Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

15 Ciri Ciri Iklan Baris dan Iklan Kolom yang Baik

Ciri-Ciri Iklan Baris dan Iklan Kolom - Membaca majalah, koran atau surat kabar lainnya merupakan aktivitas rutin yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Tujuannya untuk memperoleh informasi terbaru perkembangan berita, atau hanya sekedar mengisi waktu luang yang kosong. Selain berisi informasi yang bermanfaat, contohnya di dalam koran, kita sering melihat iklan-iklan yang ditampilkan di halaman khusus.
Iklan Baris (kiri) dan Iklan Kolom (kanan)
Jenis iklan yang sering dimuat dalam koran adalah iklan baris dan iklan kolom. Kedua jenis iklan tersebut merupakan iklan yang dikelompokkan berdasarkan ruangnya. Pengertian iklan baris secara umum adalah iklan singkat yang terdiri dari 3 hingga 5 baris yang dimuat di dalam koran atau surat kabar lainnya. Ciri-ciri iklan baris biasanya tidak bergambar, singkat dan berwarna hitam putih, isinya bisa berupa penawaran, penjualan, pencarian dan iklan lowongan kerja.

Berbeda dengan iklan baris, secara umum pengertian iklan kolom adalah jenis iklan berdasarkan kolom yang sering dimuat di dalam koran dan media cetak lainnya. Ciri-ciri iklan kolom yang baik harus dilengkapi dengan gambar, sehingga pembaca lebih tertarik untuk membacanya. Iklan ini berisi penawaran barang, jasa, ucapan terima kasih dan informasi pernikahan.

Baca Juga : Ciri-Ciri Iklan Layanan Masyarakat

Ciri Ciri Iklan Bari dan Iklan Kolom

Walaupun sama-sama berisi informasi penjualan, penawaran dan pencarian, serta dimuat di dalam koran, kedua jenis iklan ini memiliki ciri-ciri yang berbeda baik dari segi ukuran, tampilan dan biaya pemasangan yang harus dikeluarkan oleh seorang pengiklan. Dibawah ini telah kami rangkum ciri-ciri iklan baris dan iklan kolom.

Ciri Ciri Iklan Baris

  • Kolom dalam iklan baris memiliki ukuran 3x5 cm.
  • Tampilan iklan baris biasanya berwarna hitam putih.
  • Isi iklan langsung to the poin tanpa panjang lebar.
  • Isi iklan berupa tulisan singkat.
  • Terdapat singkatan kata, contohnya rm : rumah.
  • Iklan baris terdiri dari 3 hingga 4 baris.
  • Memuat informasi alamat dan nomor telepon.
  • Sangat jarang iklan baris dilengkapi dengan gambar.
  • Iklan jenis ini biasanya berada di dalam koran.
  • Biaya pemasangan lebih murah, dan cepat dalam pembuatan dibandingkan jenis iklan lainnya.

Ciri Ciri Iklan Kolom

  • Ukuran iklan kolom lebih besar dari iklan baris.
  • Ukurannya bisa satu halaman penuh di koran.
  • Isinya berupa kata-kata singkat.
  • Namun, dilengkapi dengan gambar ilustrali (display).
  • Selain penawaran barang dan jasa, isinya bisa memuat ucapan terima kasih (non komersial) dan berita duka.
  • Selain koran, iklan jenis ini banyak ditemui di majalah dan media cetak lainnya.
Artikel Menarik :

Itulah ciri-ciri iklan baris dan iklan kolom yang baik dan benar, serta sering kita jumpai di dalam koran. Jika kalian melihat iklan dengan ciri-ciri seperti diatas, maka dapat dipastikan iklan tersebut merupakan iklan baris dan kolom.

Jika kita melihat dari sudut pandang pengiklan, pemilihan jenis iklan yang akan digunakan sangat penting agar nantinya iklan tersebut banyak dibaca oleh orang, sehingga apa yang di iklankan dapat diketahui (produk baru) atau laku keras dibeli oleh masyarakat. 

Pemilihan jenis iklan dilihat dari apa yang akan kita iklankan dan berapa banyak biaya yang menjadi modal untuk promosi iklan. Jika kita menjual motor bekas, lebih baik kita pasang iklan baris dalam koran karena biayanya lebih murah.

Namun jika kita merupakan pemilik perusahaan motor besar yang ingin menawarkan motor tersebut dengan tujuan promosi dan penjualan, maka lebih baik memasang jenis iklan kolom bergambar (display). Biaya yang dikeluarkan memang lebih besar, namun dengan tampilan yang menarik tentu banyak orang yang akan melihatnya. 

Baca Juga :
Demikian pembahasan lengkap tentang Ciri Ciri Iklan Baris dan Iklan Kolom yang Baik, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik lainnya terkait dengan Iklan dan Promosi. Kurang lebihnya kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 15 Ciri Ciri Iklan Baris dan Iklan Kolom yang Baik