selatan 
Negara-negara di kawasan Eropa Selatan yaitu:

No
Nama Negara
Ibu Kota
1
Malta
Valletta
2
Albania
Tirana
3
Macedonia
Skopje
4
Slovenia
Ljubjana
5
Bosnia
Sarajevo
6
Kroasia
Zagreb
7
Yunani
Athena
8
Madrid
9
Roma
10
Portugal
Lisabon
11
Serbia
Beograd
12
Montenegro
Titograd

Di kawasan Eropa Selatan terdapat negara-negara Balkan.  Apa yang dimaksud dengan Negara Balkan? Negara mana saja yang termasuk Negara Balkan? Negara Balkan merupakan beberapa negara-negara yang wiayahnya terletak di Semenanjung Balkan. Beberapa negara Blakan meliputi : Albania, Bosnia Herzegovina, Macedonia, Kroasia, Montenegto, Seribia, dan Yunani.

5. Eropa Timur
Negara-negara di kawasan Eropa Timur yaitu:

No
Nama Negara
Ibu Kota
1
Bulgaria
Sofia
2
Georgia
Tbilisi
3
Lithuania
Vilnius
4
Rumania
Bukarest
5
Ukraina
Kiev
6
Moskow
7
Moldova
Cishinau
8
Estonia
Tallin
9
Latvia
Riga
10
Belarusia
Minsk

Tahukah kamu bahwa kawasan Eropa Timur terdapat negara-negara yang disebut Negara Baltik? Apa maksudnya?  Negara Baltik adalah negara-negara yang berada di sekitar Laut Baltik. Negara-negara tersebut yaitu Latvia, Lithuania, Estonia, Belarusia, Ukraina, Moldova, Rumania, dan Bulgaria.
Fakta Menarik : Negara tertua di dunia adalah San Marino. Negara ini berdiri tahun 301. Negara termuda adalah Montenegro yang berdiri tahun 2006. 
Baca juga benua lainnya :
  • Profil Benua Asia
  • Profil Benua Australia
  • Profil Benua Amerika 
  • Profil Benua Antartika
Demikianlah pembahasan secara lengkap tentang profil Benua Eropa meliputi letak secara astronomis, letak geografis, karakteristik / keadaan alam, suku bangsa dan perekonomian penduduk serta pembagian wilayah Benua Eropa. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kalian. Terimakasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Benua Eropa : Letak, Karakteristik, Penduduk dan Pembagian Wilayahnya