Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Hari Kemerdekaan Negara Thailand

Hari kemerdekaan Thailand berlangsung pada tanggal berapa? Terkadang kita berfikir bahwa setiap negara pasti mempunyai hari kemerdekaan yang selalu diperingati setiap tahun. Hari kemerdekaan atau hari nasional diperoleh setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaan, kebanyakan seperti itu. Lalu bagaimana dengan negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain, apakah mempunyai hari kemerdekaan?

Kita sering mendengar bahwa Thailand adalah salah satu negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Apakah kebenarannya seperti itu? Jawaban yang benar adalah pernah dikuasai namun bukan dijajah melainkan kerjasama. Dikutip dari wikipedia, Kerajaan Thai merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa, namun pernah diduduki oleh tentara Jepang sebagai daerah teritori imperial.
Hari Kemerdekaan Thailand
Pada abad ke 19, wilayah Kerajaan Thai mendapatkan tekanan dan pengaruh dari bangsa barat, kemudian mengakibatkan diberikannya kelonggaran bagi pedagang-pedagang Britania (Inggris) untuk melakukan perdagangan di Thailand. 

Secara singkat, pembentukan negara Thailand dimulai dari Kerajaan Sukhothai pada tahun 1238, Kerajaan Ayutthaya tahun 1351, Kerajaan Thonburi tahun 1768, kerajaan Rattanakosin tahun 1782 dan monarki konstitusional sejak 24 Juni 1932.

Hari Kemerdekaan Thailand

Sistem pemerintahan Thailand sampai saat ini menggunakan monarki konstitusional, sebelumnya adalah monarki absolut. Namun setelah terjadi revolusi tak berdarah pada tahun 1932, maka dirubah lah menjadi sistem monarki konstitusional. Pada sebelum dan masa awal revolusi, nama negara yang digunakan adalah "Siam", tapi sejak tahun 1939 negara ini mengganti nama internasionalnya menjadi "Thailand".

Lalu kapan hari kemerdekaan Thailand? Apakah sejak berubah sistem pemerintahan dari monarki absolut ke monarki konstitusional? Jawabannya tidak. Thailand tidak memiliki hari kemerdekaan, karena tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Jepang bersekutu dengan Kerajaan Thailand pada saat perang dunia II berlangsung. Wilayahnya dijadikan sebagai daerah teritori imperial.

Namun Thailand menetapkan hari kebangsaan sebagai hari lahirnya raja yang berkuasa. Jika pada masa raja Bhumibol Adulyadej, hari kebangsaannya jatuh pada tanggal 5 Desember. Tapi saat ini raja Thailand sudah digantikan akibat raja sebelumnya telah meninggal dunia.

Saat ini raja Thailand adalah Maha Vajiralongkorn dengan gelar Rama X. Ia merupakan putra satu-satunya raja Bhumibol, secara resmi menggantikannya sejak tanggal 13 Oktober 2016. Raja Maha Vajiralongkorn lahir di Bangkok pada tanggal 28 Juli 1952. Jika hari kebangsaan di Thailand adalah hari lahirnya raja yang berkuasa, maka tanggal 13 Oktober merupakan hari kebangsaan Thailand. 

Baca Juga :
Demikian ulasan singkat mengenai Hari Kemerdekaan Negara Thailand, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar negara Thailand. Kurang lebihnya kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Hari Kemerdekaan Negara Thailand