Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

7 Ciri Ciri Iklan Layanan Masyarakat

Ciri-Ciri Iklan Layanan Masyarakat - Berdasarkan sifatnya, jenis iklan dibagi menjadi dua, yaitu iklan niaga dan non niaga. Iklan niaga merupakan iklan komersial, iklan ini dibuat untuk mempengaruhi pembaca agar tertarik untuk membeli barang maupun jasa yang di iklankan. Sementara pengertian iklan non niaga adalah iklan yang dibuat dengan tujuan mempengaruhi masyarakat agar mempunyai rasa simpati agar memberi dukungan atas permasalahan yang di iklankan.

Iklan non niaga disebut juga iklan layanan masyarakat, jenis iklan ini bukanlah iklan komersial yang bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat untuk membeli barang maupun jasa. Ciri-ciri iklan layanan masyarakat paling utama yang ditonjolkan adalah menyampaikan informasi berupa masalah-masalah sosial, seperti bahaya merokok dan dampak penggunaan narkoba.

Baca : 3 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pendidikan
Ciri Ciri Iklan Layanan Masyarakat
Contoh Iklan Layanan Masyarakat
Menurut Liliweri dalam bukunya berjudul "Dasar-dasar Komunikasi Periklanan", ia berpendapat bahwa iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang tidak berniat mencari keuntungan atau sifatnya non profit. Pendapat lain juga disampaikan oleh Susanto, iklan layanan masyarakat adalah pengumuman tentang berbagai pelayanan masyarakat yang tidak mengejar keuntungan.

Ciri Ciri Iklan Layanan Masyarakat

Berikut ini ciri-ciri iklan non niaga atau disebut juga dengan iklan layanan masyarakat, antara lain :
  1. Iklan berisi kata-kata singkat atau slogan disertai dengan gambar.
  2. Iklan ditujukan kepada semua lapisan masyarakat.
  3. Sifat iklan tidak komersial (tidak untuk mencari keuntungan).
  4. Tidak bersifat keagamaan.
  5. Dan tidak juga bersifat politis, namun lebih mengarah ke masalah sosial.
  6. Iklan diajukan oleh organisasi yang telah diakui, contohnya BNN (Badan Narkotika Nasional).
  7. Iklan jenis ini memiliki dampak tinggi, sehingga mendapat dukungan dari media besar nasional.
Baca Juga :

Itulah 6 ciri-ciri iklan layanan masyarakat yang wajib Anda ketahui sebelum membuatnya atau memasangnya. Jenis iklan ini bisanya dapat kita jumpai di pinggir-pinggir jalan, media cetak koran, majalah, poster, hingga media elektronik televisi.

Pembuatan dan pemasangan iklan layanan masyarakat tentu tidak gratis, maka dari itu iklan non komersial ini biasanya dibuat oleh organisasi-organisasi besar dengan tujuan mempengaruhi masyarakat agar mempunyai rasa simpati terhadap masalah sosial yang dihadapi.

Adanya iklan layanan masyarakat, diharapkan dapat mencegah dan mengurangi masalah-masalah sosial, maupun informasi penting tentang penyuluhan yang belum diketahui secara luas oleh masyarakat, maka dari itu ikan jenis ini banyak sekali kita jumpai dimana-mana.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat yang sering dijumpai yaitu mengenai Global Warming, isinya mengenai pemanasan global yang mempengaruhi cuaca menjadi ekstrim. Selanjutnya iklan tentang bahaya merokok dan narkoba bagi kesehatan tubuh. Contoh lainnya tentang pentingnya pendidikan bagi anak dan program KB (keluarga berencana).

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai Ciri-Ciri Iklan Layanan Masyarakat beserta beberapa contohnya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 7 Ciri Ciri Iklan Layanan Masyarakat