Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

4 Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga Beserta Gambarnya

Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga - Secara umum, pengertian iklan adalah informasi yang isinya membujuk pembaca (seluruh kalangan masyarakat), sehingga tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan yang ditampilkan. Iklan dikelompokkan dalam beberapa jenis, salah satunya berdasarkan sifatnya. Jenis iklan berdasarkan sifatnya terdiri dari iklan niaga dan iklan non niaga.

Iklan niaga sering disebut iklan produk atau iklan komersial, karena tujuannya agar si pembaca terpengaruh untuk membeli, atau menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan. Berbeda dengan iklan niaga, iklan non niaga bukanlah iklan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Iklan non niaga disebut juga dengan iklan layanan masyarakat, isinya mengenai masalah-masalah sosial yang sering dijumpai di lingkungan masyarakat.

Contoh iklan niaga atau iklan produk tentu sangat banyak, baik berupa iklan barang-barang produk baru yang perlu dipromosikan dan layanan-layanan jasa yang belum dikenal oleh masyarakat. Kemudian contoh iklan non niaga atau iklan layanan masyarakat juga sering kita jumpai di beberapa media, baik cetak maupun elektronik. Informasi lebih lanjut, berikut ini beberapa contoh dari kedua iklan tersebut.

Baca Juga :
1. Ciri-Ciri Bahasa Iklan dan Contohnya
2. Unsur-Unsur Iklan dan Penjelasannya

Contoh Iklan Niaga 

Iklan niaga atau iklan produk bisanya lebih menarik apabila disertai dengan gambar dan promo-promo murah yang ditawarkan sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Dibawah ini 2 contoh iklan niaga, :

Contoh Iklan Niaga Barang :
Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga
https://alamatjualhpmurahdibatam.wordpress.com
Contoh iklan produk diatas adalah iklan hp Samsung Galaxy S8+, dibuat oleh Toko Raja Murah. Iklan tersebut memuat gambar dan informasi nomer hp yang bisa dihubungi. Terdapat juga keterangan "Pusat HP Murah Seken & Baru", artinya ada banyak pilihan HP selain yang ditawarkan pada gambar, baik yang masih baru maupun bekas.

Contoh Iklan Niaga Jasa :
Contoh Iklan Niaga
http://rumahpintar-kembar.com
Contoh iklan niaga jasa diatas adalah penawaran jasa servis komputer dan laptop. Beberapa merek yang bisa dilayani yakni dari produk acer, asus, dell, lenovo, samsung, toshiba, compaq, hp, axioo dan zyrex. Tertera informasi alamat dan nomer hp yang bisa dihubungi. Selain menawarkan servis komputer dan laptop, pada iklan tersebut tertera bahwa membuka jasa training teknisi komputer dan jaringan.

Baca Juga :
1. Pengertian Iklan Baris dan Contohnya
2. Pengertian Iklan Kolom dan Contohnya
3. Pengertian Iklan Penawaran, Permintaan dan Pengumuman

Contoh Iklan Non Niaga

Contoh iklan non niaga atau iklan layanan masyarakat juga sangat banyak, baik tentang pendidikan, kesehatan atau lingkungan hidup. Lebih mengerucut lagi contohnya seperti pentingnya pendidikan bagi anak, dampak rokok dan narkoba, serta global warming. Berikut ini 2 contoh iklan non niaga beserta gambar dan penjelasannya, :

Contoh Iklan Non Niaga Bahaya Narkoba :
Contoh Iklan Non Niaga
https://www.dakwatuna.com
Contoh iklan layanan masyarakat atau non niaga diatas berisi mengingatkan untuk berhenti menggunakan narkoba. Perlu kalian ketahui, penggunaan narkoba di Indonesia setiap tahun mengalami pertumbuhan. Adanya iklan ini bertujuan agar pengguna narkoba segara berhenti, mengingat bahaya yang ditimbulkan sangat membahayakan.

Beberapa dampak penyalahgunaan narkoba terhadap fisik contohnya seperti gangguan pada sistem syaraf, jantung, pembuluh darah, kulit, paru-paru dan lain-lain. Sementara terhadap psikis yaitu kepercayaan diri menghilang, apatis, lamban dalam bekerja, gelisah dll.  Masih banyak dampak lain yang belum disebutkan, oleh sebab itu dengan adanya iklan ini diharapkan dapat mencegah dan mengurangi pengguna narkoba.

Contoh Iklan Non Niaga Global Warming
Contoh Iklan Non Niaga Global Warming

Gambar diatas merupakan contoh iklan non niaga tentang global warming atau dalam bahasa Indonesia berarti pemanasan global. Pemanasan global adalah meningkatnya suhu udara di daratan, laut dan lapisan atmosfer. Dampaknya seperti perubahan iklim dan cuaca, mencairnya es di kutub utara dan selatan serta masih banyak dampak lainnya.

Adanya iklan tersebut bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan bahayanya dampak global warming, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghambat pemanasan ini yaitu dengan mengurangi jumlah pemakaian kendaraan bermotor yang menyebabkan meningkatnya karbon monoksida. Cara mudah lainnya yakni dengan menanam pohon.

Baca Juga :
Demikian pembahasan terkait dengan 4 Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga Beserta Gambarnya, semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel lainnya mengenai promosi dan iklan. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 4 Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga Beserta Gambarnya