Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Keadaan Alam Negara Thailand

Bagaimana keadaan alam negara Thailand? Mueang Thai atau dikenal dengan Thailand adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Thailand merupakan negara berkembang, sama seperti Indonesia. Saat ini (tahun 2018), jumlah penduduk Thailand mencapai lebih dari 69 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, mayoritas masyaraktnya beragama Buddha, yakni lebih dari 90%. Sementara agama minoritas meliputi Islam, Kristen, Hindu dan Skih.

Keadaan alam Thailand dipengaruhi oleh letak geografisnya. Negara ini berbatasan langsung dengan negara-negara di Asean, seperti Malaysia, Kamboja, Laos dan Myanmar. Sebelum dikenal dengan nama kerajaan Thai, dulunya merupakan kerajaan Siam.
Rekomendasi Artikel : 7 Tempat Wisata di Pattaya, Thailand

Keadaan Alam Negara Thailand

Keadaan Alam Negara Thailand
Kota Pattaya di pesisir timur Teluk Thailand
Luas wilayah Thailand adalah 513.120 km2. Keadaan alam Thailand, dibedakan atas empat wilayah, meliputi :
  • Pertama, dataran rendah Thailand berada di bagian tengah. Wilayah ini dialiri oleh Sungai Chao Phraya dan merupakan daerah yang subur.
  • Kedua, daerah pegunungan terdapat di bagian utara dan barat wilayah Thailand. Puncak tertinggi berada di Gunung Doi Inthanon, tingginya mencapai 2.594 meter.
  • Ketiga, dibagian timur terdapat pegunungan Plato atau pegunungan kapur.
  • Keempat, dibagian selatan merupakan Semenanjung Melayu.
Sungai Chao Phraya merupakan sungai utama di Thailand, panjangnya mencapai sekitar 327 km. Aliran sungai Choa Phraya berakhir di Teluk Thailand. Sungai Chao Phraya merupakan sungai utama di Thailand, panjangnya mencapai sekitar 327 km. Aliran sungai Choa Phraya berakhir di Teluk Thailand yang merupakan teluk yang terletak di Laut China Selatan. Teluk ini memiliki luas 320.000 km2, dikelilingi oleh negara Malaysia, Kamboja, Thailand dan Vietnam.

Thailand selatan merupakan kawasan Semenanjung Melayu, atau dalam kitab Negarakertagama disebut Ujung Medini. Semenanjung  Melayu atau disebut Semenanjung Melaka merupakan semenanjung besar di kawasan Asia Tenggara. Semenanjung ini dianggap sebagai chersonesus aurea dalam peta-peta Ptolemeus.

Dibagian selatan merupakan tanah genting yang menyebar hingga Semenanjung Melayu. Tanah genting di Thailand Selatan selalu lembab dan panas. Selain Bangkok, beberapa kota besar di Thailand yaitu Chiang Mai, Nakhon Ratchasima, Nakhon Sawan dan Songklha. 

Iklim di negara Thailand adalah tropis dan subtropis. Terdapat tiga musim yatu hujan, panas dan dingin. Wilayah Thailand sebelah utara lebih dingin dibandingkan dengan sebelah selatan. Berikut ini cuaca Thailand dan periodenya :
  • Musim Hujan : Terjadi pada bulan Mei hingga November wilayah pedalaman. 
  • Musim Panas : Berlangsung pada bulan Maret hingga Meri
  • Musim Panas : November hingga Mei
Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai Keadaan Alam Negara Thailand, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif seputar negara Thailand lainnya. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Keadaan Alam Negara Thailand