Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Hari Kemerdekaan Brunei Darussalam

Kapan hari kemerdekaan Brunei Darussalam dilangsungkan? Negara Brunei Darussalam merupakan tetangga Malaysia dan Indonesia, letaknya berada di kawasan Asia Tenggara, tepatnya dibagian utara Pulau Kalimantan. Memiliki luas 5.765 km2, ibukotanya berada di Bandar Sri Begawan. Brunei adalah negara terkecil kedua di Asia Tenggara setelah Singapura. Namun, kekayaan alamnya tidak bisa diremehkan begitu saja karena terdapat ladang minyak bumi dan gas alam yang melimpah.

Baca : Letak Astronomis dan Geografis Brunei Darussalam

Setiap negara tentu mempunyai hari kemerdekaan yang setiap tahun dirayakan. Tujuan memperingati hari kemerdekaan untuk apa? Salah salah untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang pada zaman dahulu. Contohnya seperti Indonesia, setiap tahun mengadakan upacara kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Lalu, hari kemerdekaan Brunei Darussalam jatuh pada tanggal berapa? Berikut penjelasan beserta proses kemerdekaannya.

Hari Kemerdekaan Brunei Darussalam

Hari Kemerdekaan Brunei Darussalam
Brunei Darussalam merupakan wilayah bekas jajahan Inggris (Britania Raya), negara ini secara resmi memperoleh kemerdekaan sepenuhnya pada tanggal 1 Januari 1984. Proses kemerdekaan Brunei dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Dikutip dari wikipedia, sebelum merdeka Brunei Darussalam menandatangani perjanjian kerjasama dan persahabatan dengan Britania Raya pada tanggal 4 Januari 1979.

Artikel Terkait : 
1. Bendera dan Lambang Negara Brunei Darussalam
2. Lagu Kebangsaan Brunei Darussalam

Setelah perundingan tersebut, pada 5 tahun kemudian Brunei memperoleh kemerdekaan. Saat ini, Brunei Darussalam menganut sistem pemerintahan Monarki Absolut, Sultan berkuasa penuh sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Sultan juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Dalam menjalankan tugas, Sultan dibantu oleh para menteri yang ia pilih secara langsung.

Dari penjelasan diatas, maka dapat kita ketahui bahwa hari kemerdekaan Brunei Darussalam jatuh pada tanggal 1 Januari, setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Namun perlu kalian ketahui, peringatan hari nasional Brunei Darussalam dilangsungkan pada tanggal 23 Februari, bukan 1 Januari. Tanggal 23 Februari merupakan hari nasional yang selalu diperingati setiap tahun.


Sebelum bangsa Inggris datang, di wilayah Brunei telah berdiri kerajaan/kesultanan sejak tahun 1368. Raja/sultan pertama bernama Awang Alak Betatar, ia pemeluk agama Islam. Berdasarkan catatan dari Arab, Cina dan tradisi lisan, Kerajaan Brunei adalah kerajaan tertua di tanah Melayu. Kerajaan ini dikenal dalam catatan China dengan julukan Po-li, Po-lo, Puni dan Buniai. Sementara dalam catatan Arab dijuluki dengan Dzabaj.

Dalam catatan Tiongkok juga disebutkan bahwa sebelum kesultanan Brunei terdapat kerajaan, dijuluki sebagai kerajaan perdagangan kuno yang terletak di Muara Sungai Brunei, tepatnya pada abad ke 7 hingga 8. Wilayahnya luas, mencakup Brunei, Sabah dan Sarawak.

Namun saat ini Brunei Darussalam memiliki wilayah yang kecil dibandingkan dengan masa lalu. Wilayahnya dibagi menjadi dua, dibagian barat dan timur, daratannya dipisahkan oleh negara Malaysia. Berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah dan Sarawak, di sebelah utara dengan Laut China Selatan.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai Hari Kemerdekaan Brunei Darussalam. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya tentang negara Brunei Darussalam. Sekian, terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : Hari Kemerdekaan Brunei Darussalam