Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

6 Ciri Ciri Bahasa Iklan dan Penjelasannya

Sebutkan ciri-ciri bahasa iklan dan penjelasannya? Pertanyaan seperti ini sering muncul saat pelajaran bahasa Indonesia sewaktu masih duduk di bangku sekolah dasar. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan menyebutkan beberapa ciri-ciri bahasa iklan yang sering digunakan beserta contoh penerapannya. Secara umum, pengertian iklan adalah informasi yang dibuat oleh seseorang, kelompok, lembaga, instansi atau perusahaan yang isinya tentang sebuah barang atau jasa kepada pembaca, tujuannya untuk membujuk masyarakat tertarik membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Baca Juga : Unsur-Unsur Iklan dan Penjelasannya

Menurut Berkman dan Gilson (1980), mereka berdua berpendapat bahwa iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang dengan sedemikian rupa sehingga mendapatkan respon dan tujuan pemasaran. Di zaman sekarang, keberadaan iklan tidak hanya di media cetak saja, namun banyak iklan yang bermunculan di media audio dan elektronik. Ciri-ciri iklan di ketiga media tersebut tentu berbeda-beda, baik dari segi bahasa maupun unsur-unsur iklan di dalamnya.
Ciri Ciri Bahasa Iklan
Iklan di media cetak dan elektronik merupakan iklan yang paling sering kita lihat di kehidupan sehari-hari. Di media cetak contohnya iklan baris dan kolom di koran, baliho, spanduk, dan selebaran. Sementara di media elektronik seperti di televisi, radio, dan internet. Beberapa unsur-unsur iklan di media cetak dan elektronik meliputi :
  • Terdapat nama produk.
  • Kalimat di dalam iklan.
  • Tertera harga produk yang ditawarkan.
  • Gambar produk yang ditawarkan.
  • Keterangan keunggulan produk barang atau jasa.
  • Alamat pemasang iklan.
  • Nomor telepon.

Ciri Ciri Bahasa Iklan

Itulah beberapa unsur yang terdapat pada iklan di media cetak dan elektronik. Lalu, seperti apa ciri-ciri bahasa iklan yang sering digunakan? Berikut ini ciri bahasa dalam sebuah iklan, antara lain :
  • Menggunakan bahasa yang sopan, singkat dan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang menarik dan memikat.
  • Bahasa yang digunakan memiliki daya sugesti.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
  • Isi iklan bersifat jujur dan obyektif.
  • Menggunakan kata konotasi positif.
Penggunaan bahasa yang sopan agar memberikan kesan positif bagi pembaca dan tentu enak saat dibaca. Bahasa dalam iklan juga harus dibuat secara singkat, padat dan jelas. Artinya, tanpa panjang lebar namun sudah mewakili keseluruhan isi informasi yang akan disampaikan. 

Ciri ciri bahasa iklan juga harus menggunakan kalimat yang menarik dan memikat, sehingga pembaca tertarik untuk membaca bahkan membeli atau mencoba barang dan jasa yang ditawarkan. Selain bahasa yang menarik dan memikat, penggunaan bahasa yang mudah dimengerti juga harus diperhatikan.

Bahasa di dalam iklan harus berisi informasi yang jujur, tidak boleh menipu pembacanya. Hal ini untuk menjaga image produk barang dan jasa yang ditawarkan. Semenarik apapun bahasa dalam iklan, apabila tidak jujur maka bisa dianggap sebagai penipuan.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat terkait dengan Ciri Ciri Bahasa Iklan dan Penjelasannya. Iklan yang baik tentu harus menggunakan bahasa yang baik, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 6 Ciri Ciri Bahasa Iklan dan Penjelasannya