Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Hari Kemerdekaan Jepang

Kapan hari kemerdekaan Jepang berlangsung? Seperti kita ketahui, Jepang merupakan salah satu negara maju sekaligus tujuan wisata mancanegara. Menurut catatan sejarah, bangsa Jepang pernah menguasai beberapa wilayah/daerah di dunia, contohnya seperti Indonesia, bahkan negara dengan julukan "negeri sakura" ini ikut terlibat dalam pertempuran besar perang dunia 1 dan 2.

Dikutip dari wikipedia, wilayah Jepang telah dihuni oleh manusia purba sejak 600.000 tahun yang lalu, tepatnya pada masa Paleolitik Bawah. Kemudian pada zaman klasik, Jepang telah meninggalkan dokumen sejarah tertulis. Lalu, kapan pembentukan negara Jepang? Berikut ini penjelasan tentang hari kemerdekaan Jepang.
Hari Kemerdekaan Jepang
Bendera Jepang

Hari Kemerdekaan Jepang

Hari kemerdekaan Jepang sama saja dengan pembentukan negara, kalau di Indonesia saat itu melakukan proklamasi yang dibacakan oleh IR. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Hari kemerdekaan Jepang berlangsung pada tanggal 11 Februari 660 SM (sebelum masehi). Perayaan peringatan kemerdekaan ini dilakukan setiap tahun, untuk memperingati kaisar pertamanya yang telah menjadi raja.

Kaisar pertama Jepang bernama Kaisar Jimmu. Ia naik tahta pada tahun 660 sebelum masehi, maka artinya pada tahun 2018 ini Jepang memperingati kemerdekaan ke 2678. Jepang menggunakan kalender Jimmu untuk memperingati hari kemerdekaannya.

Kalender Jimmu digunakan oleh Jepang dari zaman Meiji hingga Perang Dunia ke 2. Keberadaan kalender Jimmu tidak dihapus secara resmi, namun keberadaannya sudah tidak umum dijumpai di Jepang. Penggunaan kalender ini sampai saat ini masih diizinkan oleh pemerintah. Baca : Sejarah Restorasi Meiji.

Uniknya, Kalender Jimmu juga pernah digunakan pada masa penjajahan Jepang di Indonesia. Selain penggunaan kalender Jepang, yang cukup terkenal tentu bahasa Jepang yang berkembang di kalangan masyarakat menengah ke atas yang memperoleh pendidikan pada masa itu.

Kesimpulan 

Hari kemerdekaan Jepang berlangsung pada tanggal 11 Februari, untuk memperingati kaisar pertama yang saat itu menjadi raja. Pembentukan negara Jepang yang merdeka terjadi pada tahun 660 SM, artinya Jepang telah menjadi negara merdeka sebelum kalender Masehi digunakan. Dihitung berdasarkan jumlahnya, negara Jepang telah merdeka selama kurang lebih 2678 tahun.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat terkait dengan Hari Kemerdekaan Jepang, semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar negara Jepang. Sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Hari Kemerdekaan Jepang